Harga Tiket Masuk Taman Satwa Cikembulan Garut, Alamat Penginapan + Sejarah Kebun Binatang

Taman satwa cikembulan kebun binatang garut regency west java kadungora alamat pemilik sejarah penginapan peta harga tiket masuk maps no telp
Taman Satwa Cikembulan, Foto: cinta-wisatanusa.blogspot.com

Lokasi: Kampung Jati, Cikembulan, Kadungora, Garut Regency, West Java, 44153
Map: Klik Disini
Htm: Rp. 8.000 – Rp. 20.000
Buka/Tutup: Pkl. 09.00 – 17.00 WIB
Telepon: (0262) 454309

Satwa dan Keindahan

Mungkin banyak dari pembaca sudah mengenal kota Garut, sejarahnya juga tetang kuliner khasnya, dodol. Tapi bagaimana dengan tempat wisatanya? Anda tentu bertanya-tanya. Garut adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Di kabupaten ini ternyata ada banyak potensi wisata yang luar biasa dan patut dikunjungi. Selain populer dengan wisata kuliner, ziarah serta lainya, di sana juga menjadi tempat wisata alam satwa favorit. Salah satu yang tengah ramai dikunjungi adalah Taman Satwa Cikembulan.

Berintersksi Dengan Pengunjung, Foto: garutnews.com

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Garut, jangan lupa mampir di Taman Satwa Cikembulan yang beralamat di Kampung Jati, Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Garut, Jawa Barat. Awalnya taman ini merupakan hasil usaha dan kreativitas warga desa setempat, warga menjadi pemilik. Sederhanya begitu. Taman satwa ini suasananya menarik, nyaman, karena masih kental dengan nuansa pedesaan sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Mungkin nama Taman Satwa Cikembulan masih asing di telinga wisatawan dari luar Garut, termasuk Anda. Begini, sebenarnya tidak berbeda dengan kebun binatang pada umumnya, namun di sana tidak memelihara binatang dengan ukuran sangat besar, seperti Gajah, Jerapah, dan Badak. Taman ini didirikan untuk tujuan kawasan wisata terpadu di Garut.

Berlibur ke Taman Satwa, Foto: sibentangvilla.blogspot.com

Taman Satwa Cikembulan baru dibuka untuk umum sejak tahun 2009 silam padahal sudah didirikan sejak tahun 1998. Hingga saat ini ada sekitar 465 koleksi satwa dari 108 spesies. Ada 219 ekor hewan dari total 58 spesies dilindungi dan 246 ekor satwa dari 50 spesies tidak dilindungi.

 Meskipun sudah didirikan sejak 1998 namun alasan taman satwa ini baru mulai dibuka untuk kalangan wisatawan pada tahun 2009 belum pasti. Akan tetapi, banyak sisi menarik yang bisa dinikmati di taman yang berada di Kecamatan Kadungora ini. Hingga kini ada total 465 ekor satwa yang dipelihara di dalamnya, termasuk hewan-hewan dilindungi.

Harga Tiket Masuk, Foto: tiketwisatagarutama.blogspot.com

Walaupun terbilang cukup banyak satwa, namun hal paling menarik mata para pengunjung adalah Orang Utan Kalimantan yang memang sengaja di lepas di kandang agak terbuka. Selain berperilaku unik, orang utan dinilai menjadi mamalia primata yang ramah, bisa diajak untuk foto atau bermain. Selain itu, harimau sumatera juga menjadi hewan langka juga istimewa dipelihara di sana.

Taman Satwa Cikembulan diketahui sukses mengembangbiakkan beberapa satwa berpasang-pasangan baik yang berasal dari dalam negeri, seperti macan tutul, orang utan, rusa, landak, maupun dari luar negeri seperti singa Afrika.

Kebun Binatang Cikembulan Garut, Foto: zonalibur.com

Beberapa jenis mamalia lain juga ada, seperti babi hutan, kanguru, beruang, kijang, kuda poni, dan masih banyak lagi. Ada juga hewan primata seperti kera, lutung, serta siamang. Jenis reptil seperti buaya, ular, biawak juga dipelihara di sana. Selain itu, jenis unggas seperti elang, angsa, burung merak, burung rangkong, belibis, dan beberapa jenis lain juga tidak luput mengisi taman satwa di tersebut. Ada keunikan lain di sini karena ayam serta bebek dibiarkan berkeliaran di luar kandang.

Soal keindahan Taman Satwa Cikembulan pengunjung bisa merasakan sendiri ketika berlibur ke sana. Selain bertemu satwa-satwa yang dipelihara, suasana sejuk juga membuat wisatawan betah untuk berlama-lama. Ada pepeohonan berdaun rindang, rumput yang hijau, juga segarnya udara. Hamparan sawah penduduk menambah daya tarik tempat wisata ini. Secara umum para wisatawan akan dimanjakan dengan susana pedesaan nan asri.

Selain menikmati suasana alam para pengunjung juga bisa berburu foto di sana. Koleksi hewan yang beragam, termasuk hewan langka yang dilindungi, menambah sensasi pada setiap gambar yang dihasilkan. Jadi bagi para pengunjung jangan lupa membawa kamera ketika berkunjung ke Taman Wisata Cikembulan.

Melihat Satwa di Taman Satwa Cikembulan, Foto: panduanwisata.id

Fasilitas         

Selain pengunjung bisa menikmati kebun binatang, Taman Satwa Cikembulan juga menyediakan beragam fasilitas demi memenuhi kebutuhan wisatawan. Di taman tersebut telah disediakan lokasi parkir, toillet, musola. Beberapa warung makan dengan menu memanjakan lidah Anda juga ada di sana. Walaupun terbilang masih mempertahankan suasana pedesaan, terkesan tradisionil, asri, namun tidak dengan menu makanan. Selain kuliner khas Sunda dan Jawa, ada juga makanan luar negeri yang memberi kesan berbeda.

Monyet Koleksi Taman Satwa, Foto: penulispro.net

Di Taman Satwa Cikembulan juga ditumbuhi pepohonan, ditanam beragam jenis pohon yang kini tumbuh subur dan rindang. Agar semakin lengkap, di bawah pepohonan tersebut dibangun saung-saung dari bambu. Ini dimaksudkan untuk menggambarkan suasana di pedesaan yang sejuk. Pengunjung bisa memanfaatkan tempat ini untuk makan atau sekedar beristirahat. Selain di bawah pohon, saung juga dibangun di sekitar pinggiran kolam sehingga wisatawan bisa menikmatti hidangan makanan sambil melihat dan memberi makan ikan.

Berikut di Taman Satwa Cikembulan disediakan juga penginapan. Pihak pengelola sengaja mendirikan penginapan bagi para wisatawan untuk bermalam. Beberapa penginapan dibangun di lokasi dengan pemandangan sejuk menakajubkan, yaitu bisa melihat keagungan Gunung Harimun. Penginapan ini lengkap dengan fasilitasnya, termasuk pendopo yang bisa dimanfaatkan para pengunjung sebagai tempat berkumpul atau melakukan pertemuan. Pendopo ini bisa menampung hingga 100 orang.

Taman Satwa Favorit, Foto: pinterest.com

Rumah makan  dan saung dinilai belum lengkap sehingga disediakan pula area untuk memancing. Para pengunjung bisa menikmati sensasi tarikan beberapa jenis ikan air tawar. Selain itu, beragam wahana permainan juga disediakan untuk melengkapi kepuasan para wisatawan. Ada hiburan berkuda, bebek air, permainan mobil untuk anak-anak, serta sensasi ATV Road. Ada juga kolam yang tidak biasa yaitu terapi ikan untuk relaksasi para pengunjung. Lebih mengiurkan lagi, di taman ini telah dikreasikan sebuah replika kapal pesiar terkenal, Titanic, di dalamnya dilengkapi dengan jembatan untuk bermain. Sungguh menarik bukan? Anda patut mengunjungi tempat ini sesegera mungkin.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk menuju Taman Satwa Cikembulan terbilang cukup murah, terjangkau oleh semua kalangan. Harga tiket ini juga dikategorikan berdasarkan usia para pengunjung. Pada hari Senin sampai Jumat harga tiket masuk untuk dewasa Rp. 17.000, anak-anak hanya membayar Rp. 8.000. Sedangkan pada akhir pekan (Sabtu, Minggu) dan hari libur, harga tiket dewasa sebesar Rp. 20.000, anak-anak Rp. 10.000. Harga tiket masuk ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola Taman Satwa Cikembulan.

Jam Operasional Taman Satwa Cikembulan

Sebelum berkunjung ke Taman Satwa Cikembulan Anda terlebih dahulu harus tahu jam buka dan jam tutupnya. Sesuai informasi yang diperoleh, Taman Satwa Cikembulan dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB ditutup pada pukul 17.00 WIB. Nah, waktu berkunjung yang paling baik adalah di hari biasa karena akhir pekan atau libur Taman Satwa Cikembulan sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Tempat Bermain Anak, Foto: garuttourguide82.blogspot.com

Rute dan Transportasi

Lokasi Taman Satwa Cikembulan tidak terlalu jauh dari pusat kota Garut, jaraknya hanya 16 kilo meter. Lokasinya strategis dan tentu memudahkan pengunjung untuk sampai di sana. Jika berangkat dari Garut Anda hanya menghabiskan waktu kurang dari satu jam. Namun apabila berangkat dari Bandung bisa menggunakan rute Jalan Raya Bandung – Garut. Selain mengedarai kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan fasilitas bus antar kota dalam provinsi. Bisa naik bus jurusan Bandung – Garut, Bandung – Tasik, atau juga Bandung – Cikajang. Semua rute bus ini melewati Kecamatan Kadungora. Selanjutnya Anda harus menempuh jarak sepanjang 2,5 kilo meter menuju lokasi Taman Satwa Cikembulan.

Penginapan terdekat

Bagi para wisatawan yang ingin menginap di lokasi yang tidak jauh dari area wisata ini kami sarankan untuk memilih beberapa penginapan aternatif nyaman dengan harga terjangkau. Berikut daftar penginapan selengkapnya.

Tiket Masuk Terjangkau, Foto: indahsafitri-blog.blogspot.com

1.    Bungalow Cikembulan

Bungalow ini lokasinya langsung berada di dalam Taman Satwa Cikembulan. Bagi para pengunjung yang ingin menginap dikenakan biaya Rp. 300.000 per malam. Di sini tersedia tempat tidur nyaman, fasilitas toilet, kamar mandi bersih. Pengunjung bisa menikmati suasana pemandangan alam menakjubkan, termasuk pesona Gunung Harimun.

2.    Sibentang Private Villa

Lokasi vila ini berada tidak jauh dari kota Garut dan 10,8 kilo meter dari lokasi Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kedungora. Letaknya di Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut. Vila dengan rating bintang tiga ini menyediakan beragam fasilitas mulai dari sepeda hingga Wi-Fi gratis. Pengunjung juga bisa menikmati suasana alam di sini dengan tenang.

3.    Kampung Sumber Alam Resort Garut

Lokasinya di Jalan Raya Cipanas Nomor 122, Cimanganten, Tarogong Kaler, Garut, Jawa barat, 44151. Penginapan ini menyediakan fasilitas nyaman, bungalow dan vila didesain secara tradisional. Pengunjung juga disuguhkan pemandangan yang menakjubkan di tempat ini. Harga per malam rata-rata Rp. 900.000. Jarak dari sini menuju Taman Satwa Cikembulan hanya 11 kilo meter. Cukup dekat sehingga tentu tidak melelahkan.

Demikian informasi mengenai Taman Satwa Cikembulan kami berikan kepada Anda sebagai informasi tambahan sekaligus pengetahuan baru mengenai pariwisata di Garut. Semoga setelah membaca artikel ini Anda dan keluarga tergerak hati untuk merencanakan liburan dan berkunjung ke tempat ini. Semoga bermanfaat.