by

Menteri Azman Dorong Perpusnas Jadi Destinasi Wisata

-berita-268 views
Menteri Asman didampingi Kepala Perpusnas M. Syarif Bando meninjau sejumlah fasilitas yang ada di Perpusnas,

Jakarta,yukpigi.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mendorong agar Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Hal tersebut melihat potensi yang dimiliki Perpusnas sudah cukup lengkap dan memadai untuk dikunjungi masyarakat, mulai koleksi buku berbasis digital, pameran benda bersejarah, pemutaran film dokumenter dan lainnya.
“Dengan sejumlah media edukasi yang dimiliki Perpusnas dapat menjadi destinasi wisata bagi masyarakat yang akan menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Kalau saat ini masyarakat cenderung memilih mall untuk menghabiskan waktu, maka kedepan Perpusnas harus menjadi destinasi wisata bagi masyarakat,” ujarnya usai melakukan penandatanganan MoU antara Kementerian PANRB dengan Perpusnas, di Kantor Perpusnas, Rabu (25/7/2018).
Hal tersebut menurutnya juga harus diimbangi dengan perbaikan pelayanan dan hospitality kedepannya, agar pengunjung merasa nyaman saat berada di Perpusnas. Menteri Asman pun berpesan agar para petugas yang melayani selalu memberikan senyum dan menyapa para pengunjung, serta memberikan informasi yang diperlukan. Selain dari itu Perpusnas tentunya juga harus memperkaya koleksi buku dan informasi, serta materi-materi yang disajikan.
“Pelayanan dan Hospitality harus menjadi kunci dari perpustakaan ini, disamping koleksi materi-materi yang disajikan harus menjadi daya tarik. Dengan demikian Perpusnas menjadi sarana edukasi dan penambahan wawasan bagi para pengunjungnya,” katanya.
Lebih lanjut dirinya menambahkan manajemen dari Perpusnas harus terus ditingkatkan baik secara teknologi maupun secara profesional manajemen lainnya. Jangan mudah puas dengan sarana yang telah dibangun saat ini, namun harus terus ditingkatkan terus. Dengan demikian diyakini Perpusnas akan menjadi ikon nasional, karena memang Menteri Asman mengakui bahwa kualitas Perpusnas tidak kalah dengan perpustakaan yang ada di negara lain.
Kepala Perpustakaan Nasional M Syarif Bando menyambut baik saran Menteri PANRB. Menurutnya saat ini Perpusnas terus melakukan perbaikan dalam berbagai sisi, dengan harapan dapat memberikan layanan yang berkualitas bagi masyarakat. Selain itu agar masyarakat dapat memilih Perpusnas sebagai pusat informasi dan pengetahuan. Disampaikan bahwa jumlah kunjungan ke Perpusnas terus mengalami peningkatan disetiap waktunya.
“Dengan tren pengunjung yang terus meningkat setiap waktu, kami akan terus memperbaiki sarana yang ada. Diharapkan masyarakat dapat merasa nyaman saat berada di Perpusnas,” pungkasnya. (panrb/jpp)

Comment

News Feed