by

10 Oleh-oleh Khas Malang yang Bikin Kangen

Malang – Malang, salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki udara sejuk serta pemandangan yang indah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Terlepas dari berbagai macam wisata yang seru dan menarik di Malang, masih ada lagi yang membuat kota ini menarik dan layak dikunjungi. Satu point menarik dari kota Malang adalah adanya ragam oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang.

Oleh-oleh yang ada didominasi oleh makanan dengan cita rasa yang khas. Berikut ulasannya:

1. Ledre Pisang Bangka

Ledre termasuk dalam golongan camilan, salah satu bahan utamanya adalah pisang raja pilihan. Yang menarik, ledre tidak menggunakan obat pengawet sama sekali, jadi aman untuk dikonsumsi. Dengan rasa yang gurih dan renyah serta potongan yang tipis membuat ledre layak dijadikan teman ngobrol sambil minum kopi dan tentu pas sekali dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Malang.

2. Coklat Tempe

Mulai dipoduksi pada tahun 2011 silam coklat tempe mulai banyak digemari oleh wisatawan, alasannya sudah jelas, termasuk jenis makanan yang langka, adanya perpaduan antara cokelat dan tempe, membuat makanan yang satu ini sangat unik.

3. Keripik Tempe

Yang membedakan keripik tempe Malang dengan keripik lainnya yaitu bahan baku yang dihasilkan dari kedelai berkualitas, sehingga menghasilkan rasa yang lezat, selain itu banyaknya varian rasa juga membuat camilan keripik tempe Malang menjadi sangat menarik, mulai dari rasa ayam bawang, ayam bakar, balado, barbeque, balado cabe hijau dan masih banyak lagi. Dengan ragam pilihan rasa menjadikan camilan ini cocok untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada kerabat ya.

4. Jenang Apel

Bahan baku makanan ini adalah apel, namun jangan salah tidak semua apel bisa dijadikan bahan untuk membuat makanan ini, hanya apel yang sudah masak saja yang bisa digunakan, itupun harus diperhatikan tingkat kematangannya, tidak boleh terlalu matang serta bebas dari tanda kebusukan.

Yang menari dari Apel adalah selain buahnya, kulit apel juga bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi selai yang nantinya juga akan diolah menjadi jenang. Dengan beberapa proses mulai dari pemilihan bahan yang tergolong unik menjadikan jenang apel menjadi jenang yang sangat khas tentunya terdapat rasa serta tekstur yang pas membuat camilan Jenang Apel semakin nikmat.

5. Bakpao Telo

Makanan yang berbahan dasar tepung terigu ini pada mulanya merupakan makanan yang berasal dari negri Cina, namun seiring perkembangan zaman dan tumbuhnya kreatifitas masyarakat maka mereka mencoba membuat bakpao dengan bahan dasar ubi jalar atau dalam orang jawa lebih dikenal dengan nama Telo.

Selain menjadi bahan baku ternyata Telo juga menjadi nama tempat yakni Repoeblik Telo yang berlokasi di perbatasan antara Malang dengan Pasuruan, tidak sulit untuk mencari bangunan ini karena dari kejauhan juga sudah kelihatan karena bangunan ini berwarna ungu seperti warna Telo pada umumnya.

Selain Bakpao disini kita bisa mendapatkan aneka makanan lainnya seperti ice cream, pizza, nugget, bahkan brownies kukus. Untuk bakpao telo isi 9 buah kita cukup membayar 14.500 saja, sedangkan untuk harga menu lainnya mulai dari 3000 sampai 4000 per satuan.

6. Buah apel

Apel Malang mempunyai ciri khas yang unik, mulai dari rasa hingga warna buahnya. Salah satu jenis apel yang dijadikan oleh-oleh khas Malang adalah apel anna, menariknya jenis apel ini memiliki rasa yang masam ketika baru dipetik dari pohonnya, namun ketika dibiarkan selama 3-4 hari maka rasa buah ini akan berubah menjadi manis dan aromanya juga tajam.

7. Carang Mas

Camilan yang satu ini mulai dirintis pada akhir tahun 2011 oleh ibu Nazil, waktu itu para pekerjanya hanya ibu-ibu tetangga yang berjumlah kurang lebih 5 orang dengan dibantu beberapa orang bapak-bapak, namun siapa sangka jika industri rumahan ini kemudian berubah menjadi oleh-oleh yang khas Malang.

Bahan baku dari carang mas adalah Apel, karena produksi apel di Malang tergolong melimpah maka masyarakat mengolahnya menjadi beragam makanan dan oleh-oleh.

Proses pembuatannya tidak terlalu rumit, pertama apel dikupas dan dicampur dengan tepung dan gula, kemudian adonan tersebut digoreng hingga berwarna keemasan, nah yang perlu diperhatikan adalah proses menggorengnya ini, dibutuhkan tenaga yang sudah berpengalaman supaya medapatkan kematangan yang tepat.

8. Keripik Buah

Keripik buah dari Malang memiliki ciri yang khas unik yaitu pada cita rasa buahnya yang masih melekat pada setiap keripiknya, selain itu tekstur renyah juga menjadi nilai tambahan bagi keripik buah dari Malang.

Didukung dengan kemasan yang berbasis foodgrade menjadikan jaminan akan keawetan keripik buah Malang. Dengan harga dibawah dua puluh ribu rupiah kita sudah bisa membawa pulang keripik buah dengan beraneka rasa, diantaranya kelengkeng, melon, mangga, semangka, serta rambutan. Cocok sekali untuk dibagikan kepada saudara maupun tetangga.

9. Malang Strudel

Jika sudah biasa membeli apel sebagai oleh-oleh dari Malang ada baiknya mencoba salah satu alternatif oleh-oleh lainnya yaitu Malang Strudel.

Makanan ini diadaptasi dari bahasa Austria yang berarti kue pasty yang menggunakan tepung sebagai bahan utama, nah dalam bahasa jerman strudel memiliki arti pusaran air atau angin topan, tak tanggung-tanggung strudel sudah populer di Eropa sejak abad ke 18.

10. Onde-onde

Onde-onde merupakan makanan yang sangat mudah dijumpai diberbgai daerah maupun tempat wisata, makanan ini juga tergolong murah meriah, dan onde-onde dari Malang yang diproduksi oleh Han tjwan sing (HTS) ini memiliki rasa yang terkenal kenyal, legit serta tidak keras.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed