by

10 Gambar Pasar Bawah Pekanbaru, Sejarah Legenda, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Hotel di Sekitar Wisata

-berita-724 views

Lokasi: Jalan Saleh Abbas, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau 28155
Map:
Klik Disini
HTM:

Buka/Tutup:
08.00-17.30
Telepon:
(0761) 52118

foto by klikriau.com

Belanja adalah agenda yang wajib dilaksanakan ketika berlibur ke suatu tempat. Sebab, hampir semua wisatawan merasa ada yang kurang bila pulang tanpa membawa buah tangan. Apalagi jika Anda seorang wanita.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa pusat perbelanjaan yang menjual aneka oleh-oleh, seperti Blok M. Kawasan itu tidak pernah sepi karena merupakan tempat favorit untuk nongkrong anak muda Jakarta sejak tahun 1980-an.

Tak hanya menawarkan hiburan, tapi juga memuaskan para penghobi shopping. Terlebih dengan adanya Pasaraya, Pasar Mayestik, Pasar Melawai dan Blok M Mall.

Hiruk pikuk di area tersebut berlangsung selama 24 jam. Pengunjung bisa mencicipi berbagai jajanan di Pasar Subuh selepas fajar, memulai wisata belanja dan membeli souvenir serta CD lagu dengan harga murah meriah, lalu mencoba kuliner khas Nusantara di warung kaki lima sampai restoran cepat saji.

foto by travel.kompas.com

Selanjutnya, ada Pasar Bawah Pekanbaru yang tak kalah mewah. Penasaran apa saja isinya?

Berkeliling di Pasar Bawah Pekanbaru

Pasar tertua dalam sejarah Kota Bertuah ini dekat dengan tepi sungai Siak dan Pelabuhan. Ia merupakan pusat perbelanjaan yang menyediakan aneka barang antik, perabotan rumah tangga dan pernak-pernik, baik dari dalam maupun luar negeri.

Bangunan yang didominasi oleh warna cerah, yakni kuning serta hijau itu bergaya Melayu dan memiliki empat lantai. Bila dibandingkan dengan konstruksi tempo dulu sangat berbeda. Saat ini kondisinya jauh lebih baik dan mewah. Pengunjung bisa membandingkannya dengan gambar atau foto jadulnya.

foto by bapenda.pekanbaru.go.id

Bila dilihat dari denah, lantai pertama merupakan surga bagi penggemar kuliner. Ada beragam santapan lezat dan oleh-oleh, seperti lempok durian, dodol durian, ikan asin, ikan salai baung serta hasil laut lainnya.

Lantai dua memuat aksesoris, antara lain gelang, kalung, bros, souvenir pernikahan, dompet dan guci. Bahkan, keramik dan gantungan kunci dari negara tetangga pun tersedia. Aneka konveksi juga dihadirkan dalam 2nd floor ini.

foto by riauberbagi.blogspot.co.id

Selain itu, terdapat beragam kuliner dalam kemasan, seperti coklat dari Malaysia dan Singapura nan terkenal enak.

Pada lantai tiga bangunan yang sempat masuk dalam rencana blusukan Jokowi itu ada beraneka koleksi tas dan sepatu. Cocok bagi mereka yang ingin melengkapi item fashion.

foto by minon-wacana.blogspot.co.id

Terakhir, yaitu lantai empat adalah pusat berbelanja pakaian. Masih ada bermacam-macam produk yang ditawarkan di pekan yang pernah terbakar pada tahun 1999 ini, termasuk perangkat elektronik, velg mobil, serta barang tekstil, seperti songket, sarung bantal, alas meja dan gorden.

foto by liandamarta.com

Tidak kalah lengkap dari barang-barang yang dijajakan Pasar Minas, Kabupaten Siak, Riau. Untuk merasakan keseruan di Pasar Bawah Pekanbaru City, wisatawan wajib berkeliling antar kios satu dan lainnya.

Berbelanja Oleh-oleh dari Luar Negeri di Pasar Bawah Pekanbaru

Sebagaimana yang telah disampaikan, Pasar Bawah bukanlah tempat yang menjual aneka buah, sayuran dan bumbu masak, melainkan oleh-oleh dari Pekanbaru dan luar negeri.

foto by flickr.com

Jadi, pengunjung tidak perlu terbang ke negara, seperti Malaysia, Singapura, Perancis, Italia dan lain-lain untuk memperolehnya.

Cukup banyak kios yang memperdagangkan camilan impor. Harganya sama dengan yang dijual di Toserba Mustofa, Little India, Singapura dan sulit untuk ditawar. Selain itu, ada beragam gantungan kunci miniatur menara Eiffel dan pesawat terbang.

Tidak hanya itu, Pasar Bawah juga terkenal dengan elektronik bekasnya. Beragam barang second hand berkualitas impor, seperti keramik dari China, karpet dari Timur Tengah, tas dari Italia, guci, patung dan lainnya ditawarkan dengan harga miring.

foto by hot.detik.com

Lokasi dan Jam Buka Pasar Bawah Pekanbaru

Alamat Pasar Bawah ada di Jalan Saleh Abbas, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru (PKU), Provinsi Riau, Kode Pos 28155.

Lokasi tidak terlalu jauh dari pusat kota dan dapat ditempuh selama 13-20 menit perjalanan. Dari kedai kopi legendaris, Kimteng, hanya berjarak 500 meter.

Tempat yang juga dikenal dengan nama Pasar Wisata ini buka pukul 08.00 dan tutup pada jam 17.30 sore. Saat akhir pekan, hari libur serta menjelang Hari Raya, pekan tersebut selalu dipadati oleh pembeli.

Pasar Bawah di Kota Lain

Berbicara mengenai Pasar Bawah, tidak hanya ada di Kota Madani, melainkan Bukittinggi. Pekan yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Aur Tajungkang Tengah Sawah, Guguk Panjang, Bukittinggi, West Sumatera itu menjual aneka bahan makanan dan kebutuhan pokok.

foto by gosumatra.com

Bulan lalu, tepatnya tanggal 16 Februari 2018, kios rempah-rempah di kawasan tersebut mengalami kebakaran. Tapi, beruntung segera diketahui, sehingga api bisa dipadamkan secepat mungkin. Tidak ada korban dalam peristiwa itu, namun kerugiannya diperkirakan sampai belasan juta rupiah.

Ada pula di Kota Tapis Berseri. Sesuai namanya, pekan ini terletak di bawah pusat perbelanjaan Ramayana, Jalan Raden Intan, Tanjung Karang, Suka Jawa, Lampung, Bandar Lampung.

Ia menjual barang-barang loak, seperti sepatu, sandal, pakaian dan buku dengan harga murah. Sayang, kini ia menjadi salah satu tempat yang kondisinya memprihatinkan, tertutup oleh kemewahan gedung-gedung di mall tersebut.

Selain kota-kota yang disebutkan, Pasar Bawah juga dapat ditemui di Tamansari, Bandung, Jawa Barat dan Kota Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara yang sudah ditutup.

Lalu, Pasar Bawah Muara Bungo di Kecamatan Muaro Bungo, Kabupaten Bungo dan di Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Kemudian, di Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi yang beberapa bulan lalu sempat dihantam banjir dan menjadi lokasi ditemukannya ular besar, meski tidak sebesar yang ditemui di Sungai Muar.

Ada juga tempat dengan nama sama, tapi bukan berupa pasar, antara lain Pantai Pasar Bawah di Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu. Lalu, kelurahan di Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan dan nama jembatan di Serbelawan, Sumatera Utara.

Tidak sedikit pengunjung yang menulis reviews positif tentang pasar tersebut di blog. Mereka puas dengan harga barang dan penjual yang sangat ramah. Sebagian dari mereka juga berharap ke depannya, kawasan itu dibuat lebih baik, selayaknya pasar-pasar modern di kota lain.

Bila berencana ke Pasar Bawah Pekanbaru, siapkan budget yang cukup untuk jaga-jaga siapa tahu Anda kalap karena berbagai produk dijual dengan harga murah, terutama jika membeli grosir, seperti di Pasar Jakfariah yang berada di Tanah Madinah.

foto by riaumandiri.co

Dipastikan setelah keluar dari sana, Anda akan membawa tas belanjaan yang penuh. Tapi, supaya tidak kebablasan, sebaiknya buat list barang-barang yang hendak dibeli dan berapa dana yang akan dibawa. Jangan lupa melakukan tawar-menawar agar memperoleh harga lebih murah.

Tidak usah khawatir jika ingin menginap, karena banyak hotel yang tersedia di sekitarnya, mulai dari kelas menengah hingga kelas atas alias bintang lima.

Comment

News Feed