oleh

10 Foto Puncak Darma Ciletuh Sukabumi Ciwaru, Dimana Jalur Jalan Menuju Lokasi?

Puncak darma ciletuh sukabumi geopark ciwaru dharmahusada damar jatigede jampang jawa barat sumedang girimukti ujung genteng dimana dharma husada alamat apartemen drama aspirasi ciemas ketinggian curug disebut foto gambar hamdan zoelva surabaya ekspirasi jalur jalan kuntilanak keindahan perjalanan rute lokasi mitos poto pemandangan peta pantai wisata sunrise menuju bunga manik sejarah
Selfie di area puncak. Foto: sportourism.id

Lokasi: Jl. Puncak Darma, Girimukti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat 43177
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon:

Sukabumi yang terletak didaerah Jawa Barat ternyata memiliki keindahan dan juga pesona alam tersendiri dengan kemampuan untuk memanjakan para wisatawan atau turis yg berkeinginan menikmati panorama di sini. Ada beberapa obyek wisata yg bisa dikunjungi oleh para turis ketika berada di kota yang sangat terkenal dengan keindahan wanita serta masyarakat di sini.

Salah satu obyek wisata alam dimana mempersembahkan kekayaan alam serta keindahan panorama yg bisa dinikmati di sini adalah area Puncak Darma. Sudah menjadi rahasia umum bahwa di sini memiliki keindahan serta pesona alam nan eksotis. Tentu saja menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para penggemar travelling.

Foto dengan Panorama Eksotis. Foto: ridwanderful.com

Menilik Puncak Darma

Lokasi wisata Puncak Darma ini memang kurang memiliki fasilitas yg sangat komplit atau lengkap untuk memanjakan para turis. Pasalnya di sini merupakan area hutan liar dengan banyaknya pepohonan di sekitar kawasan tersebut. Praktis para turis yg membawa kendaraan sendiri ketika mengunjungi hutan tersebut harus berjuang keras terlebih dahulu untuk menuju ke area puncak.

Tidak adanya area parkir di sekitar pos awal pendakian ini memang memberikan bukti bahwa para pengunjung harus menjalani serta melalui jalur yang cukup terjal guna menuju ke Puncak Darma tersebut. Memang sudah menjadi rahasia umum jika jalur ini memiliki kontur cukup sulit.

Papan Petunjuk di Puncak Darma. Foto: cumilebay.com

Nama Puncak Darma yg juga merupakan nama sebuah properti apartemen yaitu Dharmahusada di Surabaya ini menjadi salah satu bagian dari taman rekreasi wisata Geopark Ciletuh. Lokasi dan alamatnya sendiri berada di jalan Puncak Darma daerah Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Puncak Darma memang bukan hanya di Sukabumi saja. Di Sumedang ada pula di daerah Jatigede akan tetapi namanya adalah Puncak Damar. Obyek wisata di Sukabumi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveller seperti jurnalis, blogger hingga ilmuwan yang sering diundang oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat guna melihat serta melakukan penelitian di daerah Geopark Ciletuh.

Panorama pantai di atas bukit. Foto: trivindo.com

Ada banyak kisah mitos, sejarah hingga cerita mistis mengenai kuntilanak ketika mendaki ke area perbukitan tersebut. Dan hal ini sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat setempat serta para pendaki yg gemar menikmati pemandangan alam tersebut.

Berfoto di area puncak. Foto: trivindo.com

Perjalanan menuju ke Puncak Darma

Kawasan hijau ini memang sebuah puncak dengan lokasi berada di ketinggian tertentu di atas permukaan laut. Sehingga para wisatawan bisa melihat serta menyaksikan keindahan pesona dari area perbukitan secara langsung dan juga bisa menikmati keindahan dari Geopark Ciletuh. Dari sini para wisatawan bukan hanya bisa menikmati suasana hijau saja. Udara yg sejuk serta segar tentu saja bisa membuat ekspirasi paru-paru menjadi lebih mudah dan segar. Sebuah hal yg jarang ditemui di kota besar.

Bergaya di atas bukit. Foto: cumilebay.com

Rute menuju dan mendaki ke area ini memang cukup rumit. Para turis harus melalui jalur Jampang Kulon dan Ujung Genteng. Dan tidak bisa sembarangan kendaraan digunakan menuju ke sini. Dengan pemandangan serta panorama lautan lepas dan juga pulau-pulau kecil seperti Pulau Kunti, Pantai Palangpang hingga Teluk Ciletuh memang menjadi daya tarik tersendiri.

Ada pula area pematang sawah nan hijau dengan keindahan menyegarkan mata serta bukit-bukit hingga area air terjun atau curug nan mempesona. Di sini juga sudah disediakan spot menarik serta menyenangkan untuk berfoto atau poto dan mengambil gambar.

Keindahan area Puncak Darma. Foto: trivindo.com

Keindahan Pemandangan Puncak Darma

Jika para pelancong ingin mengunjungi area ini bisa mampir terlebih dahulu ke area Curug Sodong Kembar. Pasalnya tempat ini berdekatan dengan Puncak Darma dan searah menuju ke kawasan tersebut. Hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit saja guna menuju ke sini. Selama perjalanan para turis akan ditantang adrenalin mereka guna melalui jalanan sempit, jelek, dengan tambahan bebatuan nan curam.

Selama perjalanan tersebut bisa pula menggunakan aplikasi Google Map untuk mencari peta ke arah obyek wisata tersebut. Selama perjalanan menuju ke obyek wisata dimana berdekatan dengan Puncak Bunga Manik tersebut, para turis akan melalui jalur persawahan dan juga area ladang masyarakat di sekitar Girimukti. Selain itu ada pula jurang dengan kontur sangat terjal. Praktis membuat para turis akan diuji mental serta nyali mereka di sini.

Berfoto dengan latar belakang bukit. Foto: tripadvisor.com

Perjalanan tersulit tentu saja adalah ketika menuju ke area paling atas dari perbukitan ini. Pasalnya jalur ini menanjak dengan banyaknya tikungan-tikungan tajam. Belum lagi dengan kondisi jalanan yg belum begitu bagus. Hanya mobil dengan mesin 4WD seperti Jeep dan juga Land Rover yg bisa melalui jalur ini. Mobil-mobil jenis city car sudah pasti harus berhenti di area parkir dan berjalan kaki yg sangat jauh dan lama.

Ada pula jasa ojek di sekitar area parkir dengan tarif sekitar 60 ribu. Mobil dengan mesin 4WD tentu saja sudah sangat hafal dan mahir dengan medan perjalanan tersebut. Para penumpang tentu saja tidak perlu khawatir terbalik ketika melalui jalan dengan bebatuan besar di area tersebut. Praktis hanya perlu menahan diri agar tidak mual akibat goncangan selama menuju ke area puncak.

Suasana alam nan eksotis. Foto: terbitsport.com

Ketika berada di bagian atas dari taman wisata ini tentu saja para pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan panorama eksotis dari atas bukit. Di sini sudah tersedia beberapa warung makan milik masyarakat setempat guna memanjakan para pelancong yg datang ke sini. Biasanya para wisatawan mengincar momen seperti sunrise dan sunset. Tidak heran pula ada yg berani berkemah di sini meski banyak cerita horor beredar.

Di area Puncak Darma ini para pelancong bisa melihat kapal besar disebut kapal tongkang dimana kerap digunakan untuk mengangkut batubara hingga barang-barang lainnya. Ada pula kapal nelayan yg bisa dilihat dari ketinggian. Suasana ketika sunset memang lebih mempesona lagi. Disarankan pula bahwa mengunjungi area ini ketika musim kemarau. Sehingga sinar matahari bisa memberikan keindahan pesona ke puncak tersebut. Seolah menghiasi drama kehidupan nan indah. Sementara jika musim hujan memang matahari akan tertutup awan.

Panorama eksotis di Puncak Darma. Foto: tripadvisor.com

Tidak jauh dari puncak ini sudah ada pantai Pasir Putih nan menggoda. Para turis biasanya akan menuju ke area pantai ini dari Puncak Darma. Bagi para pelancong yg hendak menuju ke pantai ini harus turun terlebih dahulu melalui jalur yg sama. Jika tidak mau repot menggunakan mobil, bisa menyewa jasa ojek.

Sekarang ini kawasan wisata Puncak Darma ini menjadi salah satu incaran para turis. Pasalnya di sini kerap digunakan sebagai tempat untuk olahraga paralayang. Tidak heran pula banyak para turis berkemah di sekitar area tersebut. Akan tetapi semua peralatan seperti tenda hingga sleeping bag harus disediakan sendiri. Pasalnya tidak ada jasa penyewaan tenda dan lainnya. Selain menikmati paralayang, tentu saja mengejar keindahan sunrise menjadi incaran para turis. Sebuah aspirasi nan menarik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed