by

Harga Tanakita Camping Ground Sukabumi Jawa Barat 2018 + Sewa Tenda

-berita-1,253 views

Alamat: Jalan Kadudampit km 9, Sukabumi, West Java. Kode pos: 43153
Peta Online: KlikDisini
Jam Buka-Tutup: 24 jam
Harga Tiket Masuk (HTM) / Sewa: Rp550.000 per orang/malam

foto by rappler.com

Camping atau kegiatan berkemah memang bukan lagi suatu aktivitas yang ‘baru’ bagi masyarakat Indonesia. Bahkan sejak dari masih kecil, yaitu usia SD, anak-anak sudah dilatih untuk berkemah. Tujuannya tentu untuk membangun kemandirian anak beserta dengan melatih tanggung jawabnya. Kegiatan ini juga melatih anak-anak untuk berkembang serta bertahan hidup sesuai dengan caranya.

Apa sih yang biasanya rekan-rekan bawa ketika ingin berkemah? Pemikiran tentang kemah tentu biasanya adalah tidur di tenda, beralaskan terpal atau sleeping bags dengan beratapkan bintang-bintang bukan? Tapi bagaimana bila ternyata di kawasan Sukabumi, Jawa Barat, terdapat gaya berkemah yang lain daripada selama ini?

Yuk, simak profil destinasi wisata kita kali ini.

Lokasi dan Rute Akses Perjalanan

Namanya adalah Tanakita Camping Ground. Camp Site ini adalah sebuah wilayah di daerah Situgunung, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi yang dikelola oleh tour operator yaitu Rakata Adventure. Letaknya bisa dibilang masih berada dalam kawasan Situ gunung, yaitu di Taman Nasional Gunung Gede Panggrango. Cukup dekat juga dengan Curug Sawer dan Callianda Camping Ground.

Rekan-rekan traveler bisa mengambil satu titik acuan dengan mudah nih, yaitu Kantor Polisi Sektor Cisaat. Letak lahan kemah ini adalah sekitar 10 km dari kantor polsek tersebut. Secara umum letakya adalah di suatu bukit yang masih terjaga ekosistemnya. Jika rekan-rekan berangkat dari arah Jakarta, dengan melalui Tol Jagorawi, butuh waktu kira-kira 3-4 jam atau sekitar 120 km.

Rute perjalanan (bila menggunakan kendaraan transportasi pribadi seperti mobil atau elf) juga tidak begitu ribet. Rekan-rekan bisa menginputkan location di Online Maps. Selain itu bisa juga dengan menaiki bus antarkota menuju Terminal Sukabumi atau dengan menaiki kereta ke Stasiun Cisaat.

Daya Tarik

Tanakita memberikan konsep Glamour Camping alias glamping. Dilihat dari namanya saja sudah sangat berbeda ya dibandingkan dengan kegiatan kemah biasa.

Tanakita ini adalah suatu five star camp di mana owner Rakata Adventure ingin memberikan pengalaman berbeda bagi masyarakat ketika berkemah. Konsep ‘kemah tidak lagi harus bersusah-susah dan berada di tengah alam bukanlah siksaan’ ini sangat menarik wisatawan berkunjung.

foto by tesyaskinderen.com

Sejarahnya, Tanakita mulai dibuka sekitar tahun 2004. Kira-kira, di tahun 2018, ternyata sudah ulangtahun ke-14 bagi lokasi unik bagi wisatawan ini. Kawasan perkemahan ini pada awalnya hanya berupa lahan masyarakat yang tidak terurus, namun oleh karena usaha dan jerih lelah pengelola, kini lahan tersebut mampu menampung sekitar 135 pengunjung dan memberikan pengalaman wisata tiada duanya.

Ketika rekan-rekan memasuki area camp akan disambut dengan jajaran tenda dengan kasur empuk dan colokan listrik yang akan membuat kalian merasa sedang berada di dalam hotel atau villa, bukannya berkemah.

Tempat ini benar-benar seperti high class resort kawan. Masing-masing tenda biasanya menampung 4 orang. Kebersihannya sangat terjaga, bahkan di kamar mandi sekalipun, karena pihak pengelola mempekerjakan tim kebersihan yang rajin bertugas.

foto by valley2017.rrrecfest.com

Bila rekan-rekan yang berkemah akan mengadakan kegiatan malam, tak perlu khawatir, cukup mengkomunikasikan dengan pihak pengelola. Begitu acara selesai, pengelola juga akan membantu untuk membersihkan tempat bekas acara. Eits, namun itu bukan berarti kita bisa seenaknya untuk membuang sampah atau tidak memelihara lingkungan ya.

Tanakita berada di kawasan dengan ketinggian sekitar 1.000 mdpl dan menyebabkan udara di sekitar cukup sejuk bahkan terkadang juga dingin. Ada beberapa keuntungan bagi rekan-rekan traveler (terutama yang tidak terbiasa berkemah namun sangat ingin sekali merasakan pengalaman camping), yaitu:

1. High Quality Facilities

Tanakita memberikan beragam fasilitas liburan. Baik itu berupa pemenuhan kebutuhan makan serta minum, ataupun kegiatan yang umumnya dilakukan ketika berkemah. Terdapat juga fasilitas water-heater shower bagi mereka yang merasa kedinginan dengan udara sekitar.

Tenda yang ada di sini juga bukan sembarang tenda kawan. Sekalipun ukurannya kecil dan hanya menampung sekitar 4 orang, namun desain tenda ini sangatlah unik. Bagian depan adalah tempat untuk meletakkan sepatu serta barang-barang, sementara di bagian dalam adalah tempat untuk beristirahat dengan matras (mirip seperti spring bed/Kasur), bantal, serta sleeping bag.

foto by parah1ta.jalanjalanyuk.com

2. Rekan-rekan akan tetap merasakan suasana camping. Suhu udara di kawasan Tanakita, terutama diatas pukul 21.00 WIB adalah kira-kira 16-20oC. kondisi ini akan membuat udara semakin dingin dan beberapa wisatawan lokal bahkan menggunakan sweater.

foto by parah1ta.jalanjalanyuk.com

3. Banyak pilihan kegiatan

Rakata Adventure memberikan berbagai pilihan kegiatan yang bisa dipilih dengan bebas selama camping. Ada juga pilihan untuk trekking ke area danau Situgunung dengan hanya berjarak 15 menit berjalanan dari camp site. Tempat ini terkenal dengan keindahan sunrise-nya kawan. So, usahakanlah untuk datang sebelum matahari terbit ya.

foto by bandungdiary.id

Bagi para fotografer, sangat disarankan untuk membawa camera, tripod serta perlengkapan lain. Dijamin akan mendapatkan gambar dengan kualitas foto yang elok. Tidak perlu jauh-jauh hingga ke Iceland jika di dekat daerah kita saja ada pemandangan yang sangat indah.

Beberapa wisatawan juga senang dengan bersantai dan duduk di area danau. Selain karena udara yang masih fresh, sejuk serta dingin, suasananya juga sangat tenang sehingga cocok digunakan sebagai tempat untuk menikmati alam. Ada juga batu-batu dan jejak tapak hewan di sekitar yang menambah pesona khas alam.

foto by blognyamitra.wordpress.com

Fasilitas

Eits, jangan khawatir mengenai fasilitas ya. Camping kali ini memang tidak akan sesulit kemah pada umumnya. Di Tanakita sudah tersedia kamar mandi (pastinya lebih mendukung dibandingkan toilet yang ada di bumi perkemahan pada umumnya), mushola dalam tenda besar dengan kapasitas 15 orang. Di tempat ini juga akan diberikan makan 3 kali sehari serta disediakan snack loh.

foto by tesyasblog.com

Bagi rekan-rekan juga tidak perlu bingung untuk mencari air minum. Tanakita juga menyediakan air mineral yang bisa diambil kapanpun. Pengunjung juga diperbolehkan untuk membuat minuman hangat seperti kopi atau teh.

Hal lain yang menarik ketika berlibur di Tanakita adalah dekat dengan lokasi wisata lain seperti curug/air terjun, sungai, dan danau. Wisatawan bisa menikmati beragam kegiatan seperti river tubing atau flying fox.

foto by tesyaskinderen.com

Bagi wisatawan yang ingin mencoba flying fox maupun high rope, bisa mencobanya secara gratis. Namun bila untuk menikmati river tubing dikenakan biaya tambahan dengan harga Rp150.000 utnuk 45 menit.

Semua fasilitas di Tanakita bisa dinikmati dengan membayar biaya sewa Rp550.000 per malam. Hmm, ditinjau dari harga memang cukup mahal kawan, namun ditinjau dari pengalaman yang di dapat? Seimbang dong.

Camping site ini selalu ramai ketika weekend atau hari libur. Sementara itu, untuk melakukan pemesanan bisa melalui situs resmi tanakita di websitenya. Mereka tidak melayani pemesanan on the spot. Hal ini salah satunya juga untuk melatih budaya bangsa kita kawan.

foto by tesyasblog.com

Comment

News Feed