by

10 Gambar Pantai Tegar Putri Batam Kota Kepulauan Riau Galang Baru

-berita-714 views

Lokasi: Galang Baru, Batam City, Riau Islands , 29487
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 10.000/Orang
Buka/Tutup:
Telepon:

foto by instagram.com/batam_terkini/

Daerah sekitar Barelang memang sangat terkenal di Kepulauan Riau. Khususnya, jika anda memang sengaja berada di Batam untuk wisata. Kota Industri Batam ini memang memiliki pesona menakjubkan jika ditelusuri lebih dalam. Kawasan Kepulauan di sekitar pulau Batam menyimpan keindahan alam luar biasa.

Banyak orang tidak menyangka akan mendapatkan hadiah seperti itu ketika berada di Batam. Tentu saja, sesuai bentangan alamnya, keindahan itu tidak jauh dari kata laut, pantai dan pulau. Namun, uniknya pengunjung tidak akan sulit menempuh jarak dari pulau ke pulau. Biasanya, orang menggunakan kapal jika pergi ke pulau. Namun, untuk ke wilayah ini, akses daratnya sudah dibuat oleh pemerintah.

Karena itulah, pengunjung bisa menyaksikan obyek wisata begitu cantik. Tentu saja, mereka harus menempuh jarak begitu jauh. Pengunjung akan berkendara membelah lautan di sekitar Batam. Namun, ini bukan masalah. Senyum di wajah akan mengembang karena menikmati perjalanan jauh dengan hasil memuaskan.

Akses darat tersebut ditempuh dengan melewati jembatan dari pulau Batam sampai Galang. Disetiap kawasan sekitar jembatan, ada beberapa pantai cantik bisa anda singgahi sampai ke ujung.

foto by jadiberita.com

Pantai tersebut yaitu Kalat di pulau Rempang jembatan 4. Jabu barelang bersebelahan dengan Mirota. Kemudian, Airnanti setelah Zore di jembatan 4. Di jembatan 5, ada pantai cantik bernama Viovio. Dikawasan 0 kilometer, ada lagi pantai Cakang yang terletak diujung Galang.

foto by batam-city.com

Ternyata, Cakang bukan tempat paling ujung meskipun ada di titik 0 kilometer. Setelahnya, anda akan menemukan pantai belum begitu terjamah dan masih sangat alami. Kawasan tersebut dikenal dengan nama Tegar Putri. Butuh perjuangan ekstra untuk menikmati kawasan terujung Pulau Galang yang menawan.

Rute menuju lokasi

Pantai Tegar Putri berada di dalam kawasan Galang Baru. Pulau di Galang Baru ini dihubungkan oleh jembatan Barelang. Tepatnya, lokasi Tegar putri berada di bagian paling ujung dari gugusan pulau yang dihubungkan oleh Jembatan.

foto by pejalansingle.com

Tegar putri ini berada di dalam kawasan Barelang 6. Lokasinya berada setelah pantai Viovio yang berada di jembatan 5 Barelang. Anda harus menempuh jarak selama 20 menit untuk bisa sampai ke tempat dituju dari Viovio ini.

Jika memulai perjalanan dari Batu Aji, anda akan berkendara menuju lokasi selama 1 jam. Setelah sampai di jembatan 6 Barelang, anda akan melihat tower kembar Hasyim. Sekitar 500 meter dari tempat ini, ada lagi tower, tepatnya berada di sebelah kanan. Di sebelah kiri dari tempat tower berada, itulah jalan menuju Tegar Putri.

Anda akan menemukan spanduk besar ketika berada disebelah kiri jalan tersebut. Jika diperkirakan dari Jembatan 6, waktu yang diperlukan ke sana hanya sekitar 15 menit. Disanalah gerbang menuju pantai Tegar Putri. Dari pelabuhan PT. PARI, jaraknya menuju Telaga putri juga tidak jauh, hanya beberapa meter. Ini alternatif khusus jika anda ke lokasi dengan menggunakan kapal atau perahu.

Untuk pergi ke sini, sebaiknya pengunjung membawa kendaraan sendiri. Transportasi umum yang khusus ke lokasi memang tidak ada. Tapi anda harus hati-hati. Karena Jalanan kesini tidak mulus semua. Akses jalan yang berbatu dan berpasir masih ada disini.

Tiket masuk

Tarif untuk masuk ke Tegar Putri ini tidak begitu mahal. Untuk pengunjung dewasa dan anak-anak, harga tiket masuk ke dalam kawasan dibedakan. Bila ingin menikmati pantai sepuasnya, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000 per orang. Itu adalah tarif khusus untuk dewasa.

Sedangkan, anak-anak hanya setengah harga dari pengunjung dewasa yaitu Rp. 5000 per orang. Uniknya, anda tidak akan dikenakan biaya parkir khusus. Tarif untuk tiket masuk sudah termasuk ke dalam biaya parkir. Jadi, obyek wisata ini memang termasuk murah.

Pesona Pantai Tegar Putri

Tegar putri termasuk pantai masih baru. Dibukanya baru dua tahun, yaitu awal tahun 2016 di bulan Januari. Jadi, pengunjung tempat ini tidak begitu banyak. Apalagi lokasinya termasuk paling jauh dibandingkan kawasan lain yang dihubungkan oleh jembatan Barelang.

Seperti kebanyakan pantai yang berada di pulau, Tegar putri merupakan tempat menawan. Areanya termasuk masih alami dan teduh. Udaranya belum begitu tercemar. Karena itulah air lautnya masih jernih pertanda pantai ini memang bersih. Pasirnya sangat halus dan lembut ketika dipijak oleh kaki.

foto by pejalansingle.com

Tegar putri termasuk pantai yang indah ketika dipandang dan dinikmati. Garis pantainya cukup panjang. Suasana di sekitar tempat ini pun juga nyaman. Banyak pohon besar masih tumbuh dilingkungan sekitar pulau. Karena itulah cuacanya juga cukup sejuk ketika berada dibawah naungan pohon.

foto by akutwibowo.com

Pantai ini masih tergolong ke dalam jenis daratan tepi laut dengan kondisi landai. Meskipun ada beberapa bagian memiliki batu karang yang cukup tajam, namun masih dalam kategori aman. Tempat tersebut sangat nyaman untuk aktivitas berenang. Terutama ketika air laut sedang pasang. Sehingga anda tak perlu beranjak begitu jauh untuk melakukan kegiatan ini.

foto by pictame.com

Namun, beda hal nya jika air laut sedang tidak pasang alias surut. Anda harus berjalan menuju tengah laut untuk mendapatkan air yang cukup untuk aktivitas berenang. Jika pengunjung pergi rekreasi membawa keluarga terutama anak-anak, mereka harus membawa mereka ke bagian yang tidak ada karang. Yaitu bagian tengah dari garis pantai Tegar Putri.

foto by livejournalofasad.com

Selain itu, Orang tua yang membawa anak pun akan nyaman untuk beristirahat sambil memperhatikan mereka bermain dari jauh. Apalagi, suasana di lokasi juga sangat enak untuk membuat anda jatuh tertidur. Namun, anda juga perlu hati-hati, meskipun kondisi pantai tidak begitu mengancam. Terutama jika berkaitan dengan anak-anak.

Fasilitas yang tersedia

Meskipun masih baru, fasilitas yang disediakan untuk pengunjung benar-benar telah lumayan lengkap. Fasilitas utama untuk sebuah tempat wisata telah tersedia dan bisa digunakan. Tempat parkir yang disediakan oleh pengelola sangat nyaman.

Lokasinya tidak begitu jauh dari pantai untuk tempat bermain. Anda bisa dengan mudah membawa berbagai perlengkapan untuk wisata menuju pantai. Areanya pun teduh karena berada dibawah naungan pohon besar
Selain itu, fasilitas untuk kebutuhan utama sudah cukup lengkap. Anda bisa menemukan toilet, kamar mandi untuk bilas, mushalla dan juga ada warung untuk membeli snack dan minuman di sekitar lokasi.

foto by eritadariapril.blogspot.co.id

Di sepanjang pantai, juga telah ada beberapa tempat sampah yang cukup memadai untuk pengunjung. Pengunjung pun tak sulit menemukan tempat untuk membuang sampah yang mereka hasilkan selama berada di pantai. Selain menambah kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, pantai ini juga bersih karena pengunjung dan pengelola sama- sama menjaga anugrah yang diberikan alam.

Kemudian, ada gazebo yang bisa di sewa dan banyak terdapat disini. Biaya sewa untuk tiap gazebo adalah sebesar Rp. 50.000. Pengunjung pun bisa menghabiskan waktu bermain dipantai dengan lebih nyaman jika menggunakan gazebo.

foto by akutwibowo.com

Comment

News Feed