by

Pemancingan Telaga Mina Taman Mini, Tempat Mancing Daerah Kota Jakarta Timur

-berita-1,633 views

Lokasi: Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, 13820
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 06.00-18.00 WIB
Telepon: (021) 87791954

foto by albertfarrelltambajong.blogspot.co.id

Berlibur merupakan kegiatan paling dinantikan. Tidak hanya untuk anda secara pribadi, tapi keluarga juga menunggu momen itu. Apalagi waktu untuk liburan lumayan panjang. Kita pun juga bersemangat merencanakan apa saja aktivitas dan tempat menarik untuk menghiasi daftar kegiatan liburan.

Sayangnya, momen seperti itu jarang sekali hadir. Khususnya, bagi anda yang memiliki banyak aktivitas setiap hari. Kesibukan anda pun seperti tak ada habisnya. Setelahnya, kelelahan pun akan menampakkan diri. Karena itulah, curi-curi sedikit waktu untuk membuat diri bahagia dan istirahat sejenak adalah pilihan baik.

Biasanya, keadaan itu lebih banyak dihadapi oleh mereka yang tinggal di kota besar. Apalagi mereka hidup di kota metropolitan seperti Jakarta. Setiap hari, kita hanya melihat padatnya tempat-tempat dilalui oleh manusia.

foto by kompasiana.com

Kemacetan setiap saat juga keadaan yang membuat kita jengah karena menambah rasa lelah. Ditambah cuaca panas ibu kota semakin bertambah. Saat seperti itu, tentu saja kita merindukan suasana tenang. Apalagi, ada pepohonan rimbun untuk bersantai di bawahnya. Serta, kita juga melakukan aktivitas memacu kebahagiaan.

Salah satu kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu luang adalah memancing. Namun, permasalahan nya adalah apakah ada lokasi pemancingan di kota besar? Di Ibu kota negara yang dihuni oleh berbagai bangunan dengan segala ukuran di setiap sudutnya, ternyata ada area khusus untuk itu.

Tak sulit mencari lokasi memancing di kota Jakarta. Di setiap bagian kota Jakarta, beberapa kolam sudah dibuat. Apalagi, warga Ibu kota juga banyak menjadi penggemar olah raga ini. Biasanya, tak hanya mereka yang suka memancing ada di sini.

foto by magazine.job-like.com

Orang banyak singgah karena suasana sekitar kolam juga mendukung. anak-anak juga suka melihat ikan berenang di habitatnya. Meskipun, habitat itu juga buatan manusia. Tempat pemancingan yang akan kita ulas bernama Telaga Mina.
Telaga ini berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). TMII memang tempat yang pas untuk wisata keluarga. Sambil memancing, keluarga anda bisa menyusuri tempat lain di TMII dengan suasana berbeda-beda.

foto by youtube.com

Rute menuju lokasi

Telaga Mina terletak di wilayah timur ibu kota negara Indoneasia. Lokasinya berada dalam area kelurahan Ceger, kecamatan Cipayung. Tepatnya di daerah kota Jakarta bagian timur. Telaga Mina merupakan bagian dari TMII.

Lokasinya berada dalam kawasan TMII bagian timur di area bagian belakang. Di dalam TMII ini, Telaga Mina berada diantara museum listrik dan energi Baru serta Taman Budaya Tionghoa. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum ke lokasi.

Umumnya, masyarakat menggunakan kereta atau KRL agar perjalanan yang di tempuh lebih hemat dan cepat. Kemudian anda bisa turun di stasiun Tanjung Barat. Dari stasiun ,beranjaklah menuju jembatan penyeberangan. Kemudian dilanjutkan dengan menaiki angkot menuju pasar Rebo. Dari sinilah, anda naik angkot lagi menuju lokasi tersebut.

foto by teluklove.com

Tiket masuk

Biaya atau tarif untuk masuk ke dalam tidak begitu mahal. Kalian hanya perlu membayar di pintu masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Telaga ini merupakan fasilitas yang bisa anda nikmati setelah berada di dalam.

Jadi, tarif masuk untuk pengunjung adalah sebesar Rp.10.000 per orang. Namun, anda harus membayar lagi ketika ingin memancing sesuai dengan permintaan paket. Informasi mengenai hal itu bisa anda tanya di lokasi. Jadi, siapkanlah tambahan biaya dari rumah jika anda membutuhkan waktu lebih lama untuk kegiatan tersebut.

Waktu untuk berkunjung

Lama waktu untuk menghabiskan aktivitas anda selama berada di tempat, sama dengan jam berkunjung di TMII yaitu mulai dari pukul 7 pagi sampai jam 10 malam. Tapi, untuk memancing di Telaga Mina, biasanya hanya dari pukul enam pagi sampai sore dengan waktu sama.

Keunikan Telaga Mina

Telaga Mina merupakan kolam pemancingan paling luas di Jakarta. Biasanya, kolam yang khusus disediakan untuk area pemancingan umum cukup banyak. Khusus di Jakarta timur, anda bisa menemukannya pada beberapa lokasi. Beberapa diantaranya yaitu kolam pemancingan Buperta, Telaga Arwana dan Pantai Indah Kapuk.

foto by sahabatmancing.com

Kolam pemancingan Telaga Mina memiliki luas sekitar 1000 meter persegi. Disekitar lokasi banyak terdapat pohon dan tanaman. Penataan taman di sekililing kolam lumayan teratur dan rapi karena di kelola dengan baik terutama oleh pihak TMII.

foto by tamanmini.com

Suasananya sangat teduh dan asri apalagi untuk melarikan diri dari panasnya kota Jakarta. Ini akibat dukungan dari pepohonan tinggi yang cocok sebagai pelindung dari panas terik matahari. Karena itulah, lokasi ini bukan hanya dibuat bagi penggemar kegiatan memancing, tapi cocok juga untuk wisata keluarga.

Telaga Mina bukan tipe kolam pemancingan biasa. Tempat ini termasuk ke dalam jenis kolam pemancingan galatama. Sistem yang dipakai kolam jenis ini seperti kompetisi. Karena itulah, ada aturan yang harus diikuti oleh pemancing jika ingin menggunakan kolam.

Biasanya, kolam tersebut juga dipakai untuk menyelenggarakan kejuaraan memancing. Kompetisi nya termasuk ke dalam skala besar dengan memperebutkan piala dan berbagai hadiah. Disini, pemancing hanya boleh menggunakan dua joran selama menikmati kegiatan.

foto by beritamancing.net

Lama proses mancing dibatasi dalam waktu tertentu. Biasanya, untuk setiap babak atau ronde, pemancing hanya menggunakan waktu dua sampai 3 jam paling lama. Juara untuk setiap babak akan dilihat setelah proses memancing selesai.

Cara untuk melihat siapa pemenangnya bukan dilihat dari banyaknya ikan yang ditangkap. Tapi, pemenang akan ditentukan dari total berat timbangan ikan yang telah dipancing. Uniknya, ikan ini juga tidak boleh di bawa pulang, atau dimasak langsung di lokasi. Namun, ikan akan dimasukkan lagi ke dalam kolam.

Di Telaga Mina, Ikan yang dibudidayakan hanya satu spesies yaitu ikan mas. Umpannya pun tak boleh sembarangan. Jenis umpan harus cocok dengan jenis ikan yang hidup dalam kolam. Biasanya, pemancing mengggunakan umpan berasal dari pelet yang telah dihaluskan. Atau umpan jenis lindung dan aci atau sagu.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas di telaga Mina termasuk lengkap. Sesuai dengan standar sebuah tempat yang dibuat untuk kalangan umum. Anda bisa menemukan lahan untuk area parkir kendaraan. Kemudian, tempat ini juga menyediakan MCK atau kamar mandi pengunjung. Lalu, kantin dengan beragam makanan dan tempat khusus untuk istirahat.

foto by teluklove.com

Khusus tempat memancing, pengelola telaga mina menyediakan lapak dengan total jumlah 90 buah. Jarak antara lapak yang satu dengan lain tidak begitu jauh yaitu sekitar 2 meter. Diantara tempat pemancingan yang lain, telaga mina juga termasuk penyedia lapak terbanyak.

Comment

News Feed