by

10 Gambar Candi Lumbung Klaten, Lokasi Alamat, Penginapan di Sekitar Area + Penemuan Pendiri Pembuat Prasasti

-destinasi-604 views

Lokasi: Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
MAP: KlikDisini
HTM: Rp 10.000/ orang
Buka/Tutup: Senin-Minggu (08.00-17.15 WIB)
Telepon: N/A

foto by instagram.com/seanmglynn/

Klaten merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki segudang destinasi wisata dengan keindahan alam dan sejarahnya. Berlibur tidak melulu harus ke mall, pantai atau taman. Kita bisa memiliki cagar budaya yang bisa memberikan pengalaman dan pengetahuan tak kalah menariknya.

Informasi Umum

Wisata peninggalan terletak di Tlogo Klaten, Jawa Tengah yang menjadi destinasi wisata dengan pemandangan yang luar biasa. Tempat ini memberikan sensasi yang berbeda dalam liburan bersama orang terkasih.

Wisata history ini memiliki pesona yang indah sehingga cocok untuk mengisi kegiatan liburan bersama keluarga.

foto by instagram.com/anggakara09/

Bagi Anda yang berada dekat dengan lokasi temple, wajib untuk datang berkunjung. Tidak terkecuali bagi masyarakat di luar kota karena kita tidak akan menyesal bisa mengenal candi ini.

Lokasi

Anda bisa menelusuri posisi atau alamat candi ini dari google maps. Anda akan mendapatkan petunjuk jalan yang jelas untuk bisa sampai ke lokasi. Anda cukup mengetik Wisata Candi Lumbung di Tlogo Klaten Jawa Tengah.

foto by instagram.com/wisatajateng/

Selain di Klaten atau berdekatan dengan Jogja, ternyata juga ada temple Lumbung di daerah lain, yakni di Magelang, Sengi dan Krogowanan.

Transportasi

Bagi wisatawan lokal, khususnya masyarakat daerah Klaten dan sekitarnya, pasti sudah tidak bingung lagi memilih transportasi menuju candi. Lantas, bagaimana dengan wisatawan asal luar kota atau bahkan dari luar negeri?

Pilihan terbaik menuju lokasi temple adalah menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor atau mobil pribadi. Anda bisa bertanya kepada pemandu atau menggunakan google maps sebagai petunjuk arah.

foto by teluklove.com

Namun, jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa memilih bis umum atau angkutan. Anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan ojek atau kendaraan pribadi menuju temple Lumbung.

Daya Tarik Candi

Pesona keindahan dari candi Lumbung membuat Anda wajib mengunjunginya sebagai tempat destinasi liburan. Selain pesona yang dimiliki temple, ramahnya penduduk lokal terhadap wisatawan, baik lokal maupun asing membuat kita akan betah berada di sana.

foto by instagram.com/mcadilfery/

Temple dengan luas tanah 545,35 meter persegi ini memiliki 17 bangunan yang terdiri dari satu candi induk dan 16 candi perwara atau candi pendamping. Kombinasi berbagai temple ini mampu membuat kita berdecak kagum betapa luar biasanya budaya di zaman dulu.

Kita dapat mempelajari sejarah tentang candi lumbung dan menikmati keindahan arsitekturnya. Meskipun bentuk candi sudah tidak sempurna, tapi cukup untuk mengetahui indahnya bangunan temple ini.

Atap candi induk sudah tidak ada, tapi masih terlihat jelas pahatan-pahatan yang menakjubkan. Setiap peninggalan dari kerajaan ini terdapat keterangan mengenai apa da bagaimana sejarahnya.

foto by instagram.com/abcdezebra/

Berbagai pahatan dan relief di dinding temple menggambarkan beberapa cerita yang menarik. Salah satunya adalah sosok laki-laki dan perempuan dengan ukuran yang mungkin seperti aslinya. Daya tarik lainnnya terletak pada dua pintu yang mengapit, yaitu kuwera dan hanti.

Candi induk memiliki tinggi kurang lebih 2,5 meter dengan 9 buah relung. Sayangnya tidak ada satu relung yang berisi arca karena mungkin sudah hilang karena orang-orang tidak bertanggung jawab.

Ciri khas paling mengagumkan adalah banyaknya candi perwara yang berjumlah 16 candi. Menariknya, semua candi perwara menghadap ke temple utama. Bangunan candi perwara memiliki tinggi 1 meter, tanpa hiasan-hiasan di dindingnya.

Hal ini menunjukkan bahwa temple induk menjadi pusat perhatian dari bangunan, bahkan harus didampingi oleh sejumlah candi perwara yang tak sedikit.

Anda bisa menjadikan candi utama atau perwara ini sebagai spot foto yang menarik. Selain itu, Anda bisa mendapatkan pengetahuan mengenai temple ini dan sejarahnya.

foto by instagram.com/mariiannana/

Jika Anda merasa betah berlama-lama di wilayah temple ini, Anda tidak perlu langsung pulang. Banyak penginapan yang bisa diipilih sebagai tempat beristirahat di malam hari. Jadi, Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk berwisata di kota Klaten.

Masih banyak fasilitas lain yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke temple Lumbung, jadi Anda tidak akan menyesal berlibur di tempat tersebut. Nikmati juga perjalanan ke tempat wisata lain, yaki temple Bubrah, Sewu dan tempat wisata lain di Yogyakarta.

foto by instagram.com/auzanrafiqi/

Perbaikan Candi

Pada tahun 2008, sebuah artikel menuliskan bahwa telah dilakukan renovasi cukup besar terhadap bangunan candi Lumbung. Bangunan dari temple bahkan tidak berada di tempat semula, bukan karena dicuri atau roboh, melainkan sedang diperkokoh pondasinya.

foto by instagram.com/auzanrafiqi/

Pemugaran ini mungkin berkaitan dengan gempa dua tahun silam yang pernah melanda wilayah ini. Pondasi dibuat lebih kokoh untuk mengantisipasi adanya gempa atau bencana alam lain yang dapat merusak bangunan. Selain itu juga berguna sebagai upaya untuk melestarikan candi Lumbung.

Fasilitas Candi Lumbung

Fasilitas menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih tempat wisata. Candi Lumbung menyediakan berbagai fasilitas yang akan memudahkan para pengunjung untuk berwisata dengan nyaman.

Temple Lumbung memiliki berbagai fasilitas yang di rawat dengan baik. Pada bagian depan candi, Anda akan menemukan area parkir kendaraan dengan mudah. Area parkir ini cukup luas jadi Anda tidak perlu kebingungan mencari lahan untuk parkir.

Bagi Anda beragama muslim juga tidak perlu takut ketinggalan waktu sholat karena di area temple ini terdapat mushola. Anda bisa menunaikan sholat terlebih dahulu dan melanjutkan berwisata di candi Lumbung.

foto by wikimapia.org

Selain itu ada kamar mandi atau MCK yang bisa Anda gunakan ketika ingin buang air kecil. Jumlah dari kamar mandi ini dirasa cukup untuk para pengunjung, jadi Anda tidak perlu antri panjang untuk menggunakan fasilitas yang satu ini.

Tidak sulit untuk menemukan penginapan yang berada dekat dengan temple Lumbung. Banyaknya destinasi wisata di Klaten membuat kita dengan mudah menemukan penginapan.

Bahan Makalah atau Pelajaran

Beberapa mahasiswa arkeologi mungkin membutuhkan informasi tentang candi ini sebagai bahan untuk pembuatan makalah. Biasanya akan dijelaskan mengenai pengertian, fungsi dan segala sesuatu berkaitan dengan sejarahnya. Anda bisa melengkapi datanya dari wikipedia.

Comment

News Feed