by

Genjot Turis Lokal, Pemkab Kepulauan Mentawai Gelar Pameran di Surabaya

Surabaya – Untuk menarik hati wisatawan Jawa Timur, pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar pameran pariwisatanya di Surabaya bertajuk ‘Mentawai Night 2018’.

“Ini baru pertama kalinya kami menggelar pameran di Surabaya. Tujuannya untuk memperkenalkan budaya Mentawai ke masyarakat Indonesia, karena selama ini Mentawai lebih dikenal di luar negeri,” ungkap Baren Arifson De Ikep, ketua panitia ‘Mentawai Night 2018’ di atrium Pakuwon Mall, Sabtu (21/7/2018) malam.

Menurut Baren, potensi Mentawai sangat besar, mulai dari pantainya yang cocok untuk berselancar dengan 70 jenis gelombang yang berbeda, kuliner ‘subbet’ kombinasi keladi Mentawai dan kelapa yang dibuat dengan alat tradisional, hingga budaya tato.

“Kota Surabaya strategis untuk Indonesia timur dan tengah. Mentawai punya ombak surfing terbaik dunia, lalu tato. Di Indonesia ada dua tato, Dayak dan Mentawai. Tato Mentawai adalah tato tertua di dunia. Ini yang perlu diketahui khalayak ramai, karena selama ini Tato Mentawai lebih terkenal di luar negeri, ” kata Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabanggalet, saat dijumpai dalam kesempatan yang sama.

Digelar di Grand Atrium, Pakuwon Mall, Surabaya, acara yang dihelat 18 – 22 Juli 2018 ini merupakan hasil kerjasama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kepulauan Mentawai, bersama 200 mahasiswa Mentawai di Surabaya yang tergabung dalam komunitas Buat Mentawai Bangga (BMB).

Di event Mentawai Night 2018 ini, pengunjung disuguhi sejumlah tarian khas serta tarian kreasi budaya Mentawai. Di tempat yang sama, terdapat sejumlah booth, dimana para pengunjung bisa mencoba membuat tato Mentawai.

Selain itu, bagi pengunjung juga diajak menikmati kuliner khas Mentawai yakni subbet yang terbuat dari talas dan pisang kepok serta sipurut sagu, yakni sagu yang dimasak dalam bungkusan daun.

Di Mentawai Night 2018 juga digelar pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi Mentawai serta penobatan anggota DPR RI Indah Kurnia sebagai Duta Mentawai untuk Jawa Timur.

Yudas berharap, bisa melanjutkan promosi ‘Mentawai Night 2018’ di lima kota yang strategis mewakili Indonesia, tiga di antaranya adalah Surabaya, Bali dan Jakarta.(rur)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed