by

Kota Malang Tambah Satu Destinasi Wisata Museum

Malang – Setelah melakukan revitalisasi selama beberapa tahun terakhir, kota Malang akhirnya bisa menambah satu museumnya, yakni Museum Mpu Purwa. Museum ini pun telah diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Profesor Muhadjir Effendi di area Griya Santa Kota Malang, akhir pekan lalu.

“Saya berharap museum ini berfungsi lebih baik dalam aspek pendidikan maupun rekreasi lalu dapat dikembangkan untuk imajinasi dan kreativitas para siswa dan pengunjung,” ujar Muhadjir di Museum Mpu Purwa Kota Malang.

Malang, kata dia, memiliki reputasi sangat baik dalam seni dan kebudayaannya. Apalagi Malang memiliki beberapa aspek lain yang cukup mendukung, baik suhu, suasana dan sebagainya. Oleh karena itu, Muhadjir menekankan agar aspek-aspek ini dipertahankan dan terus berkembang di masa depan.

Muhadjir mengungkapkan, Malang sebenarnya banyak memiliki peninggaoolan tapi belum terurus dengan baik. Salah satu contoh nyata terlihat di beberapa temuan yang ada di Gunung Van Der Man.

“Banyak penemuan di sana tapi belum ada eksplorasi untuk dijadikan Cagar Budaya. Saya optimis itu akan terwujud kalau ditangani dengan sungguh-sungguh,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menjelaskan, revitalisasi museum Mpu Purwa telah menghabiskan dana sekitar Rp 8,5 miliar. Dari dana tersebut, museum kini memiliki luas tanah sekitar 1.800 meter per segi dengan bangunan sebesar 1.200 meter per segi. Di dalamnya juga tersedia 136 buah koleksi peninggalan Mpu Sendok dan Majapahit.

“58 buah koleksi dipamerkan ke pengunjung, sisanya di storage,” jelasnya.

Di antara sejumlah peninggalan itu, Ida mengatakan, museum memiliki arca unik. Arca Ganesha yang sedang duduk di atas tikus kecil menjadi satu-satunya yang dimiliki museum di Indonesia . “Adanya itu di India, di Indonesia hanya di Kota Malang,” pungkas dia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed