by

Upaya Kemenpar Agar Turis Kembali Lagi ke Lombok

Kerusakan akibat gempa di Lombok. (Ist)

Lombok – Pasca gempa 7,0 Skala Ritchter yang terjadi di Lombok Minggu (5/8/2018) malam, Kementerian Pariwisata telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti instansi pemerintah hingga penyedia jasa transportasi dalam memudahkan para wisatawan yang berada di lokasi gempa.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengutarakan bahwa koordinasi dan respons cepat yang dilakukan berbagai pihak ini membuktikan kepada dunia bahwa safety and security dalam manajemen krisis kepariwisataan Indonesia semakin kuat.

“Inilah yang kami sebut Indonesia Incorporated. Wisatawan akan semakin pede berwisata ke Lombok, Bali, Indonesia karena saat terjadi peristiwa darurat, mereka selalu mendapatkan pelayanan prima, terutama pada 3A yaitu akses, amenitas, dan aksesibilitas”, kata Menpar Arief Yahya, dalam siaran persnya, Senin (6/8/2018).

Beberapa hal yang dilakukan oleh Kemenpar untuk memudahkan para wisatawan antara lain adalah melakukan proses evakuasi. Kemenpar telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT. Pelni, dan TNI melakukan evakuasi wisatawan di Lombok, khususnya di Kepulauan Gili (Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno).

Dalam proses evakuasi tersebut, Kemenhub telah mengerahkan enam kapal untuk membantu evakuasi korban gempa Lombok. Enam kapal itu di antaranya 3 KMP Dharma Rucitra dan 3 Kapal Dharma Kencana yang membantu evakuasi wisatawan di Kepulauan Gili. Selain itu, Evakuasi juga dilakukan dengan mengarahkan 4 kapal Polda, 3 kapal Pelni, 2 kapal Mabes Polri, dan 2 kapal TNI AL.

Koordinasi juga dilakukan dengan Garuda Indonesia yang telah menambah extra flight dan mengganti aircraft yang lebih besar pada dua penerbangan hari ini guna melayani wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) yang terjebak di Lombok. Bandara Internasional Lombok juga terus beroperasi selama 24 jam penuh pada Senin (6/8/2018) untuk mengantisipasi penambahan pesawat ke mancanegara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed