by

Alam Laskar Pelangi yang selalu Menawan

-destinasi-149 views
Pantai Tanjung Tinggi

Belitung- Banyak orang tahu, Belitung adalah tempat lokasi syuting film Laskar Pelangi. Namun jika diulas lebih dalam mengenai keindahan alam, Belitung adalah surga di dunia.
Belitung adalah surga di dunia, terutama bagi penikmat laut. Susunan batu granit yang tersusun alami yang menjadi ikon pantai-pantai di Belitung. Banyak objek wisata yang bisa dinikmati traveler diantaranya:
1. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai ini mulai ramai dikenal dan terekspos melalui film Laskar Pelangi yang mana menjadi salah satu lokasi syuting filmnya. Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai yang memiliki pasir putih, perairan yang jernih dan batu granit yang menjulang tinggi yang menjadi ciri khas di Pantai Tanjung Tinggi.
Ombak di Pantai yang indah ini cukup tenang, sehingga cocok bagi traveler untuk menghabiskan waktunya untuk berenang. Di bagian tepi pantai terdapat beberapa warung makan seafood. Traveler tidak perlu takut jika perut sudah mulai lapar sambil menikmati sunset indah di pantai itu.
2. Pantai Pulau Kelayang
Pantai selanjutnya yang wajib di kunjungi yaitu Pulau Kelayang. Pulau ini terpisah dengan Pulau Belitung. Transportasi untuk menuju ke pulau tersebut perlu menyeberang dengan menggunakan perahu. Pulau ini memiliki gua yang tersusun dari batu granit. Untuk menuju ke gua, traveler perlu berjalan kaki dan melewati bebatuan.
Sebelum menuju gua, sesampainya di pulau itu traveler disuguhkan dengan pemandangan indah pasir putih, perairan yang jernih dan susunan batu granit di terpi perairan. Ombak di Pulau Kelayang cukup tenang sehinga cocok jika traveler ingin menikmati segarnya perairan di Pulau Kelayang.
3. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas berada terpisah dengan Pulau Belitung. Tepatnya berada di bagian utara Pantai Tanjung Kelayang. Akses menuju ke pulau itu perlu menyeberang dengan menggunakan perahu. Di sepanjang perjalanan menuju pulau tersebut kita disuguhkan dengan pemandangan indah bawah laut dengan air yang jernih, menara marcusuar yang melambung tinggi mulai terlihat.

Marcusuar tersebut dibangun pada tahun 1882 oleh kolonial Belanda dan sampai saat ini masih berdiri kokoh dan berfungsi dengan baik di Pulau Lengkuas. Traveler dapat menikmati keindahan alam Belitung dari ketinggian lantai 3 marcusuar itu. Keindahan panorama Pulau Lengkuas ini yang memiliki pasir putih, perairan yang jernih, dan ombak yang tenang serta batu granit yang menjulang tinggi di sekitar pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler.

Jejeran pohon kelapa memberikan suasana yang sejuk di sepanjang pantai. Di pulau ini traveler bisa menghabiskan waktu dengan bermain atau berenang di tepian pantai. Keindahan terumbu karang serta ikan berwarna-warni di dalam laut akan menjadi daya tarik untuk bermain-main di dalam air. Air laut di pulau ini sangat jernih dan bening, sehingga Anda bisa melihat dasar laut dengan jelas. Bagi Anda yang hobi memancing, juga bisa melakukannya di pulau ini.

4. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang tak jauh dengan Pantai Tanjung Kelayang. Pulau ini wajib traveler kunjungi ketika berlibur ke Belitung selain Pulau Lengkuas. Ketika traveler berada di pulau ini ada 3 hal yang bisa dilakukan yaitu, berduduk santai menikmati hembusan angin laut sambil menyantap makanan seafood di warung makan di sekitar pantai, melihat penangkaran penyu di habitatnya sehingga traveler dapat mengedukasi mengenai tukik dan penyu yang belum dilepaskan ke habitat aslinya dan di Pulau ini, traveler bisa bersantai menikmati hamparan pasir putih dan bermain air dengan ombak yang tenang.

5. Danau Kaolin

Danau Kaolin adalah sebuah danau yang memiliki warna daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala. Danau ini sebetulnya bukan danau yang terbentuk secara alami, namun danau terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang sudah ditinggalkan. Di danau ini tidak menimbulkan bau belerang berbeda dengan Kawah Putih di Bandung yang memang berada di kawah gunung sehingga aman ketika berkunjung di danau ini.

Perpaduan warna biru airnya dan dinding-dinding batu yang berwarna putih seperti salju menjadi perpaduan warna yang sangat menakjubkan. Bagi yang hobi akan fotografi di sini adalah tempat yang paling cocok untuk mencari obyek-obyek gambar. Untuk berkunjung ke danau ini akan lebih nyaman apabila waktu pagi hari ataupun sore hari, karena siang hari akan panas dan jarangnya pepohonan lebat.

Membahas mengenai akomodasi menuju ke Pulau Belitung, transportasi yang bisa traveler pilih yaitu melalui udara dengan pesawat terbang. Seiring berkebangnya teknologi telah memberikan dampak signifikan dalam merencanakan pejalanan. Kini dengan mudah pemesanan tiket pesawat melalui suatu aplikasi penyedia jasa.

Keberangkatan bisa traveler pilih dari Bandara Soekarno Hatta atau menyesuaikan bandara terdekat traveler, tapi pastikan ada keberangkatan menuju Bandara Tanjung Pandan, Belitung.

Sebagai penutup, sesibuk apapun kamu jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk berlibur melihat indahnya alam Indonesia ini. Sebagai manusia kita harus saling mengingatkan, jika traveler melakukan perjalanan atau berwisata di suatu tempat jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan estesika di tempat wisata tersebut. Yang paling terpenting saat ini untuk Indonesia yaitu, ayo kurangi penggunaan botol plastik untuk mengurangi banyaknya sampah plastik di Indonesia. Jadilah traveler yang bijak. Lindungi laut kita, untuk Indonesia yang lebih indah. (tik)

Comment

News Feed