10 Gambar Alun Alun Engku Putri Kota Batam Center + Ada Jadwal Konser Event Acara Apa?

Lokasi: Jl. Engku Putri, Tlk. Tering, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup:
Telepon:

foto by instagram.com/alimarufalee/

Liburan merupakan momen paling dinanti oleh banyak orang. Banyak sekali kegiatan yang tidak bisa dilakukan di hari biasa, namun ketika musim liburan semua aktivitas tersebut dapat dipenuhi. Kegiatan paling ingin dilakukan, khususnya anak-anak yaitu berwisata ke tempat menarik.

Salah satu daerah yang memiliki banyak lokasi menarik dan menawan di Indonesia adalah Kepulauan Riau. Apalagi, mayoritas alamnya adalah laut dengan pulau-pulau sungguh menakjubkan untuk dijelajahi. Namun, ada tempat menarik lain dan terjangkau untuk disinggahi. Terutama, jika waktu anda tidak cukup dalam menelusuri keindahan daerah kaya oleh gugusan pulau ini.

Lokasi tersebut berada di daratan paling besar kepulauan Riau. Intensitas aktivitas penduduknya juga tinggi. Tempat tersebut berada di Pulau Batam. Berwisata ke pulau ini atau sekedar singgah , sayang rasanya jika tidak berkunjung ke tempat terkenal di Batam. Apalagi lokasi tempat tersebut sangat strategis dan terletak di pusat kota.

Tempat wisata menarik tersebut adalah alun-alun Engku Putri. Alun-alun ini merupakan objek wisata sangat penting di kota Batam. Tempat itu dianggap sebagai ikon dari kota pulau ini. Biasanya, penduduk lokal melakukan kegiatan apapun di tempat tersebut.

foto by menixnews.com

Fasilitasnya sangat lengkap dan sesuai dengan kebutuhan penduduk kota. Anda bisa menemukan berbagai komunitas berkumpul disini. Mereka melaksanakan berbagai aktivitas dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan dalam alun-alun. Aktivitas mandiri pun bisa dilakukan seperti berolahraga ringan, duduk, berkumpul, dan sebagainya.

foto by tribunnews.com

Rute menuju Lokasi

Alun Alun Engku Putri berada di dalam kawasan center pemerintahan dari kota Batam. Hampir semua aktivitas pemerintah maupun yang berhubungan dengan ekonomi terletak disini. Tepatnya, alun alun ini berada di depan kantor walikota.

Rute menuju lokasi tidak akan sulit. Pendatang masih baru di kota Batam pun tak akan mudah tersesat bila mencari lokasi alun-alun. Jika anda ingin ke pulau Batam, banyak cara alternatif untuk sampai ke sini. Ada dengan jalur laut melalui pelabuhan. Ada pula Jalur udara dengan menggunakan pesawat.

Dari pelabuhan atau Bandara, berkendaralah lewat jalur darat menuju kota Batam. Anda bisa menggunakan angkutan umum yang bisa langsung menuju kota Batam. Tapi, angkutan ini hanya beroperasi pada waktu yang telah ditentukan. Biasanya, waktu kesediaan angkutan ini untuk mengangkut penumpang hanya dari pukul 8 pagi sampai jam 5 sore.

Oleh karena itu, anda harus cepat jika berencana menggunakan angkutan umum. Lewat dari jadwal, anda harus menemukan cara sendiri untuk mencari transportasi darat aternatif agar sampai dengan lancar ke pusat kota.

Tiket masuk

Tak ada pungutan wajib atau tarif ketika masuk ketika berada di alun-alun. Objek wisata ini memang disediakan khusus oleh pemerintah untuk umum. Fungsinya yaitu memberikan wadah untuk berbagai aktivitas yang dilakukan oleh warga kota. Tak hanya warga kota, pendatang pun bisa menggunakan semua fasilitas tersebut. Waktunya pun bebas, anda bisa datang kapanpun

Keunikan alun alun

Kebanyakan, setiap kota dalam satu kawasan memiliki sebuah alun-alun. Karena itulah, alun-alun seperti tempat untuk disinggahi sebelum beranjak ke lokasi lain. Arsitekturnya pun unik-unik dan menawan. Tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan ciri khas dari kota tersebut.

Batam juga memiliki alun-alun. Alun-alun kota Batam dikenal dengan nama Engku Putri ini memiliki gaya unik dalam tata bangunannya. Ada gambaran seperti bintang ditengah latar dari alun-alun. Alun-alun ini juga memiliki ragam warna cantik kalau dipandang.

foto by mapio.net

Jika dilihat kondisi sekitar alun-alun, gaya bangunan diusung termasuk segar. Apalagi, lokasi ini dikelilingi oleh berbagai bangunan pemerintah dan gedung penting lain kota Batam. Kesan kaku dan kolot tidak akan anda bayangkan ketika berada didalam. Karena itulah, kawasan dalam alun-alun sangat disukai oleh berbagai kalangan terutama kawula muda.

