by

Pesona Keindahan Pantai Balekambang Malang

Pura Balekambang. Foto: Ist.

Malang – Malang dikenal sebagai kota indah berhawa sejuk di kawasan pegunungan. Sebenarnya Kota Apel ini punya banyak pantai yang tak kalah indah, bahkan tak kalah dari Bali. Salah satunya adalah Pantai Balekambang. Keindahan Pantai Balekambang membuat destinasi ini menjadi salah satu wisata unggulan di Malang.

Pantai Balekambang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Akses jalan menuju objek wisata bisa dibilang cukup mudah. Jalanan lumayan mulus dan mudah untuk dilalui. Hanya saja menjelang sampai tujuan jalanan bakal sedikit bergelombang dan sempit. Jajaran hutan tropis dan deretan pohon jati akan menemani perjalanan kala memasuki area Balekambang.

Ada dua rute yang bisa diambil, yaitu Malang – Bululawang dan Malang – Kepanjen. Bagi yang ingin melalui jalur pertama, arahkan kendaraan ke Gadang dan Kendalpayak. Dari situ perjalanan tinggal diteruskan ke Gondanglegi sebelum akhirnya sampai di Balekambang. Sementara untuk jalur kedua, Anda akan langsung menuju ke arah Gondanglegi. Secara umum rute ini lebih menghemat waktu.

Pantai Balekambang memiliki pasir putih yang aduhai. Selain menikmati keindahannya, Anda juga bisa bermain sepak bola, voli, duduk santai di antara pepohonan, bahkan snorkeling bersama ikan-ikan kecil yang memesona.

Tak jauh dari pesisir pantai dan tidak jauh dari gerai penjual makanan dan asesoris, berdiri kokoh sebuah pura. Inilah yang membuat Balekambang kerap dijuluki kembarannya Bali. Wisatawan yang ingin masuk ke pura harus berjalan melalui jembatan panjang. Lokasi ini juga sering dijadikan spot selfie oleh para pengunjung.

Sebelum menjadi tempat wisata, jalan menuju Balekambang dipenuhi semak belukar dan pepohonan. Konon sejumlah warga mencari solusi dengan menebang pohon dan belukar tersebut, hingga mereka akhirnya menemukan pantai.

Namun, saat itu hanya penduduk setempat yang bisa mengaksesnya. Setelah memasuki tahun 1978, sejumlah warga lantas memutuskan membuka akses baru agar warga lain juga bisa menikmati keindahan Balekambang.

Cerita yang berkembang mengatakan bahwa penebang pohon dan belukar tersebut adalah Syaikh Abdul Jalil, ulama dari Yogyakarta. Makamnya berjarak kurang lebih satu kilometer dari pesisir pantai dan banyak orang sering berkunjung ke sana untuk berziarah.

Anda tak perlu bingung soal akomodasi. Di sekitar Balekambang ada banyak hotel dan penginapan dengan kisaran harganya mulai dari Rp150 ribu hingga Rp500 ribu. Anda cukup memilih sesuai fasilitas dan kenyamanan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed