Jalan Menuju Bukit Gantole Wonogiri, Lokasi Menara + Pemandangan Indahnya Sunset Sunrise

Bukit gantole wonogiri lokasi menara jalan menuju alamat sunset youtube peta kabupaten jawa tengah atas arah arena akses bawah dari solo tempat olahraga daerah filter foto gambar gunung gapura harga htm instagram indahnya sendang ketinggian kecamatan koordinat landasan lapangan mitos maps misteri paralayang puncak pemandangan rute sejarah sunrise tinggi taman tanjakan tentang tebing wisata waduk tiket masuk
Bukit Gantole Wonogiri, foto: wisataarea.com

Lokasi: Sendang, Wonogiri Sub-District, Wonogiri Regency, Central Java 57615
Map: KlikDisini
HTM: Rp.2.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00-18.00
Telepon: 00816-612-110

Provinsi Jawa Tengah ternyata menyimpan banyak potensi pariwisata yang eksotis. Kebanyakan tempat wisata yang ada berupa keindahan alam murni dan tempat yang memiliki nilai sejarah dan religi. Salah satu daerah yang dapat dijadikan sebagai referensi adalah Kabupaten Wonogiri.

Kabupaten Wonogiri yang terletak di sebelah pucuk timur dari Jawa Tengah ini memiliki tiga wisata utama eksotis yang disuguhkan untuk pengunjung lokal maupun luar kota. Tiga wisata tersebut adalah Waduk Gajah Mungkur, Pantai Ngampu, dan Bukit Gantole yang sekarang menjadi salah satu tujuan para pemburu sunset dan penggila selfie di tempat-tempat tinggi.

keindahan pemandangan dari atas bukit, foto: panorlens.com

Mungkin bagi anda yang tidak suka tantangan seperti mendaki, tempat ini tidak terlalu menarik. Namun jangan keliru, tempat ini menjadi salah satu lokasi berlatih olahragawan gantole mulai dari pemula hingaa profesional. Anda tidak perlu merogoh banyak kocek ke luar negeri untuk menikmati keindahan alam saat menaiki payung gantole seperti yang ada di dunia maya. Dimana anda bisa mendapatkan pengalaman tersebut di Bukit Gantole Wonogiri.

Daya Tarik Bukit Gantole

Bukit Gantole memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Anda dapat melihat hamparan pemandangan cantuk dibawah anda dari tempat ini. Anda juga dapat melihat Waduk Gajah Mungkur karena lokasinya yang berdekatan. Bukan hanya landasan gantole saja yang bisa anda kunjungi. Ada beberapa tempat menarik dengan panorama yang tidak kalah indah. Ada beberapa lokasi tertentu yang telah disediakan oleh pengelola wisata setempat, sehingga meskipun berada di puncak, anda tetap dapat menikmati pemandangan dengan nyaman.

landasan gantole, foto: kotabungavilla.files.wordpress.com

Sebenarnya wisata gantole di Kabupaten Wonogiri ini telah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Namun, baru akhir-akhir ini pemerintah dan warga setempat mulai memperhatikan dan mengembangkannya. Anda dapat melihat adanya bangunan dari beton yang mulai menutupi beberapa tempat di kawasan puncak Wisata Gantole Wonogiri. Meskipun dari segi fasilitas, wisata gantole ini masih tergolong minim, namun tidak sedikit wisatawan yang datang dan menikmatinya.

Pada awalnya, Bukit Gantole Wonogiri terletak di Dusun Prampelan. Puncaknya bernama Watu Cenik. Dalam bahasa Jawa, watu berarti batu, sedangkan cenik berarti sendiri. Jika keduanya digabungkan maka berarti sebuah batu yang berada sendiri di atas bukit. Landasan gantole awalnya hanya berupa kayu. Lama-kelamaan para altet menganggap tempat ini kurang aman untuk peluncuran gantole sampai tim menemukan lokasi yang lebih tinggi dan nyaman. Lokasi bukit Gantole 1 ini terletak di Desa Sendang. Hingga saat ini, wisata Watu Cenik kerap dijadikan sebagai salah satu tempat wajib untuk selfie dengan pemandangan yang begitu indah.

keindahan alam wonogiri dari ketinggian, foto: ngadem.com

Pada desa yang sama, lokasi peluncuran selanjutnya atau yang lebih dikenal debagai Wisata Gantole Wonogiri 2 berada di Dusun Kembang. Lokasi peluncuran gantole ini ditemukan sekitar tahun 1990. Puncak peluncuran 2 lebih dikenal dengan nama Bukit Joglo. Tempat inilah yang sering anda dengar sebagai Wisata Gantole Wonogiri 2. Di tempat inilah anda dapat menyaksikan kegiatan para atlet gantole melakukan kegiatan mereka mulai dari persiapan hingga penerbangan secara langsung dan cukup dekat.

Sunrice dan Sunset di Bukit Gantole Wonogiri

Wisata Bukit Gantole Wonogiri memang sebuah kawasan yang ditujukan untuk melakukan olahraga gantole yang bisa kita lihat dari landasan untuk peluncurannya. Dari landasan itu pula kita bisa melihat alam Wonogori yang masih alami. Di sini anda akan puas berselfie ria. Selain berfoto-foto, banyak dari wisatawan yang datang ke tempat ini hanya untuk nongkrong atau sekedar relaksasi. Hembusan angin sepoi-sepoi dari atas bukit dicampur dengan pemandangan yang cantik bisa membuat mood dan pikiran membaik.

keadaan di sekitar tempat wisata, foto: bakpiamutiarajogja.com

Kegiatan di bukit ini ternyata tidak hanya terjadi di siang hari. Setelah menikmati pertunjukan para atlet terbang dengan gantole mereka pada siang hari. Ternyata bukit ini tidak kalah ramai saat senja mulai datang. Waktu terbaik bagi para wisatawan pencari keindahan sunset adalah antara pukul 5 dan 6. sedangkan untuk mencari momen sunrise anda dapat datang saat pukul 05.30 pagi. Bukit Gantole ini dikenal dengan pemandangan sunset dan sunrise yang luar biasa indah. Perpaduan gambaran alami dari warna langit yang jingga ditambah pepohonan hijau di bawah anda akan menjadi salah satu momen tak terlupakan pada saat sunset. Tak elak banyak yang mengambil gambar untuk menjadi kenang-kenangan dan bukti pernah datang ke tempat ini.

Setelah puas berada di landasan peluncuran gantole satu dan Watu Cenik. Perjalanan selanjutnya akan menuju ke landasan gantole dua yang lebih tinggi. Landasan ini lebih kokoh dan aman daripada landasan satu karena terbuat dari cor beton bukannya papan kayu seperti pada landasan satu yang lebih rendah. Namun perlu diingat untuk para pengunjung untuk tetap berhati-hati karena kemiringan yang cukup curam pada landasan ini dan juga jurang yang ada di bawahnya.

area landing gantole, foto: gosipartisdangdut.blogspot.co.id

Setelah memarkirkan kendaraan, para wisatawan akan berjalan beberapa anak tangga dan akan menemui beberapa warga lokal yang memang menjajakan makanan dan minuman ringan sehingga bisa menjadi salah satu tempat untuk istirahat sejenak di gazebo sambil menikmati hidangan yang telah dibeli.Kalian para muslim traveller tidak usah khawatir sholat kalian terganggu, karena selain makanan dan minuman, fasilitas yang tersedia di Puncak Joglo atau landasan Gantole dua ini adalah musholla dan toilet umum.

Setelah jalan menaiki tangga di sebelah kiri terdapat tulisan Puncak Joglo yang terbuat dari seng dan tertempel pada tembok. Setelah lanjut menaiki beberapa anak tangga lagi maka anda akan sampai pada Puncak Joglo yang sesunggugnya. Puncak ini telah tersedia tempat duduk yang terbuat dari cor semen dengan atap seng untuk tempat istirahat sejenak atau menikmati pemandangan dari atas. Pada landasan gantole yang miring terdapat tulisan Wonogiri disertai logo RedBull atau yang lebih dikenal kratingdaeng di Indonesia sebagai sponsor. Di landasan ini anda dapat melihat Waduk Gajah Mungkur bak lautan yang luas, atau mungkin berselfie ria. Namun tetap ingat untuk berhati-hati karena landasan yang cukup curam dan miring.

keindahan sunset di puncak bukit, foto: yukpiknik.com

Lalu setelah puas berada pada Puncak Joglo, perjalanan akan lanjut menuju Menara Pandang Soko yang sebenarnya sudah terlewati saat menuju Puncak Joglo. Namun untuk kenyamanan sebaiknya memang dimulai dari Gantole satu lalu Watu Cenik dan dilanjutkan menuju puncak Joglo baru Menara Pandang Soko Gunung 1 dan 2.

Setelah para wisatawan sampai di tempat parkir Soko Gunung maka perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalanan sekitar 15 menit dengan track yang menanjak untuk sampai pada Puncak Menara Pandang Soko Gunung yang memiliki ketinggian 780 meter di atas permukaan laut. Jalan menanjak dengan struktur tanah yang dibentuk seperti anak tangga dan diberi bambu sebagai pijakan kaki serta pegangan agar pengunjung dapat lebih aman saat menaikinya. Pada para pengunjung diharapkan untuk tetap berhati-hati karena jalanan yang dilalui kadang kala akan menjadi licin ketika basah.

pemandangan waduk gajah mungkur dari ketinggian, foto: taromahmad.blogspot.co.id

Para pengunjung juga dapat bersistirahat sejenak saat merasa lelah di warung yang terletak di sepanjang jalan menanjak tersebut. Menara Pandang 2 akan berada di sebelah kanan anda saat anda naik dengan melewati pohon miring yang menghalangi jalan. Dengan terus naik beberapa meter saja maka anda akan sampai di Menara Pandang 2 yang terbuat dari bambu yang kokoh dengan ujung yang dibentuk menyerupai perahu dan bisa digunakan menjadi salah satu spot untuk berfoto.

Anda juga dapat menemukan beberapa titik batu yang bisa digunakan sebagai spot foto, namun sekali lagi diharapkan untuk tetap berhati-hati dan juga memperhatikan pijakan karena anda berada di puncak dengan jurang di tiap tepinya. Perjalanan akan dilanjutkan ke Menara Pandang 1 yang terletak di sebelahnya dengan menaiki beberapa anak tangga untuk mencapainya.

Menara Pandang 1 tidak seperti yang 2, bentuknya dibuat menjorok tapi tidak dibentuk menyerupai perahu justru hanya dibentuk kotak saja. Namun hal itu tidak mengurangi keindahannya, pada Menara Pandang 1 ini terdapat pula beberapa spot batu yang bisa anda gunakan untuk berfoto. Anda juga dapat berfoto di depan papan yang bertuliskan “Selamat datang Menara Pandang Soko Gunung”.

Lokasi dan Akses Menuuju Bukit Gantole

puncak menara, foto: reservasi.com

Lokasi Bukit Gantole ini terletak di desa Sendang, Wonogiri. Lokasinya memang sedikit tersembunyi dan cukup minim petunjuk. Ketika datang dari arah Solo bukit Gantole dapat dicapai dalam kurun waktu satu setengah jam,sedangkan jika dari Wonogiri hanya akan memakan beberapa menit, maka anda akan menemukan gapura menuju gantole di kanan jalan setelah melewati jembatan di jalan Wonogiri-Pracimantoro sebelum Waduk Gajah Mungkur. Kemudian anda dapat masuk dan mengikuti jalan tersebut. Jika masih bingung dan takut tersesat anda dapat menanyakan posisi Bukit Gantole pada warga setempat.

Harus diperhatikan lagi bahwa jalan menuju Bukit Gantole ini cukup menanjak dan jalannya mengalami kerusakan di beberapa tempat. Akses jalan yang kurang memadai akan anda temukan selama perjalanan karena aspal yang cukup rusak dan terus menanjak. Usahakan untuk menggunakan kendaraan pribadi dengan keadaan yang prima karena perpaduan antara jalanan menanjak, terjal dan sempit akan menguras performa kendaraan juga tenaga anda dengan cepat. Hanya inilah satu-satunya akses menuju ke Bukit Gantole, jadi mau tidak mau anda sebagai pengunjung harus melewati perjuangan yang susah untuk sampai di tempatnya. Namun jangan ragu untuk tetap lanjut karena anda kehilangan rasa lelah dan pegal anda karena terobati oleh indahnya pemandangan dari atas Bukit Gantole tersebut.

olahraga gantole di atas bukit, foto: services.sportourism.id

Tiket Masuk Bukit Gantole

Salah satu daya tarik yang menarik pengunjung datang ke tempat ini selain pemandangan yang sangat bagus adalah biaya yang anda keluarkan tidaklah merogoh kocek anda. Cukup dengan uang sebesar Rp. 2000 saja untuk biaya parkir motor anda. Cukup murah bukan untuk wisata yang tidak bisa dilewatkan begitu saja ini. Jadi tunggu apalagi, coba tantangan baru di Bukit Gantole Wonogiri.