by

Harga Tiket Masuk Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, Wisata Kolam Renang Waterboom, Penginapan Cottage + Fasilitas Taman

-berita-3,599 views

Lokasi: Jalan Yos Sudarso Nomor 1, Desa Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45111
Map: Klik Disini
HTM: Rp50.000-65.000,-.
Buka/Tutup: 06.00-21.00
Telepon: (0231) 8293194

foto by tempat.co.id

Sekarang objek wisata berupa taman bermain air cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Salah satu yang terbaik ada di Bogor, yakni The Jungle Water Adventure. Sesuai namanya, kawasan ini merupakan area bermain air di tengah hutan.

Suasananya sangat rindang dan asri karena berada di bawah pepohonan hijau. Wahana yang ditawarkan cukup banyak, yaitu spiral slide, tube slide, racer slide, Lazy Mahakam River, Kawah Ratu, 3D Cinema, Rumah Hantu dan Bird Park.

Di Cirebon sendiri, ada waterpark yang bernama Ciperna. Tempat rekreasi tersebut memiliki berbagai wahana menarik, seperti flying fox, papan panjat, trampolin, mandi bola, bebek gowes dan masih banyak lagi. Ada pula kebun binatang mini yang menampung beberapa hewan, di antaranya kera, biawak, ular, ayam hutan dan ayam kalkun.

foto by akmasuatan.wordpress.com

Selain Ciperna, destinasi terbaru yang tidak kalah seru adalah Cirebon Waterland. Berada di tepi pantai utara Kota Cirebon, objek wisata ini menyuguhkan pemandangan laut yang indah. Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat water adventure dan rumah makan serta penginapan berkonsep unik.

foto by hargatiketmasuk.info

Berwisata di Cirebon Waterland

Cirebon Waterland merupakan tempat rekreasi yang memiliki luas area 3 hektar. Objek wisata yang menjadi aset Pemerintah Kota Cirebon ini memberi pengalaman liburan yang menarik.

Ketika memasuki kawasan tersebut, pemandangan yang pertama kali terlihat adalah kolam renang dengan berbagai wahana, seperti waterboom, kolam arus, air mancur, perahu bebek dan lain-lain.

foto by travelingyuk.com

Seusai melewati kolam renang, akan terlihat sebuah kapal raksasa bertuliskan Cheng-Ho, yakni nama pelaut dari China yang terkenal. Sebetulnya, bangunan tersebut adalah sebuah restoran yang menyajikan beragam menu.

Di kanan-kirinya terdapat dermaga yang bisa dilewati untuk menyaksikan panorama laut. Menyusuri dermaga, Anda akan bertemu dengan gazebo yang berada di ujungnya.

foto by travelisio.com

Di dermaga yang terbuat dari bambu inilah biasanya pengunjung mengambil gambar atau foto sebagai kenang-kenangan, karena sangat Instagramable. Tapi, untuk ke sini tidak gratis, Anda harus mengeluarkan kocek sebesar Rp15.000,-.

Setelah puas berselfie, bisa bersantai sambil menikmati sejuknya angin dan pemandangan sunset yang lumayan cantik di gazebo. Jika bosan, pengunjung dapat menyewa kapal nelayan dengan tarif Rp10.000,-/orang (maksimal 10 orang).

Kalau Anda membawa anak kecil, ajak mereka bermain di playground yang dilengkapi pasir putih layaknya di pantai. Atau naik ke miniatur kapal yang terbuat dari kayu melalui tangga serta jembatan rintangan.

foto by kaltim.tribunnews.com

Sejarah Cirebon Waterland

Dulu, Cirebon Waterland dikenal dengan Taman Traffic Garden Cirebon. Tapi, setelah tahun 1966, namanya berubah menjadi Taman Ade Irma Suryani Nasution dan menjadi satu-satunya taman rekreasi di wilayah Cirebon.

Karena kurang menarik, jumlah pengunjung yang datang terus menurun. Untuk mengatasi hal itu, pemerintah setempat memutuskan untuk merenovasi dan mengubahnya menjadi wahana wisata terpadu.

Mulai tahun 2014, objek wisata tersebut dikembangkan menjadi Cirebon Waterland dan diresmikan pada tahun 2015 lalu. Sekarang kondisinya jauh lebih baik dan selalu dibanjiri pengunjung, terutama di hari libur. Semua wahana juga telah diperbarui, sehingga wisatawan betah menghabiskan waktu di sana.

foto by tempat.co.id

Rute Perjalanan ke Cirebon Waterland

Alamat Taman Ade Irma Suryani Cirebon Waterland ada di Jalan Yos Sudarso No. 1, Desa Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Letaknya berdekatan dengan Kantor Bank Indonesia cabang Cirebon.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa melewati pintu gerbang Tol Palimanan Cirebon. Jika berangkat dari Jakarta, silakan mengambil rute Jalan Panglima Soedirman atau Jalan Raya Aryawinangun-Palimanan dan mengikuti arahan dari peta.

Waktu yang diperlukan untuk sampai di lokasi adalah 30-35 menit. Tapi, apabila Anda dari arah Jawa Tengah, bisa melalui Jalan Pantura. Jarak tempuhnya sekitar 32 km dengan lama perjalanan 40 menit.

foto by naikonline.id

Harga Tiket Cirebon Waterland

HTM (Harga Tiket Masuk) tempat berlibur yang buka dari jam 06.00-21.00 itu adalah Rp50.000,- untuk hari biasa dan Rp65.000,- untuk weekend. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak telp Cirebon Waterland di (0231) 8293194.

Akomodasi di Cirebon Waterland

Sebagai objek wisata terpadu, Cirebon Waterland tentu memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk penginapan. Terdapat resort unik dengan bentuk menyerupai rumah apung yang ada di Gorontalo dan Pulau Cinta, yakni Seaview Cottage Cirebon Waterland. Cottages berjumlah 40 buah tersebut berada dalam satu wilayah dengan objek wisata.

Tarif sewanya bervariasi, tergantung tipe dan fasilitas yang ditawarkan, seperti:

1. Pool View Cottage. Menyediakan kamar seluas 63 meter persegi dengan teras atau balkon, satu double bed, meja, AC, TV, kamar mandi pribadi dan perlengkapannya, shower, air panas, kolam renang serta ruang bebas asap rokok. Selain itu, pengunjung juga mendapat pelayanan lain berupa sarapan gratis, coffee atau tea maker dan air minum kemasan. Untuk menginap di sini, biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp1.500.000,-/malam.

2. Sea View Cottage. Mempunyai luas kamar yang sama dengan Pool View Cottage dengan balkon atau teras. Di dalamnya terdapat satu double bed, meja, TV, AC, ruang bebas asap rokok, kamar mandi pribadi dan peralatannya, shower serta air panas. Layanan lainnya adalah sarapan gratis, air minum kemasan dan coffee/tea maker.
Jika tipe sebelumnya dilengkapi kolam renang, penginapan ini menyuguhkan pemandangan laut. Tidak heran bila harga sewa Sea View Cottage lebih mahal, yakni Rp1.700.000,-/malam.

3. Suite Family Cottage. Sesuai namanya, tempat menginap ini dikhususkan untuk keluarga atau pengunjung yang datang dengan rombongan. Pasalnya, Suite Family Cottage dilengkapi kamar seluas 252 meter persegi dengan empat double bed. Ruangan seharga Rp4.000.000,-/malam tersebut menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari meja, TV, AC, sarapan, air minum kemasan, coffee/tea maker, kamar mandi pribadi beserta perlengkapannya, air panas dan shower.Selain itu, ada pula balkon dan ruang bebas asap rokok.

Harganya memang kurang bersahabat dengan kantong, tapi mengingat sarana dan prasarana yang didapat, serta pemandangan laut di sekitar cottage sangat indah, tarif tersebut cukup worth it.

Apalagi, hotel itu masih dilengkapi fasilitas pendukung, seperti layanan kamar dan keamanan 24 jam, restoran, area parkir, jasa penitipan bagasi, aula, ruang keluarga, Wi-Fi dan sebagainya.

Banyak wisatawan yang puas ketika menginap di cottage dengan ornament kayu ini. Sebab, pemandangan sekitar, terutama di senja dan malam hari benar-benar romantis. Jadi, sangat direkomendasikan bagi pasangan yang ingin berbulan madu.

foto by reportaseharga.com

Kini Cirebon Waterland tidak hanya diserbu oleh masyarakat Cirebon, melainkan wisatawan dari berbagai kota di Nusantara. Beraneka wahana dan fasilitas yang ditawarkan menjadi daya tarik tempat ini. Sayang jika tidak dicoba karena sangat seru dan recommended bagi yang mencari destinasi liburan bersama keluarga.

foto by catatannobi.com

Comment

News Feed