by

10 Pantai Cantik di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Surabaya – Pilihan tujuan untuk jalan-jalan setiap orang berbeda satu sama lain, ada yang memilih mampir ke mall untuk belanja, menonton film di bioskop, atau naik gunung, ke pantai, dan sejenisnya. Nah, salah satu tempat Travelling favorit saat ini adalah gunung atau pantai.

Tahukah kamu kalau di Jawa Timur sebenarnya terdapat pantai-pantai cantik yang bisa dijadikan tujuan travelling? Berikut 10 diantaranya:0

1. Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang sering kita dengar. Pulau Sempu sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang masih satu lokasi dengan Pantai Sendang Biru, yaitu di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Wetan, Malang.

Untuk mencapai pulau ini, Anda harus melewati perjalanan dengan menggunakan perahu milik nelayan (sekarang sudah banyak nelayan yang menawarkan jasa untuk menjadi transportasi penyebrangan ke Pulau Sempu, jadi Anda harus pintar-pintar menawar ya). Kecantikkan pantai di Pulau Sempu terdapat pada pasir putihnya yang bersentuhan langsung dengan air laut serta pemandangan karang yang melindungi Segara Anakan.

2. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai ini terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai Pulau Merah juga sering disebut-sebut sebagai Kuta-nya Jawa Timur. Hal ini dikarenakan vibe yang diberikan pantai satu ini mirip dengan Kuta. Selain itu Pantai Pulau Merah juga disebut-sebut memiliki ciri yang mirip dengan pantai-pantai di Brazil.

Pantai Pulau Merah juga menjadi tujuan para peselancar. Ketinggian ombak sekitar 4 sampai 5 meter memang sangat cocok bagi para peselancar dari berbagai tingkatan. Kocek yang harus Anda keluarkan pun nggak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 25.000 – Rp 50.000 untuk menyewa papan selancar yang memang sudah disediakan disana.

3. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kab, Jember. Dikarenakan waktu yang dibutuhkan cukup lama untuk mencapai pantai ini yang artinya dibutuhkan waktu yang sama untuk meninggalkan pantai ini juga, maka disarankan bagi Anda untuk menginap di cottage-cottage yang sudah disediakan. Kisaran harga yang ditawarkan tiap cottage adalah sekitar Rp 150.000 – Rp 450.000. Sedangkan untuk memasuki pantai ini Anda harus membayar sekitar Rp 5.000 – Rp 7.000.

Salah satu ciri khas yang dimiliki Pantai Papuma adalah tujuh karang besar yang menjulang di pantai, ketujuh karang ini menyerupai pulau dan memiliki nama masing-masing. Selain itu pantai ini juga sering dijadikan lokasi untuk foto prewedding atau foto landscape oleh banyak fotografer.

4. Pantai Klayar, Pacitan

Berlokasi di Kecamatan Donorojo, yaitu sekitar 35km perjalanan ke arah barat kota Pacitan. Pantai Klayar merupakan salah satu objek wisata unggulan milik kota Pacitan, hal ini karena pasir di pantai satu ini seputih susu dan terdapat sebuah batu karang yang menyerupai Spinx serta air mancur alami dengan tinggi hingga mencapai 10 meter. Warna air lautnya pun sangat cantik, yaitu gradasi dari warna biru hingga hijau toska yang pasti sangat cantik.

5. Pantai Tiga Warna, Malang

Masih dalam satu wilayah dengan Pantai Sendang Biru, yaitu lokasi yang sama dengan Pulau Sempu, Pantai Tiga Warna baru diresmikan sebagai tempat wisata pada pertengahan tahun 2014. Nah, untuk Anda yang mau berkunjung kesini, sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena akses transportasi umum yang masih cukup sulit.

Selain itu, adapun biaya yang harus Anda keluarkan untuk menikmati keindahan pantai ini adalah sebesar Rp 6.000, belum termasuk jasa guide yang Anda butuhkan. Di pantai ini pun Anda bisa melakukan kegiatan snorkeling yang hanya merogoh kocek sebesar Rp 15.000 saja per orang.

6. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai satu ini merupakan salah satu pantai yang sangat wajib dikunjungi. Kata Banyu Tibo sendiri memiliki arti air yang jatuh, hal ini karena adanya air terjun yang berada di pantai tersebut.

7. Pantai G Land, Banyuwangi

Nama pantai satu ini memang terdengar asing, namun Pantai G Land memiliki nama Jawa yaitu Pantai Plengkung dan terkenal sebagai The Seven Giant Waves Wonder. Hal ini karena di pantai ini ketinggian ombak mencapai 4 hingga 6 meter sepanjang 2 km dengan formasi ombak yang bersusun. Cantik, itulah kata yang cocok untuk menggambarkan ombak di pantai ini, namun tidak hanya itu. Keganasan ombak disini pun sudah tidak diragukan lagi, hal inilah yang membuat para peselancar berbondong-bondong mengunjungi pantai ini.

8. Teluk Ijo, Banyuwangi

Teluk Ijo lebih dikenal dengan sebutan Green Bay, berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Desa Sarongan, Banyuwangi. Keistimewaan dari pantai ini adalah pasih putihnya serta air lautnya yang berwarna tosca dengan air terjun setinggi 8 meter. Nah, untuk mencapai pantai ini, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 2 km dengan menyusuri jalan setapak, dimana terdapat tali tambang yang akan memudahkan pengunjung untuk meniti jalan.

9. Pantai Buyutan, Pacitan

Terletak di Kecamatan Donorojo, Pacitan, dimana lokasi pantai satu ini tidak jauh dari Pantai Klayar. Pantai satu ini cocok bagi Anda yang ingin mencari suasana yang tenang. Pantai Buyutan masih terbilang perawan, alias belum banyak orang yang mampir atau bahkan tahu eksistensi dari pantai ini. Karena itu, bagi Anda yang berkunjung kesini jangan sampai menghancurkan suasana alami dan bersih dari pantai ini ya.

10. Pantai Gua Cina, Malang

Pantai Gua Cina terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk masuk ke pantai ini Anda harus membayar sebesar 4.000 rupiah dan kalau membawa kendaraan, Anda harus membayar 5.000 rupiah untuk parkir. Ciri khas dari Pantai Gua Cina adalah tiga pulau yang terletak di tengah-tengah pantai yaitu Pulau Bantengan, Pulau Gua Cina, dan Pulau Nyonya.

Nah, walaupun tergolong masih sangat alami, Anda tak perlu khawatir karena di pantai ini sudah terdapat fasilitas-fasilitas seperti: toilet, warung makan, tempat mandi, serta mushola. Selain itu saat air pantai surut, Anda bisa langsung menyeberang ke salah satu pulau dengan jalan kaki saja.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed