by

Libur Lebaran, Pendakian Gunung Salak Tetap Dibuka

Sukabumi – Selama momen libur panjang Lebaran, aktivitas pendakian ke Gunung Salak tetap dibuka. Meski demikian para calon pendaki diminta tetap memperhatikan aspek keselamatan dalam pendakian gunung.

“Kami masih membuka jalur pendakian ke Gunung Salak selama musim libur Lebaran,” ujar Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Awen Supranata, seperti dikutip dari Republika.

Lebih lanjut ia mmengungkapkan, pendaki bisa masuk melalui dua pintu masuk yang resmi. Pintu masuk pertama pendakian pertama di Resort Kawahratu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Selain itu, pintu Resort Pasirreungit-Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Menurutnya, para petugas akan tetap berjaga secara bergantian selama liburan Lebaran. Petugas terutama ditempatkan di dua pintu masuk resmi pendakian Gunung Salak. Kuota jumlah pendaki setiap hari mencapai 200 orang.

Awen menegaskan, setiap pendaki diminta menaati setiap ketentuan dalam pendakian. Misalnya, memenuhi sejumlah persyaratan, seperti perlengkapan, logistik, dan peralatan untuk mendaki.

Hal ini diperlukan agar para pendaki bisa melakukan aktivitas dengan aman dan nyaman sehingga mereka bisa naik dan turun gunung dengan selamat. Selain itu, mereka diminta tidak membuang sampah sembarangan dan membawa serta sampah turun dari gunung.

Sebelumnya, aktivitas pendakian ke kawasan Gunung Gede Pangrango ditutup selama momen libur panjang Lebaran. Kebijakan ini salah satunya karena petugas dan aparat keamanan fokus pada pengamanan mudik Lebaran atau operasi ketupat.

Kepala Bidang Teknis Konservasi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Mimi Murdiah mengatakan, pendakian ke Gunung Gede ditutup mulai Senin (11/6) hingga Rabu (20/6).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed