by

Galeri Nasional Indonesia Gelar Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan

Salah satu karya yang dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia. (Ist)

Jakarta – Sepanjang Agustus 2018 Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, menggelar Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia. Dengan tema “Indonesia Semangat Dunia”, pameran ini menampilkan 45 karya lukisan, patung, kriya, kristal, dan arsip yang mengisahkan kisah-kisah perjuangan mengekspresikan semangat bangsa Indonesia termasuk Asian Games 1962.

“Kita lihat bahwa Asian Games perayaan olah raga, kita mau buat olah seni. Dalam perjuangan juga ada ada keberagaman, kreativitas, mendunia, dan masa depan,” jelas kurator Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia, Amir Sidharta, di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, seperti dikutip dari Travel Kompas.

Total ada karya dari 34 seniman besar Indonesia dan luar negeri yang karyanya dikoleksi oleh Istana Kepresidenan Republik Indonesia sejak zaman Soekarno. Beberapa karya maestro seperti Raden Saleh, Basoeki Abdullah, Nyoman Gunarsi, dan masih banyak lainnya.

Selain pameran karya seni, pengunjung juga dapat ikut dalam berbagai rangkaian acara yang telah disiapkan panitia. Ada workshop membuat sketsa dari KamiSketsa GalNas, program bimbingan edukasi menjadi apresiator seni, dan lomba lukisa kolektif pelajar tingkat nasional.

Semua kegiatan tak dipungut biaya alias gratis, termasuk untuk menikmati pameran. Waktu kunjungan berlangsung setiap hari dari pukul 10.00-20.00 WIB, kecuali pada Hari Raya Idul Adha (22/8) ditutup.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan ketiga dari Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia, yang pertama kali diselenggarakan 2016.

Sebuah kesempatan langka yang sayang untuk dilewatkan untuk menyaksikan langsung karya seni koleksi yang biasa dipajang di Istana Kepresidenan RI di Bogor, Yogyakarta, Jakarta, dan Cipanas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed