by

5 Destinasi Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Pacitan – Objek wisata Pacitan sangat bervariasi dan beraneka ragam, dari mulai wisata alam, budaya, religi dan sejarah. Dan berikut 5 destinasi wisata di Pacitan yang bisa jadi acuan untuk berlibur.

1. Goa Gong Pacitan

Untuk salah satu objek wisata ini tidak hanya terkenal di kancah Nasional saja, pasalnya tempat ini dinobatkan sebagai destinasi wisata sebagai Goa Terindah Se-ASIA Tenggara oleh UNESCO. Apalagi jika bukan “Goa Gong Pacitan”. Goa ini begitu indah dengan berbagai macam lampu yang menerangi di dalam area Goa.

Tak hanya itu, stalaktit dan stalagrit yang terdapat di dalamnya memberikan kesan estetis tersendiri bagi siapapun pengunjung yang datang di tempat ini.

Goa ini sendiri memiliki 6-7 ruangan, dimana di salah satu ruanagan terdapat ‘Sendang Bidadari”, kemudian jika kalian beruntung dan tak ketakutan, kalian akan menemukan salah satu ruangan yang di dalamnya terdapat batu dan jika di pukul akan berbunyi seperti “Gong”.

2. Pantai Soge Pacitan

Siapa yang tahu dengan Pantai ala Las Vegas satu ini? Letaknya di daerah tikungan tajam dan langsung berhadapan dengan laut, membuat pantai ini tak hanya menarik untuk dikunjungi, namun juga dijadikan spot untuk selfie kekinian.

Pantai Soge merupakan salah satu pantai di Kabupaten Pacitan yang paling mudah dijangkau karena letaknya di Desa Sidomuyo, Kecamatan Ngadirojo. Keindahan Pantai Soge ini nampak karena memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan air lautnya yang berwarna biru cerah. Tak jarang banyak para pengendara juga turut ikun turun dari kendaraan mereka untuk menyaksikan matahari tenggelam di balik Pantai Soge.

3. Sungai Maron Pacitan

Penampakan sungai ini nampak seperti kenampakan Sungai Amazon. Sungai Maron sendiri terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Pacitan

Sungai ini sendiri nampak bersih dan jernih faktanya adalah berasal dari habitat alami ikan air tawar yang dimanfaatkan oleh warga sekitar. Kedalamannya mencapai 20 meter.

Sedangkan, untuk menikmati suasana ala sungai amazon ini kalian harus merogoh kocek antara Rp 150.000 – Rp 180.000/orang untuk menyewa perahu.

4. Pemandian Banyu Anget Pacitan

Siapa yang tak kenal dengan objek wisata satu ini, tempatnya cukup terkenal di Kabupaten Pacitan, dikenal dengan nama “Pemandian Tirto Husodo Arjo” Pacitan. Tempat wisata ini konon tak pernah sepi pengunjung. Pasalnya selain karena memang air hangat yang disuguhkan, ternyata magnet dari tempat satu ini juga berasal dari udaranya yang begitu sejuk karena dekat dengan Pegunungan. Sumber air hangat ini tetap terjaga dan berasal dari perbukitan Kapur.
Letaknya sendiri berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari – Pacitan

5. Monumen Jendral Sudirman Pacitan

Monumen ini penuh dengan ragam sejarah yang patut kita lestarikan dan jangan sampai terlupa. Mengingat perjuangan bangsa dalam merebut setiap tetes darah kemerdekaan demi anak cucu bangsa. Monumen ini berdiri megah di desa Pakis Baru, Kec. Nawangan Pacitan.

Di tempat tersebut konon Sang jendral menyusun taktik dan strategi untuk perang gerilya di dalm sebuah rumah bambu. Anak tangga dalam monumen ini berjumlah 70, menandakan jumlah keseluruhan tanggal proklamasi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed