by

Sambut Tahun Kunjungan wisata 2019, Situbondo Bangun Sarana Penunjang Wisata Alam

Situbondo. – Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, membangun sarana dan prasarana serta akses jalan ke objek wisata alam Gunung Argopuro dan Situs Rengganis.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Situbondo Gatot Siswoyo di Situbondo, Jawa Timur, Senin.10/12 mengatakan tidak hanya membangun akses jalan, namun di sekitar tempat peristirahatan (rest area) juga dibangun sarana dan prasarana penunjang wisata lainnya, seperti spot untuk swafoto bagi pengunjung dengan latar belakang alam pegunungan.
Pembangunan sarana prasarana serta akses jalan di sejumlah objek wisata itu untuk menyambut tahun kunjungan wisata 2019 yang telah dicanangkan Pemkab Situbondo.
“Pengerjaan pembangunan akses jalan sepanjang delapan kilometer dari pintu masuk jalur pendakian Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang sudah selesai dan telah digunakan oleh pengunjung wisata,” katanya
Ia menjelaskan, dari total pembukaan jalan sepanjang delapan kilometer di lereng Gunung Argopuro, baru sepanjang tiga kilometer yang telah dilakukan pengaspalan (hotmix) dan dapat dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.
Sedangkan pembukaan jalan sepanjang lima kilometer hingga rest area (tempat peristirahatan), katanya, belum diaspal, namun tetap dapat dilalui kendaraan roda empat dan roda dua.
“Kalau anggaran untuk pembukaan jalan dan pengaspalan ke wisata Rengganis dialokasikan dari APBD Kabupaten Situbondo sekitar Rp8 miliar,” ujarnya.
Ia menambahkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) bekerja sama membangun sarana prasarana penunjang wisata. Rencananya diluncurkan pada pertengahan Desember 2018 di tahun kunjungan wisata 2019 (ant/wan)

Comment

News Feed