by

Wisata ke Pantai Anyer, Waspadai Bulu Babi

Serang – Wisatawan lokal yang memanfaatkan libur Lebaran di kawasan Pantai Anyer, Kabupaten Serang, diminta mewaspadai keberadaan bulu babi dan ubur-ubur.

“Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ada saja pengunjung pantai ini yang tersengat ubur-ubur dan bulu babi (Echinoidea),” kata Dokter Ratno Prosa.

Selain menangani sejumlah wisatawan yang tersengat ubur-ubur dan bulu babi, tim medis dan paramedis Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Banten juga kerap melayani para pengunjung Pantai Bandulu yang pingsan di air dan terluka akibat membentur karang.

Bahkan, pada Lebaran tahun lalu, ada dua pengunjung kawasan Pantai Anyer yang meninggal dunia akibat tenggelam.

Pada hari kedua Lebaran, tim medis dan paramedis Posko Biddokes Polda Banten yang didirikan di samping Kantor Pelayanan Terpadu SAR (Search and Rescue) Pantai Wisata Anyer di area Pantai Bandulu sudah melayani 10 orang pengunjung yang mengeluh sakit.

“Mereka umumnya mengeluh diare dan sakit kepala,” kata Ratno.

Posko Biddokes Polda Banten di Pantai Bendulu Anyer ini dibuka 24 jam dari 16 hingga 24 Juni 2018. Setiap hari, ada sembilan tenaga medis dan paramedis yang bertugas melayani para pengunjung pantai yang mengeluh sakit maupun yang mengalami kecelakaan di laut.

Pantai Bendulu merupakan salah satu dari banyak area pantai yang dikelola warga setempat sebagai destinasi wisata ramai dengan pengunjung yang datang dengan mobil-mobil pribadi.

Tim medis dan paramedis Posko Biddokes Polda Banten yang didukung mobil ambulans dan alat kesehatan yang relatif lengkap ini siap melayani pengunjung pantai yang berada di Kampung Sirih Lor, Desa Bendulu, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed