by

10 Gambar Boen Tek Bio Tangerang, Sejarah Asal Usul, Lokasi Alamat, Keunikan Klenteng + Nomer Telepon

-berita-1,011 views
Boen Tek Bio merupakan salah satu tempat beribadah salah umat yang diakui di Indonesia. Seperti yang lainnya bahwa tempat juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata (foto: Newswantara.com)

Lokasi: Jalan Bakti Saham, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
24 Jam
Jam Operasional:
08.00 – 17.00 WIB
No Telp:
(021) 5522168

Berlibur menghabiskan waktu bersama kerabat terdekat memang tak harus selalu di tempat wisata alam. Belajar tentang sejarah saat musim liburan tiba uga salah satu keputusan yang tepat. Mengunjungi tempat bersejarah seperti ke Boen Tek Bio adalah hal yang tepat.

Pengunjung datang untuk melakukan sembahyang di sini (foto: Baltyra.com)

Alamat Boen Tek Bio ini berada di Kota Tangerang Provinsi Banten. Ya, artikel ini akan membahas tentang tempat suci ini. Sebenarnya selain di Tangerang masih ada lagi klenteng di beberapa kota di Indonesia seperti di Banyumas, San Karawaci dan kota lainnya.

Kebanyakan yang datang ke sini memang dari kalangan etnis Tionghoa atau Cina (foto: travel.detik.com)

Artikel kami akan lengkap mengulas tentang sejarah, lokasi, peta nomor telepon hingga gambar tentang Boen Tek Bio yang ada di Tangerang ini. Jadi sebelum berangkat ke sana kamu bisa membaca tentang ulasan yang kami berikan.

Sejarah Tentang Boen Tek Bio di Tangerang

Ini adalah salah satu benda yang ada di dalam Boeon Tek Bio yang ada di Tangerang (foto: teluklove.com)

Boen Tek Bio yang ada di Tangerang merupakan sebuah rumah duka. Biasanya warga yang menggunakan bangunan ini menyebutnya dengan Rumah Duka Tanah Gocap. Tentu saja nama ini ada arti tertentu dan sejarah bagi mereka.

Di Tangerang sendiri sebenarnya sudah berdiri beberapa klenteng. Tetapi Boen Tek Bio ini adalah yang tertua diantar ketiganya. Umurnya kurang lebih sudah terdiri dari tiga abad. Meskipun secara administratif tidak ada yang tau pasti tentang persis berdirinya klenteng ini.

Suasana penuh dengan warna merah saat diadakan acara di sini (foto: youtube.com)

Boen Tek Bio sendiri berada di kawasan Pasar Lama Tangerang sehingga banyak sekali warga setempat yang sudah tidak asing dengan bangunan ini. Jadi saat kamu kesulitan untuk sampai ke tempat maka bisa langsung bertanya pada masyarakat sekitar.

Lilin yan ada di sini begitu banyak dan besar (foto: Mapio.ne)

Di bagian depan dari Kelenteng ini kamu akan menemui sebuah patung yang diberi nama Bi Lek atau Mi Le Fo yang jika diartikan dalam bahasa Sansekerta adalah Yang Maha Pengasih dan Penolong. Bi Lek Hud sendiri adalah salah satu dari Dewa yang begitu dihormati oleh komunitas Tiongkok.

Penganut Budha Mahayana memuja Bie Lek Hud dengan kepercayaan untuk memperoleh kekayaan dan kebahagiaan di dalam kehidupannya. Sering mereka datang ke tempat ini selain menjadi rumah duka juga sebagai tempat untuk beribadah.

 

Singkat cerita bahwa keberadaan tempat ini awalnya tidak lepas dari sejarah tentang orang Tionghoa. Dulu terdapat rombongan Tjen Tjie Lung yang terdiri dari tujuh kepala keluarga dan sembilan orang gadis terdampar di slah satu daerah. Daerah tersebut dikenal dengan Kampung Teluk Naga sekarang.

 

Konon katanya salah satu penguasa itu ada yang jatuh cinta kepada gadis-gadis tersebut. Lalu semua gadis tersebut mereka nikahi sehingga rombongan itu juga mendapat sebuah hadiah dari sang penguasa yaitu sebuah sebidang tanah.

Beberapa warga setempat menilai tempat ini terasa angker dan mistis. Terlepas dari itu di sini kamu bisa menikmatinya. Banyak sekali spot untuk mengambil foto di sini jadi persiapkan kamera ya saat kamu datang ke sini. Terlebih jika kamu datang saat imlek maka banyak sekali perayaan di sini.

Lokasi dan Rute Jalan Menuju Boen Tek Bio

Gemerlap lampu yang indah (foto” Lifestyle.Okezone.com)

Alamat Boen Tek Bio ini lengkapnya terletak di Jalan Bakti Saham Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar sampai ke tempat tujuan. Selain kendaraan pribadi tentu saja banyak transportasi umum.

Transportasi umum ini bisa menggunakan KRL, Bus kota atau angkutan kota lainnya. Terlebih lagi sekarang  sudah banyak sekali jasa ojek online yang bisa dipesan dengan mudah.

Saat diadakan sebuah perayaan (foto: Tribunnews.com)

Rute yang paling mudah jika kamu berangkat dari BSD Serpong. Jika menggunakan angkutan umum maka harus naik dengan kode 03 yaitu pasar anyar lalu kamu bisa turun di lampu merah jembatan UNIS. Jika sudah sampai sini maka bisa melanjutkan berjalan kaki kurang lebih memiliki jarak 00 meter.

Kamu juga bisa menggunakan map yang sudah kami berikan petunjuk Google Maps diatas. Hanya saja kamu harus memiliki aplikasi dengan GPS yang aktif. Hanya mengetik Boen Tek Bio Tangerang maka secara langsung kamu akan mendapatkan petunjuknya.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Boen Tek Bio

Berfoto bersama (foto: vsebayang.com)

Jam buka di Boen Tek Bio ini bisa seharian penuh loh, yaitu 24 jam. Jadi kamu bisa datang sesuka kamu mulai pagi siang atau malam hari. Tidak perlu khawatir jika tempat ini akan ditutup. Hanya saja kamu bisa datang saat tempat ini tidak sedang digunakan.

Sedangkan untuk harga tiket masuk di Boen Tek Bio yang ada di Tangerang ini tidak dikenakan biaya. Kamu bisa masuk dengan Cuma-Cuma alias gratis. Bahkan yang datang ke sini tak jarang berasal dari rombongan di luar kota.

Barongsai (foto: dondodzcommunity.blogspot.com)

Hanya saja kamu perlu membayar biaya parkir kendaraan yang kamu bawa. Biaya yang diperlukan juga sangat murah, untuk kendaraan roda dua kamu hanya perlu membayar sebesar 2 ribu dan  ribu untuk roda empat.

Comment

News Feed