by

2019, Kebun Binatang Surabaya akan Bangun Wisata Malam

Surabaya,yukpigi.com – Konsep night zoo atau berkeliling kebun binatang pada malam hari,layaknya di afrika mulai dibangun pada awal tahun 2019.
Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Chairul Anwar mengatakan mulai pada awal tahun 2019, nantinya KBS pada malam hari ini akan dibiarkan gelap seperti biasanya. Namun, akan ada permainan pencahayaan (lighting) dan musik.
Permainan putaran api juga akan ditambahkan guna menciptakan suasana hutan yang sesungguhnya. “Nanti orang-orang akan masuk ke jungle of Africa,” ujar Chairul.
Chairul menjelaskan Kebun Binatang Surabaya tak hanya dibuat gelap, pengelola akan mempersiapkan sentuhan permainan cahaya atau lighting dan musik.”Kami akan berikan putaran-putaran api guna menciptakan suasana hutan Afrika sesungguhnya,” ujarnya.
Pengunjung juga akan disuguhkan suasana perilaku dan suara dari hewan-hewan malam saat memasuki KBS night zoo. Ia juga akan menyediakan area khusus dimana pengunjung akan menikmati pertunjukkan yang disediakan.
“Pada pertunjukkan ini, para hewan nocturnal akan masuk satu persatu secara perlahan. Kami sudah siapkan hewan-hewannya seperti macan kumbang, elang, dan burung hantu,” tambahnya.
Chairul menjelaskan bahwa pihaknya kini sudah sampai tahap pembuatan konsep desain KBS pada malam hari.”Hewan-hewan malam memerlukan tempat khusus, pintu masuknya juga akan dipisah. Pintunya ini harus ada signing yang jelas. Harus ada in dan outnya,” jelasnya.
Seperti halnya soal keamanan, letak night zoo serta temperatur kandang. “Penggunaan energi saat malam hari juga harus diperhatikan,” katanya.
Nantinya, Night Zoo akan diletakkan di sisi belakang KBS. Diperlukan pengamanan khusus yang ketat untuk memastikan bahwa hewan-hewan ini aman.
“Pengamanannya harus khusus karena gak bisa dilihat dengan kasat mata. Harus orang yang hafal dengan gerak-gerik hewan malam,” imbuhnya.
Chairul Night Zoo mengakui bahwa terobosan ini memang membutuhkan kerja ekstra karena banyak persiapan khusus. Faktor-faktor tersebut ditambah penyediaan tenaga ahli khusus dan membutuhkan dana yang besar. wan/sur

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed