Wisata Kuliner di Makassar? Wajib Coba 10 Makanan Ini

Travel Blog Reservasi โ€“ Bagi kamu yang hobi traveling dengan budget murah, Makassar merupakan destinasi yang sangat cocok. Kota terbesar di luar Pulau Jawa ini tidak hanya menawarkan beragam tempat liburan murah, tapi juga punya banyak makanan khas yang menggungah selera. Sehingga boleh dikata, Makassar adalah surga bagi pecinta kuliner. Yuk, simak 10 wisata kuliner di Makassar yang wajib banget kamu cicipi jika berkunjung nanti!

1. Coto Makassar

A post shared by kunti grahini tendi (@grahinie) on Mar 29, 2018 at 11:56pm PDT

Ketika orang menyebut makanan khas Makassar, maka Coto Makassar adalah hidangan yang selalu disebut. Tak sedikit pula orang yang menyamakan coto dengan soto. Padahal, keduanya sangat berbeda. Coto Makassar terbuat dari potongan daging sapi dengan beragam rempah-rempah pada kuahnya.

Saat dihidangkan, ada tambahan bawang goreng, daun bawang, serta perasan jeruk nipis yang akan membuatnya terasa sangat nikmat. Ketupat sendiri akan menambah kelezatan Coto Makassar.

2. Sop Konro

A post shared by JAKARTAFOOD DESTINATION (@jktfooddestination) on Sep 11, 2017 at 10:47pm PDT

Selain Coto Makassar, ada juga kuliner berbahan iga sapi yang menyatu dengan kuah beragam rempah bernama Sop Konro. Untuk menikmati seporsi Sop Konro, orang-orang biasanya menggunakan sedotan agar bisa menikmati isi bagian dalam tulang sapi. Makanan ini juga cocok disantap dengan ketupat.

3. Sop Saudara

A post shared by Kuliner Surabaya l Foodie๐Ÿ”˜ (@e_ndro) on Jul 30, 2015 at 6:52am PDT

Jika Sop Konro dimakan dengan ketupat, maka Sop Saudara menggunakan nasi sebagai pendampingnya. Kuliner yang satu ini juga menggunakan olahan daging sapi dengan berbagai rempah di kuahnya. Tambahan bihun di dalamnya juga membuatnya berbeda dengan Sop Konro.

4. Sop Ubi

A post shared by Rika Wijaya (@kjc_rw) on Mar 28, 2018 at 5:54am PDT

Berbeda dari kedua sop sebelumnya, Sop Ubi menggunakan bahan dasar ubi, paru, dan mie kuning sebagai olahan utama. Sementara untuk porsi daging sapinya lebih sedikit. Tentu saja, kuah Sop Ubi juga kaya akan rempah.

5. Pallubasa

A post shared by JAKARTAFOOD DESTINATION (@jktfooddestination) on Aug 5, 2016 at 1:43am PDT

Makanan khas lain yang akan sangat sayang untuk dilewatkan ketika berada di Makassar adalah Pallubasa. Bahan utama hidangan yang satu ini juga masih menggunakan olahan daging sapi dengan kuah beragam rempah. Tambahan telur setengah matang dengan kelapa goreng membuatnya berbeda dari yang lain. Pallubasa sendiri akan cocok jika disantap dengan nasi putih.

6. Pallumara

A post shared by frizky novia (@kikynovia_) on Nov 25, 2017 at 6:55pm PST

Jika Pallubasa menggunakan daging sebagai bahan utama, maka Pallumara menggunakan ikan kakap merah untuk bahan utamanya. Olahan kemiri serta kunyit membuat kuah salah satu makanan khas Makassar ini berwarna kuning.

7. Pallubutung

wisata kuliner di makassar
Sumber foto: sportourism.id

Jangan salah, kuliner yang satu ini sangat berbeda dengan Pallubasa dan Pallumara. Pallubutung terdiri dari rebusan pisang yang dipotong-potong dengan kuah santan yang kental. Ada juga sirup, susu, serta serutan es sebagai campurannya. Makanan ini akan sangat nikmat jika disantap di siang hari yang panas.

8. Kapurung

A post shared by Kuliner Palu (@kuliner_palu) on Feb 9, 2018 at 8:17pm PST

Nah, berbeda dengan makanan yang sebelumnya yang kebanyakan menggunakan daging sebagai bahan utama, kuliner ini menggunakan sagu, jagung, irisan ikan, dan mie kuning sebagai bahan dasar utamanya. Adapun waktu santap terbaik untuk Kapurung adalah pagi hari.

9. Songkolo

A post shared by Anindya Putri ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ (@anindyakputri) on Apr 11, 2017 at 2:26am PDT

Makanan khas Makassar satu ini menggunakan beras ketan sebagai bahan dasarnya. Pada bagian atas, Songkolo akan ditaburi dengan kelapa goreng serta ikan teri dan sambal sebagai pendampingnya. Songkolo sendiri tidak hanya dinikmati pada pagi hari, tapi juga tengah malam.

10. Mie Kering

A post shared by Sulam & LashExtension Makassar (@ebrowstudio) on Jul 7, 2015 at 6:37am PDT

Makanan lain yang bisa kamu coba saat malam hari di Makassar adalah mie kering. Teksturnya yang agak keras serta siraman kuah kental berbahan dasar tepung terigu dan telur membuat kuliner ini akan sangat sayang jika tidak dicoba. Sebagai pelengkap, mie kering dicampur dengan bakso, daging ayam, serta sayuran. Nah, itu tadi 10 makanan khas Makassar yang wajib kamu coba saat berwisata kuliner.

The post Wisata Kuliner di Makassar? Wajib Coba 10 Makanan Ini appeared first on Reservasi Travel Blog.