by

Larung Sesaji di Pantai Papuma Jember Untuk Lestarikan Budaya

Jember, yukpigi- General Manager Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur Berthus Sudarmeidi mengatakan larung sesaji yang digelar di Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) Kabupaten Jember sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal warga pesisir selatan Jember.

Warga dan pengelola wisata Pantai Papuma Jember yang dikelola oleh Perhutani menggelar larung sesaji atau petik laut yang dilakukan bertepatan dengan awal tahun baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah, Selasa. 11/09 dikutip dari antara

“Sebelum acara larung sesaji digelar, malam harinya diadakan semaan Alquran dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, sehingga petik laut merupakan ritual rutin yang digelar setiap tahun hampir di pesisir selatan Pulau Jawa,” katanya dalam siaran pers.

Acara larung sesaji itu diikuti kurang lebih 500 orang yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan dari Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember yang juga dihadiri oleh pimpinan muspika setempat.

“Kegiatan petik laut itu bertujuan untuk melestarikan budaya masyarakat Jawa yang tinggal di pesisir pantai selatan,” tuturnya.

Menurutnya larung sesaji itu merupakan perwujudan rasa syukur masyarakat sekitar Pantai Papuma yang sebagian besar adalah nelayan, sehingga mereka meyakini kedepan akan mendapat berkah alam berupa hasil tangkapan ikan yang melimpah.

Sebelum di larung ke laut, lanjut dia, perahu yang sudah dihias dengan gunungan nasi kuning dengan sayur mayur dan hasil laut itu dibawa ke Vihara Dewi Sri Wulan yang diiringi reog singo budoyo dan kemudian perahu miniatur itu diarak ke laut untuk dilepas.

“Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan itu merupakan budaya dan kearifan lokal yang harus terus dilestarikan. Selain sebagai ajang silaturahmi masyarakat, petik laut di Papuma juga dapat menambah daya tarik wisata tersendiri,” katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, petik laut bisa diagendakan sebagai kalender kegiatan Provinsi Jawa Timur karena dapat meningkatkan pendapatan baik dari sektor pajak ke pemerintah maupun ke Perhutani, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga sekitarnya.(ant/wan)`

Comment

News Feed