by

Travelling ke Banyuwangi, Sempatkan Mampir ke Pulau Ini

-destinasi-109 views
Ist.

Banyuwangi – Ini bisa dibilang, bonus bagi pelancong yang tengah berwisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Setelah puas menikmati indahnya alam di Bumi Blambangan, pelancong bisa menikmati indahnya karang laut di Pulau Menjangan, yang berada di selat antara Bali dan Jawa.

Pulau Menjangan adalah pulau mungil yang masuk wilayah administrasi Provinsi Bali. Karena berada di tengah-tengah selat, pulau ini bisa diakses baik dari Bali maupun dari Banyuwangi. Dari wisata pantai Grand Watu Dodol, sekira satu jam perjalanan dengan kapal boat sudah sampai di pulau yang dihuni banyak rusa itu.

Sebuah gapura kecil bertulisan Pulau Menjangan berdiri di pintu masuk. Ada satu balai dan beberapa gazebo kecil.

Di sana, puluhan bule dan wisatawan lokal bercengkarama. Ada pula yang berjemur, tidak ada warung makan. Pulau yang masuk kawasan taman nasional itu hanya tempat persinggahan dan persiapan untuk bersnorkeling atau diving.

Karang hidup, ikan macam jenis dan warna-warni indah betul dipandang mata di hamparan laut Pulau Menjangan.

Terumbu karang di Pulau Menjangan masih terbilang alami. Biota lautnya juga masih terjaga. Tak tu pun sampah kala bersnorkeling di sana.

Bagi yang bernyali dan mahir berenang, pengunjung bisa melepas jaket pelampung dan menyelam, melihat lekuk-lekuk karang dan palung kecil dari jarak dekat.(viv)

Comment

News Feed