by

Larung Gunung Kumbang untuk Tarik Minat Wisatawan

Malang,- Prosesi atau upacara adat Larung Labuhan Gunung Kumbang dan kirab bersama di Pantai Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang dinilai mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung, yang diharapkan mampu memutar roda perekonomian masyarakat sekitar.

Wakil Bupati Malang Sanusi mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan budaya seperti Larung Gunung Kumbang tersebut, akan mampu menarik wisatawan untuk datang ke Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, yang memiliki berbagai lokasi wsata menarik.

“Selain Pantai Ngliyep, juga punya tempat wisata lainnya, salah satunya Pantai Kondang Merak yang juga menyuguhkan spot wisata adventure yakni Paralayang,” kata Sanusi, dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu 24/11

Menurutnya, dengan hadirnya para wisatawan berkunjung ke destinasi wisata yang dimilki oleh wilayah Kabupaten Malang tersebut, akan memberikan kontribusi guna mendongkrak perekonomian di daerah atau wilayah sekitar tempat wisata pantai Malang Selatan. Terlebih, Kecamatan Donomulyo memiliki keunggulan dengan banyaknya spot tempat wisata pantai.

Larung Labuhan Gunung Kumbang dan kirab budaya tersebut dilaksanakan oleh ribuan warga setempat, dimana masyarakat mengarak sejaji larung dan kirab budaya dari Pantai Ngliyep menuju puncak Gunung Kumbang yang berjarak kurang lebih 300 meter.

Sesaji larung tersebut diantaranya adalah kepala kambing, yang nantinya dilemparkan ke laut secara bersama-sama. Warga menyiapkan kurang lebih sebanyak 14 ekor kambing dan 140 ekor ayam pada tradisi tahunan tersebut. Pada barisan depan ditampilkan kesenian setempat seperti tari-tarian dan reog.

“Masyarakat Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo harus terus meningkatkan kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi desanya,” ujar Sanusi.

Pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang bertujuan untuk mempertahankan dan melestarikan adat istiadat setempat tersebut. Sanusi menyebut, kebudayaan yang sudah turun menurun ini harus terus dilestarikan dan dijaga agar tidak sampai punah.

“Event larung sesaji Gunung Kumbang ini mampu memupuk tali persaudaraan dan meningkatkan kegotong-royongan warga masyarakat Desa Kedungsalam dan se Kecamatan Donomulyo,” tutup Sanusi.(wan/ant)

Comment

News Feed