by

Mendes Bakal Hadirkan Desa Wisata Berbasis Kopi di Bondowoso

-berita-329 views

Bondowoso – Dalam waktu dekat desa wisata berbasis kopi akan hadir di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Menurut Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDT), Eko Putro Sandojojo, Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Untuk itu, potensi tersebut harus terus dikembangkan.

“Saya sudah ngobrol dengan pak bupati, kita akan membentuk desa wisata berbasis kopi di sini (Bondowoso),” katanya, seperti dikutip dari travel kompas.

Di dalam desa wisata kopi tersebut, para tamu akan disiapkan sejumlah fasilitas seperti homestay, sekaligus bisa memetik kopi secara langsung dari pohonnya.

“Kita juga akan latih barista di Bondowoso agar bisa menyajikan kopi kepada para tamu yang dating ke desa wisata kopi,” ungkapnya.

Menurut Eko, selama ini desa wisata yang sudah ada di sejumlah daerah, mampu menyerap tenaga kerja luar biasa sehingga angka kemiskinan jumlahnya terus menurun.

“Bondowoso saja angka kemiskinannya semakin menurun, dari 22 persen lebih turun menjadi 14,5 lebih. Ini prestasi luar biasa, makanya kita dorong agar angka tersebut semakin turun,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, menyambut baik pembentukan desa wisata berbasis kopi tersebut. “Tentu saya mengucapkan terima kasih kepada pak menteri dengan support tersebut,” katanya.

Apalagi, Bondowoso sebagai penghasil kopi arabika terbaik, saat ini sudah mendeklarasikan sebagai Republik Kopi.

“Potensi kopi cukup melimpah, dan Alhamdulillah sejak beberapa tahun yang lalu, kopi kita sudah berhasil menembus pasar internasional,” kata Amin Said Husni.

Comment

News Feed