by

Pengembangan Wisata Gunung Banyak Gandeng Warga Lokal

“Kami melibatkan warga sekitar Gunung Banyak, supaya membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar”

 

Kota Batu – Pengembangan kawasan wisata Gunung Banyak yang terletak di Kelurahan Songgokerto, Kota Batu, berupaya melibatkan warga lokal, yang ditujukan untuk membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan perputaran roda perekonomian masyarakat sekitar kawasan.

Humas dan Marketing Wisata Paralayang Gunung Banyak Arif Leksono mengatakan dalam pengembangan Kawasan Wisata Gunung Banyak tersebut juga melibatkan investor yang menyewa lahan dari Perum Perhutani, yang kemudian menggandeng warga sekitar.

“Kami melibatkan warga sekitar Gunung Banyak, supaya membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar,” kata Arif di Kota Batu, Kamis 6/12

Warga sekitar Kawasan Wisata Gunung Banyak tersebut, banyak yang membuka warung di area Paralayang yang menjadi tempat beristirahat para wisatawan. Selain itu, warga juga terlibat untuk mengatur parkir kendaraan para wisatawan yang datang.

Kawasan Wisata Gunung Banyak memiliki tiga destinasi, yakni Puncak Gunung Banyak yang biasa disebut Paralayang, Taman Langit, dan Omah Kayu. Pada liburan akhir pekan, banyak wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia berkunjung ke destinasi wisata tersebut.

Untuk memasuki areal Paralayang, para pengunjung dikenakan biaya Rp10.000 per orang, dan biaya parkir. Sementara untuk masuk ke areal Taman Langit dan Omah Kayu, wisatawan harus mengeluarkan biaya lagi sebesar Rp10.000 per orang.

Kebanyakan, para wisatawan yang berkunjung tersebut mencari spot untuk melakukan swafoto, dan menikmati udara pegunungan yang sejuk. Khusus di area Paralayang, wisatawan bisa melakukan swafoto pada spot-spot yang sudah disediakan, dengan latar belakang pemandangan Kota Batu yang indah.

“Nantinya kami juga akan menambah spot-spot menarik di Taman Langit dan Omah Kayu,” ujar Arif.

Sejauh ini, pihak pengelola Kawasan Wisata Gunung Banyak tidak menargetkan berapa banyak jumlah pengunjung tiap bulannya. Namun, diharapkan jumlah pengunjung bisa lebih meningkat supaya bisa menggerakkan perekonomian warga sekitar.

Salah satu wisatawan yang berkunjung di Paralayang, Adinda Larasati (27) asal Jakarta, mengatakan bahwa dirinya bersama rekan-rekannya saat ini mengambil libur cuti tahunan, untuk berlibur di wilayah Malang Raya. Kawasan Gunung Banyak menjadi salah satu pilihan karena keindahannya.

“Saya banyak dengar dari teman-teman yang sudah berkunjung ke sini. Kebetulan dapat cuti tahunan, saya sempatkan ke sini dan ternyata memang bagus,” kata Adinda.(ant/wan)

Comment

News Feed