by

Pesona Keindahan Goa Ngerong di Tuban yang Berselimut Mistis

Tuban – Selain sebagai destinasi wisata religi, di Tuban juga memiliki berbagai wisata pantai dan alam. Daerah kota Tuban didominasi dengan perbukitan kapur sehingga sah saja jika di Tuban banyak terdapat goa, akan tetapi hingga saat ini hanya beberapa saja yang terkenal dan dijadikan sebagai objek wisata, salah satunya Goa Ngerong.

Lokasi Goa Ngerong berada di Kecamatan Rengel dan berada di dekat jalan besar sehingga sangat mudah untuk dijangkau para wisatawan. Sungai Goa Ngerong dapat diarungi dengan perahu karet sepanjang 1,8 km. Goa ini terkenal dengan julukan Goa kelelawar atau Goa Lawa sebab didalamnya terdapat kelelawar yang berjibun. Selain itu di sungainya hidup beberapa jenis ikan seperti ikan bader, nila, tawes dan kura- kura raksasa.

Mayoritas masyarakat Tuban mempercayai misteri atau mitos yang telah beredar bahwasanya di goa tersebut terdapat Puteri Ngerong yang sangat cantik jelita. Putri tersebut bertapa di dalam goa hingga raganya menghilang.

Cerita mistis lainnya adalah kepercayaan masyarakat bahawasanya ikan dan kura-kura merupakan jelmaan bidadari dan senopati Kerajaan Gumenggang yang dikutuk oleh dewa karena telah melakukan kesalahan. Sehingga para pengunjung dilarang menangkap, membawa pulang, atau mengkonsumsi ikan dan kura-kura karena akan menyebabkan kesialan seperti terserang penyakit parah hingga kematian.

Ledakan pengunjung biasanya terjadi pada hari Jumat Pahing. Di mana pada hari pasaran Jawa itu, orang berdatangan untuk nyekar atau sekadar membasuh muka dengan air Kali Ngerong.

Para pengunjung percaya kalau sumber mata air dari Goa Ngerong punya tuah dan diyakini mampu merangsang usaha, jodoh atau hal lainnya yang berkaitan dengan kepentingan duniawi.

Cerita seputar Goa Ngerong di mulai dari bagian cikal bakal terbentuknya Kadipaten Tuban di masa kerajaan dulu, kepahlawanan tokoh Kembangjoyo yang sakti mandraguna hingga cerita tentang kecantikan putri Ngerong yang elok rupawan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed