by

Air Terjun Putuk Truno Dilengkapi Fasilitas Kuliner

Pasuruan – Wisata Air Terjun Putuk Truno yang ada di Prigen, Pasuruan, Jatim bakal dilengkapi dengan fasilitas kuliner (Forest Truno Cafe) yang menjual makanan khas setempat sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan yang datang ke lokasi tersebut.
General Manager KBM Ecotourism Perhutani Jawa Timur, Berthus Sudarmeidi, Selasa mengatakan, saat ini, proses pembangunannya sudah berjalan hampir 60 persen.
“Pembangunan Forest Truno Cafe, dikerjasamakan dengan pihak ketiga yaitu CV Ledug Garenia untuk menunjang destinasi wisata sebagai daya tarik wisatawan yang diharapkan selain dapat menikmati keindahan alam para wisatawan nantinya juga dimanjakan dengan wisata kuliner,” ujarnya melalui keterangan tertulis.
Menurut Berthus, kerja sama pengusahaan wisata kuliner Forest Truno Cafe di didalam area wana wisata Air Terjun Putuk Truno ini sebagai dukungan dan daya tarik wana wisata sebagai langkah yang baik untuk mendongkrak pendapatan perhutani diluar pendapatan kayu.
“Keterbatasan dalam investasi bukan menjadi kendala dalam memajukan wana wisata yang dikelola Perhutani, karena banyak cara dan pola kerja sama lewat kemitraan dan pemberdayaan masyarakat,” katanya.
Kedepan, kata dia, pihaknya akan memperbanyak kerja sama pengusahaan seperti ini dengan memanfaatkan lokasi wana wisata yang ada.”Tidak ada sejengkal lahanpun yang tak bermanfaat,” ujarnya.
Sementara itu, Direktur CV Ledug Gardenia, Akhmad Khoirul yang menggarap Forest Truno Cafe, pihaknya sangat berterima kasih kepada Perhutani yang telah memberikan peluang bagi masyarakat sekitar wana wisata untuk turut andil dalam mengelola wana wisata melalui pola kerjasama kemitraan.
Menurutnya, kehadiran wana wisata Perhutani banyak membantu ekonomi masyarakat sekitar diantaranya keterlibatan masyarakat sebagai tenaga kebersihan, tenaga parkir dan penjual makanan.
Wana wisata Air Terjun Putuk Truno yang terletak di petak hutan 2a RPH Prigen Pasuruan, Jatim ini menjadi alternatif kunjungan para wisatawan karena letaknya di kawasan wisata Tretes.
Jalan untuk menuju ke lokasi air terjun ini sedikit menanjak, namun tak perlu khawatir karena jarak dari jalan raya ke lokasi cukup dekat, yakni sekitar 500 meter yang dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.
Selain itu, wana wisata Air Terjun Putuk Truno juga dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang lainnya seperti, taman dengan lukisan tiga dimensi, dan anjungan sebagai tempat swafoto untuk para wisatawan yang ingin mengabadikan peristiwa di wana wisata itu.(ant)

Comment

News Feed