by

Oktober, Tingkat Penghunian Kamar Hotel Berbintang Jatim Turun

-berita-262 views

Surabaya, – Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang pada bulan Oktober 2018 sebesar 55,47 persen atau turun 2,96 poin dibandingkan TPK bulan September 2018 sebesar 58,43 persen. Angka TPK ini berarti pada bulan Oktober 2018 dari setiap 100 kamar yang disediakan oleh seluruh hotel berbintang yang ada di Provinsi Jawa Timur, setiap malamnya sebanyak 55 hingga 56 kamar diantaranya telah terjual.

“Tingkat Penghunian Kamar merupakan salah satu indikator yang dapat mencerminkan tingkat produktivitas usaha jasa akomodasi. Jika TPK besar dan cenderung mendekati 100 persen, maka dapat diartikan bahwa sebagian besar kamar akomodasi laku terjual,” ujar Kepala badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur teguh Pramono dikantornya Surabaya, Jumat (28/12)

Menurut Teguh, Rata-Rata Lama Menginap Tamu (RLMT) untuk hotel bintang pada Oktober 2018 adalah 1,59 hari. Ini berarti pada umumnya lama tamu menginap, baik tamu asing maupun tamu Indonesia, di hotel berbintang berkisar antara satu sampai dua hari.

Sementara angka RLMT tamu asing yang berkunjung ke Provinsi Jawa Timur dan menginap di hotel berbintang tercatat 2,74 hari. Hal ini dapat diartikan rata-rata tamu asing yang menginap di hotel berbintang yang ada di Provinsi Jawa Timur pada bulan Oktober 2018 tercatat selama 2 hingga 3 hari.

Sedangkan untuk tamu Indonesia mempunyai angka RLMT selama 1,55 hari, atau rata-rata lamanya tamu Indonesia yang menginap di hotel berbintang yang ada di Provinsi Jawa Timur selama 1 hingga sampai 2 hari.(wan/ryo/s)

Comment

News Feed