Sejujurnya, tak ada yang bisa dikenang untuk alam disekitar alun-alun ini. Keberadaannya ditengah sebuah kota. Kita juga tak akan bisa menyaksikan pemandangan hijau dari alam disini. Namun, ada panorama unik akan membuat anda tersenyum dan jarang terlihat didaerah perkotaan. Keindahan langit saat senja membuat mata tertawan dalam pesonanya.

foto by mapio.net

Lembayung senja di kota ini benar-benar cantik. Banyak pegunjung kesini menyaksikan dan mengambil foto untuk disimpan jadi kenangan. Tapi resolusi kamera juga perlu dilihat, agar gambar yang dihasilkan sesuai dengan harapan.

selain itu, ada tempat lain untuk obyek foto di sekitar alun-alun. Mesjid raya yang terletak diseberang alun-alun banyak dijadikan fokus kamera oleh pengunjung. Mesjidnya termasuk cantik sehingga layak diabadikan dalam lensa kamera.

foto by mapio.net

Hampir semua aktivitas warga kota berjalan disini. Aktivitas resmi dari pemerintah atau lembaga tertentu seperti upacara, pelaksanaan event, sholat hari raya umat Islam dan acara resmi lainnya selalu dilakukan di alun-alun. Selain itu, fasilitas disini sangat mendukung hampir olahraga apapun. Tempat bermain yang berisi wahana khusus anak-anak juga ada.

Setiap tahun, ada event dan konser yang dilakukan didalam alun-alun. Tahun baru 2018 pun pemerintah Batam juga melakukan hal sama. Mereka mengundang berbagai kalangan dan dihadiri oleh Walikota beserta wakilnya. Konser menyambut tahun baru tersebut dimeriahkan oleh penampilan artis dari Ibu kota negara Indonesia.

foto by yotagram.com

Beberapa arena sengaja dibuat khusus untuk kegiatan tertentu. Seperti arena bermain skateboard, basket, futsal. Uniknya, disini juga disediakan area khusus berupa dinding untuk olahraga panjat tebing. Karena itulah, lokasi ini merupakan tempat wajib bagi anak muda Batam. Fungsinya sebagai wadah berkumpul sesuai dengan konsep sebuah ruang pada masyarakat modern.

foto by youtube.com

Bila anda ingin mencari tahu agenda anak muda di Batam, atau turut bergabung dengan mereka, alun-alun adalah tempat tepat untuk mendapatkan hal itu. Apalagi iklim disini tidak sama dengan di Jakarta meskipun termasuk daerah perkotaan. Udaranya masih cukup bersih sehingga masih cocok untuk aktivitas luar ruangan.

Selain area dengan fasilitas olahraga, ada kegiatan olahraga lain bisa anda lakukan. Seperti jogging, catur, senam, tenis meja, bulu tangkis, dan olahraga ringan apapun. Bahkan, disini ada kegiatan senam secara teratur dipagi dan sore hari untuk masyarakat umum.

Jika berniat untuk membuat acara seperti mengadakan acara kumpul-kumpul, anda harus meminta izin terlebih dahulu karena banyak pengguna lain disini. Ada pihak yang diberikan wewenang dalam pengurusan izin. Setelah izin keluar, baru acara tersebut bisa diadakan.

Tempat seperti ini sangat membantu dalam membuat kegiatan apapun. Apalagi jika anda tergabung dalam sebuah komunitas. Kemudian membutuhkan ruang cukup luas dalam membuat event berkaitan dengan komunitas tersebut.

Fasilitas yang tersedia

Alun-alun ini memiliki fasilitas sangat lengkap. Apapun aktivitasnya atau hanya sekedar jalan santai, kawasan ini adalah lokasi paling cocok. Disebelah utara alun alun, ada lapangan khusus untuk futsal dan basket.

Disebelah lapangan tersebut ada arena skatepark. Arena skatepark ini biasa digunakan oleh anak-anak skater Batam yang tergabung dalam komunita BASCOM. BASCOM merupakan kependekan dari Batam Skater Community.

foto by menixnews.com

Disebelah barat kawasan ini, ada area khusus yang biasa digunakan oleh anak-anak penyuka kegiatan di alam. Fasilitasnya berupa climbing wall yang berfungsi untuk latihan panjat tebing. Selain itu, ada lagi taman internet yang tersedia untuk semua pengguna. Taman ini bisa dipakai dengan bebas selama 24 jam tanpa batas waktu.

Disekitar alun-alun, ada berbagai gedung untuk menyokong kegiatan dan pertumbuhan kota Batam. Gedung tersebut berupa fasilitas berbelanja yang disebut Mega Mall Batam Centre. Kemudian ada pelabuhan yang dinamakan Batam Centre Fery Terminal dan tempat ibadah berupa Masjid raya Batam lengkap dengan asrama haji.

Jika ingin menikmati center kota Batam secara langsung, ada Harris Hotel yang berdiri megah dan terlihat jelas dari dalam kawasan alun-alun. Anda bisa menginap dan bermalam disini. Jaraknya juga tidak jauh dan bisa diakses hanya dengan berjalan kaki. Anda bisa memesan kamar kapan saja disini. Hotel yang lain pun bisa anda temukan di sekitar kawasan ini. Tentu saja sesuai dengan kebutuhan.

foto by expedia.com.my