Jadwal Misa Gereja Graha Maria Annai Velangkanni Medan, Jam Buka + Sejarah

Graha maria annai velangkanni jadwal misa gereja velangkani medan sejarah info wiki wikipedia bunda sumatera utara alamat katolik santa khatolik lokasi jam buka jalan menuju angkot ke
Graha Maria Annai Velangkanni, Foto: indonesiatraveller.blogspot.com

Lokasi: Jl. Sakura III No. 7, Perumahan Taman Sakura Indah, Tanjung Selamat, Medan Tuntungan, Kota Medan
Map:
 Klik Disini
Jam Buka/Tutup: 07.00-20.00 WIB
Telepon: (061) 8201943

Berwisata religi dan sejarah di kota multikultural seperti di Medan adalah pilihan yang tepat, karena di sana banyak bangunan-bangunan bersejarah dari berbagai macam agama. Selain dipuaskan oleh makanannya yang enak-enak, pikiran pun dibuat takjub oleh bagaimana zaman dahulu orang-orang sudah bisa membangun sesuatu yang megah dengan peralatan yang terbatas, contohnya Graha Maria Annai Velangkanni yang akan kita ulas secara mendalam disini.

Bangunan Bersejarah, Foto: lihat.co.id

Jalan Menuju Graha Maria Annai Velangkanni

Jika ingin berwisata religi dan sejarah ke Graha Maria Annai Velangkanni ini agar lebih mudah diakses kita mulai dari Merdeka Park medan, lurus terus ke Jalan balikota lalu ambil kiri ke jalan Guru Patimpus medan ikuti jalan sampai ke jalan jendral gatot subroto kemudian belok kiri ke jalan sunggal ikuti terus jalannya belok kiri ke jalan medan tebing tinggi.

Terus telusuri jalannya lalu ambil kanan ke jalan bunga asoka lalu ambil ke kiri ke jalan bunga raya ikuti jalan sampai ketemu ke jalan sakura II tidak jauh dari sisi kiri jalan tersebut sudah sampai ke Graha Maria Annai Velangkanni, jalan ini juga bisa ditempuh dengan Google map arahkan dari dimana titik anda bermula, jika supir angkot tahu jalan menuju kesini anda tidak perlu khawatir akan nyasar.

Jadwal Misa Gereja Graha Maria Annai Velangkanni

Jadwal misa di Graha Maria Valengkanni yaitu: Sabtu, Doa Novena mulai dari jam 17.15, Misa jam 18.00. Minggu tidak ada misa lalu hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat  Doa Rosario dimulai dari jam 17.30, misa nya dimulai jam 18.00. khusus untuk jumat pertama, dilanjutkan lagi dengan agenda Devoti Hati Kudus.

Berwisata Religi dan Sejarah, Foto: youtube.com

Sejarah Gereja Graha Maria Annai Velangkanni

Di Tahun 1991 dibentuk komunitas Kristen dasar yang bernama “Keluarga Besar Umat Katolik Tamil di St. Boneventure’. tahun 1998 Uskup Agung didekati tujuannya untuk membangun aula komunitas. fungsinya untuk mempromosikan kegiatan berpendidikan dan memperluas komunitas. Umat Katolik sangat menghormati Bunda Maria yang terberkati dari Velangkanni, karena hal tersebutlah Orang-orang Tamil pasti datang ke gereja yang dipersembahkan untuk Bunda Maria.

Uskup Agung kota Medan Alfred Gonti sangat mengapresiasi dibangunnya Graha ini, karena dia pernah datang ke Kuil Annai Velangkanni yang berada di India, jadi beliau paham betul bahwa Gereja yang dipersembahkan untuk Bunda Maria ini pasti mempunyai lingkup Jemaat yang berbeda dibandingkan biasanya.

Gereja ini dibangun pada tahun 2001 s/d 2005 hampir selama 4 tahun, dan Pastor James sebagai bapak pembangunan bangunan ini. Tepatnya pada 1 oktober 2005 gereja ini resmi dibuka oleh Uskup Agung Anicetus Antonius, para peziarah dari luar negri pun datang seperti dari India, Malaysia dan Singapore.

Gereja Katolik Annai Maria Velangkani, Foto: sitohanguntuktapanuli.wordpress.com

Wisata Rohani Nasrani Lain di Indonesia

Gua Maria Lourdes, berada di kota Kediri. Tempat ini sering dikunjungi para peziarah khususnya yang beragama nasrani yang berada di Jawa Timur dan Sekitarnya. Asal usul namanya dikarenakan ada duplikasi Gua Lourdes seperti yang di Perancis. Patung Bunda Maria yang berada di luar dibuat menggunakan semen dengan tinggi 3,5 meter.

Selain Gua, di sekitarnya ada Gereja Puhsarang yang dibangun oleh Romo Wolters dan arsiteknya Henricus Maclaine. Diyakini bentuk gerejanya menyerupai museum Trowulan. Gereja Blenduk, berada di Kota Semarang yang merupakan Gereja tertua di Jawa tengah pembangunannya dikerjakan oleh warga Belanda pada tahun 1753.

Tempat ini mempunyai nama lain GPIB Immanuel, menurut sumber terpercaya selain Kubahnya yang besar ternyata dilapisi oleh perunggu. Tempat ini sempat mengalami renovasi pada tahun 1894. Pendeta yang bertugas sampai saat ini adalah Helen Luhulima-Hukom yang memulai pengabdiannya pada tahun 2015.

Salib Kasih, berada di Tarutung tujuan dibangunnya bangunan ini adalah demi mengenang missionaris berasal dari Jerman Ingwer Ludwig. Beliau dipercaya memulai misinya di Sumatera Utara. Tempat ini jelasnya berada di perbukitan Siatas berita, Tarutung, Tapanuli Utara.

Jadwal Misa Gereja Graha Maria Annai Velangkanni, Foto: flickr.com

Gua Maria Sendang Sriningsih, berada di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Selain candi Prambanan, ternyata di sekitar sini tepatnya diantara Bukit Ijo dan Mintorogo terdapat Gua Maria Sendang Sriningsih, diprakarsai oleh D Hardjosuwondo. Arti bangunan ini adalah perantara antar rahmat Tuhan kepada umat. Bangunannya banyak tangga, beserta relief-relief yg berada di badan bangunannya.

Ibadah disini dilakukan selama 9 kali dalam 1 tahun ditiap jumat Kliwon. Yang membuat wisatawan ingin datang salahsatunya adalah air sendang yang berkhasiat untuk keselamatan dan terhindar dari segala macam penyakit.

Bukit Doa Pinaling, berada di Amurang Minahasa Selatan. Ada sejak tahun 2003, bersetting perjalanan Yesus saat akan disalib. Banyak patung-patung yang menjelaskan peristiwa pada saat itu, batu yang berwarna-warni dan suara air dari air terjun semakin menambah ketenganb beribadah di tempat tersebut. Fasilitas yang ada ditempat ini adalah penginapan, aula dan banyak tempat lainnya.

Taman Wisata Iman, berada di Kabupaten Dairi Sumatera Utara, letaknya kira-kira 154 km dari kota Medan. Di tempat ini terdapat Gereja, Kuil, Vihara dan Mesjid jadi bisa dikunjungi oleh semua agama. Ide dibuatnya tempat ini timbul melalui diskusi seluruh tokoh agama setempat yang berada di daerah kabupaten Dairi.

Jalan Menuju Graha Maria Annai Velangkanni, Foto: tripadvisor.com

Daya tarik yang berada di tempat ini adalah Vihara Saddhavadana dengan patung Buddha, ada juga Patung Abraham, Nabi Musa, Perahu Nabi Nuh, Gua Bunda Maria, dan gereja Oikumene. Rekam jejak perjalanan Yesus di Kandang Domba, berdoa di Getsmani, Bukit Golgota dan tempat Bangkitnya Yesus. Kuil Hindu dan Lapangan untuk Manasik haji beserta Mesjid.

Prasasti Salib Besar, berada di Pulau Mansinam Papua Barat. Dibangun untuk mengenang misi penyebar injil yang berasa dari Jerman yang bernama C.W. Ottow dan Johann Gottlob Geissler. Bagian bawah prasasti ada tulisan dalam bahasa Belanda yang setelah diterjemahkan berarti zending Pertama untuk Papua Ottow-Geissler tiba disini 5 Februari 1855.

Larantuka, Berada di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini biasanya ramai saat perayaan paskah karena memang saat hari itu dirayakan secara besar-besaran. Patung yang ada disana adalah Patung Tuan Ma, Bunda Maria, Patung Yesus. Patung tersebut hanya bisa dilihat saat perayaan Paskah, selain itu tidak akan bisa dilihat.

Mirip dengan Kuil di India, Foto: bobo.id

Tempat Wisata Kuliner di Kota Medan

Durian Ucok, Belum ke Medan kalo tidak mampir kesini, yang bikin terkenal adalah tekstur Daging dari Buah Durian yang sangat tebal, legit dan lembut. Sudah hampir 26 tahun pemiliknya berjualan Durian jadi sangat berpengalaman dalam hal tentang Durian. Jenis yang dijual pun bukan hanya buah Durian saja, tapi sudah disajikan bervariasi yaitu Pancake dan es Krim, letaknya berada di jalan Wahid Hasyim.

Soto Kesawan Enak Tenan, berada adi jalan Ahmad Yani Kota Medan, Soto ini tidak menggunakan ayam atau daging sebagai menu andalannya tapi udang! Penyajiannya, udang di goreng dulu jadi bau amis dari lautnya bisa hilang dan semakin enak disantap. Untuk yang tidak suka Udang, ya kembali ke selera asal tinggal pilih pakai ayam atau daging.

Warkop Elisabeth, berada di Jalan Misbah dan di Depan RS Santa Elisabeth itulah alasan dinamakannya seperti itu. Sebenarnya sih tidak ada yang special-spesial banget. Pada umumnya hanya menjual kopi, the, mie goring, nasi goreng.

Mungkin yang menjadi andalan disini menurut pengunjung adalah Nasi perang yang bentuknya seperti nasi kucing. Tempat ini selalu ramai pada malam hari karena buka 24 jam, cocok bagi yang kemalaman cari makan atau kepagian.

Mie Ayam Jamur Kumango, berada di jalan Mangkubumi Medan. Mie yang mempunyai tekstur tipis ini sangat cocok bagi pecinta mie. Dengan topping utama Jamur dan ayam disertai sawi, toge dan bawang yang telah digoreng. Sudah ada sejak tahun 1958, dan tempat ini selalu ramai dikunjungi jadi buruan datang sebelum kehabisan.

Sejarah Gereja Graha Maria Annai Velangkanni, Foto: tripadvisor.com

Mie Balap Wahidin, sesuai namanya tempat ini berada di Jl Wahidin Medan. Disebut Mie Balap karena penyajiannya sangat cepat seperti orang yang sedang balapan. Padahal yang dijual bukan mie, tapi bihun dan kwetiau goreng. Pembuatan mienya digoreng dikuali memasaknya pakai kayu bakar. Toppingnya bisa pakai bakso, cumi ataupun telur.

Lontong Kak Lin, berada di Jl Teuku Cik Ditiro berhadapan dengan SMA 1. Varian Lontong yang dijual adalah Lontong sayur, lopis, dan lontong pecel. Buka dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore, kue basah seperti klepon, sus sampai yang agak berat macam martabak pun ada. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1994, jadi kualitasnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Rumah Makan Tabona, berada dekat dengan Mie Ayam Kumango yang sama-sama berada di jalan Mangkubumi. Menu rekomendasi yang disajikan adalah adalah kari ayam, kambing, sapi dan bihun kari. Buka dari jam 07.00 s/d 17.00

Sisi Unik Graha Santa Maria, Foto: medanwisata.com

Kedai Kopi Apek, berada di Jl Hindu. Untuk Coffeelover, kedai kopi ini tidak boleh terlewatkan. Teknik penyajian kopi yang ada di kedai ini mungkin yang membuat minumannya enak. Dari memilih biji kopi, perlengkapan penyeduhan kopi, suhu air, mengaduknya sangat diperhatikan secara detail. Teman pelengkap Kopinya ada Roti Bakar dan Kukus, silahkan pesan jangan ragu-ragu.

Mie Aceh Titi Bobrok, berada di jalan Setia Budi meskipun di Medan tapi Makanan aceh sangat laku disini dikarenakan kesamaan rempah yang kuat dalam penyajian makanannya. Hidangan Mie Acehnya dibagi dari yang Seafood dan biasa.

Untuk Seafood bisa memakai Kepiting atau udang dan Baso ikan, sedangkan yang bbiasa menggunakan telur atau daging. Semuanya ditambahkan acar, emping, jeruk nipis yang bisa ditambahkan sesuai permintaan.

Wisata Religi Kota Medan, Foto: satuharapan.com

Tempat Wisata lain yang Kekinian di Kota Medan

Sesudah berwisata rohani di Medan dan di Indonesia beserta Keliling mencicipi kuliner lainnya.ditambahkan Rekomendasi lainnya mengenai tempat wisata yang terbaru, karena pariwisata selain tempat yang sudah lama ada selalu tumbuh titik wisata terbaru yang mengikuti perkembangan zaman dan pasar yang ada.

The Le Hu Garden adalah salah satunya tempat menjembatani sifat manusia yang haus akan eksplor tempat-tempat terbaru. Tempat ini adalah taman yang indah dipenuhi dengan berbagai macam jenis bunga yang berwarna-warni. Bunga “love” adalah spot yang sangat sering digunakan para pengunjung untuk swafoto, tempat ini berada di Patumbak Deli Serdang, tidak terlalu jauh dari Kota Medan.

Andalan spot foto para pengunjung adalah taman bunga yang berwarna-warni dan kolam ikan dari berbagai jenis. Biaya masuknya seharga Rp 10.000 sudah termasuk parkir lho, murah kan! Bernuansa pedesaan yang sangat jarang ditemui di kota, tempat ini menjadi favorit para calon pengantin yang ingin melakukan Prewedding.

Wahana yang bisa dicoba disini adalah perahu dan bebek dayung. Harga sewanya Rp 20.000 rute yang dilewati sekeliling danau dan kolam selama hampir 20 menit, disguhkan pemandangan hijau nan asri, dapat menghilangkan penat saat di perkotaan.

Oh iya, disini tidak diperbolehkan membawa makanan  dan minuman dari luar karena semua itu sudah disediakan oleh pihak pengelola. Salah satu menu yang disajikan adalah gurami asam manis yang berada di kolam pemancingan, harganya mulai dari Rp 20.000 s/d 60.000. selain Gurami ada Ikan nila juga, per pancingannya seharga Rp 40.000, itu kalau dapat ikannya, kalau tidak dapat ya gak usah bayar.

Jadi jika belum tahu tempat ini, silahkan datang ya karena semakin banyak sebenarnya tempat wisata terbaru di Medan.