Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Mansion Medan, Sejarah Misteri Angker + Opening Hours

Rumah tjong a fie mansion medan angker misteri harga tiket masuk opening hours sejarah indonesia jam buka adalah entrance fee alamat kota sumatera utara 20236 history arsitektur berhantu makam keturunan anak agama jalan menuju rute dibuka untuk umum wisata cerita foto letak keangkeran biaya cara mistis denah desain hantu penampakan gambar isi kisah lokasi luas tentang
rumah tjong a fie , foto: wikimedia.org

Lokasi: Jalan Jendral Ahmad Yani VII No.105, Kesawan, Medan Barat, Sumatera Utara 20236
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 35.000/ orang
Buka/Tutup: 09.00–17.00
Telepon: 0813-7516-0031

Tjong A Fie Mansion, Wisata Sejarah Kota Medan

Di kota Medan terdapat sebuah tempat wisata yang sarat akan sejarah bernama Tjong A Fie Mansion. Jadi, saat Anda berkunjung ke Medan sempatkanlah untuk mampir kesini. Tempat wisata ini sangat terkenal tidak hanya karena keunikan bangunan rumah, sejarah sang pemilik namun juga aroma mistis didalamnya.

akses masuk menuju rumah, foto: squarespace.com

Nama rumah ini diambil dari nama pemiliknya yaitu Tjong A Fie. Beliau merupakan seseorang yang sangat berpengaruh sekali pada masa kolonial Belanda ketika menguasai Indonesia dan Medan khususnya. Rumah ini sangat besar dan luas serta penuh sejarah dan yang terdapat didalamnya sehingga sangat disayangkan untuk dilewati.

Untuk mengetahui lebih lanjut sejarah dan misteri tentang Tjong A Fie Mansion, Medan, Indonesia yang terkenal berhantu serta dimana makam sang saudagar ini diistirahatkan, berikut informasinya.

Sejarah Tjong A Fie Mansion

foto keluarga Harga Tjong A Fie, foto: tstatic.net

Tjong A Fie Mansion sebenarnya adalah rumah berukuran besar milik Tjong A Fie. Tjong A Fie adalah seseorang saudagar berkebangsaan Chinese atau tionghoa yang memiliki status sosial dan andil besar pada waktu itu.

Tjong A Fie merantau ke Medan menyusul sang kakak yang telah terlebih dahulu mencoba peruntungan di Medan. Tjong A Fie bahkan tidak malu jika bekerja hanya di sebuah toko milik rekannya saat tiba pertama kali disini. Kesuksesan tidak pernah datang secara instan namun harus dilalui dengan perjuangan.

salah satu balkon Rumah, foto: nonikhairani.files.wordpress.com

Berkat segala kerja kerasnya, Tjong A Fie meraih kesuksesannya. Beliau adalah seorang pengusaha yang sukses dan terkenal di Medan kala itu. Tidak hanya dalam dunia usaha, beliau juga merupakan bankir dan eorang kapitan yang handal. Beliau lahir di kota Guangdong, China.

Karena status sosialnya tersebut, Tjong A Fie mempunyai banyak jaringan dari para pegawai pemerintah kerajaan ataupun kolonial Belanda, pengusaha-pengusaha besar, dan orang-orang besar kala itu. Akhirnya, Tjong A Fie dijadikan ketua etnis Tionghoa seluruh Indonesia sebagai pengganti kakaknya, Tjong Yang Hian.

interior Rumah, foto: ulinulin.com

Beliau juga begitu sangat dermawan bahkan beragam pembangunan yang dilakukan di kota Medan pada masa itu tak luput dari perannya. Kesuksesan yang dimiliki tidak didapatkan dengan mudah.

Keuletan, ketekunan, kepandaiannya bergaul membuat apa yang diinginkannya tercapai serta perilaku beliau yang berbudi luhur dan tidak sombong meskipun kaya raya. Dahulu kota Medan disebut dengan Deli yang banyak sekali bangunan-bangunan berdiri berkat perannya dari bank hingga transportasi umum.

halaman yang ada di dalam rumah, foto: baltyra.com

Selain itu, beberapa tempat peribadatan juga tak luput oleh bantuannya seperti Gereja Uskup, Masjid Raya Al-Mashum untuk umat muslim, kemudian kuil untuk ibadah uman Buddha juga dibangun kuil untuk ibadah umat hindu. Saat beliau merasa tidak bisa hidup lama lagi berwasiat untuk menyalurkan segala kekayaannya ke yayasan ‘Toen Moek Tong’.

Kekayaan yang dikumpulkan semasa hidup dihibahkan untuk menolong segala jenis bidang baik beasiswa pendididkan untuk sisawa berprestasi, santunan bagi para korban bencana dan penderita santunan bencana dan cacat tanpa melihat asal suku, etnis, agama atau ras.

daya tarik rumah Tjong A FIe, foto: ketahui.com

Saat ini rumah Tjong A FIe atau yang dikenal pula dengan sebutan tjong a fie mansion dikelola oleh anak dan keturunannya. Rumah tersebut berubah fungsi menjadi museum yang dibuka untuk umum.

Rumah besar ini dibangun pada tahun 1900. Desain rumah memiliki kombinasi gaya arsitektur khas bangunan Tiongkok, dipadukan dengan Eropa dan melayu menjadikan perpaduan yang begitu indah dan juga unik.

Harga Tiket masuk atau biaya yang harus dikeluarkan setiap pengunjung untuk dapat menikmati kemegahan dan belajar sejarah tentunya sebesar Rp. 35.000 per orang. Harga tersebut suda dengan guide yang akan menemani mengelilingi dan menjelaskan seluk beluk museum dan denah rumah tanpa fee tambahan.

Jam buka atau opening hours dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Banyak sekali spot foto atau pengambilan gambar keren yang bisa diabadikan disini. Rumah kuno bersejarah yang sangat keren. Sangat disayangkan jika Anda ke Medan tidak mampir mengunjungi Tjong A fie  Mansion. Isi rumah ini benar-benar membuat mata terkesima.

Tjong A fie  Mansion dibuka untuk umum sebagai tempat wisata pertama kalinya adalah pada waktu memperingati ulang tahun beliau yang ke 150 tahun. Rumah ini sudah diresmikan oleh Pemda menjadi aset cagar budaya kota Medan.

Misteri Angker Tjong A Fie

gerbang masuk menuju area rumah, foto: ragamtempatwisata.com

Menurut beberapa kabar yang beredar, rumah Tjong A Fie ini tidak hanya kental akan history yang tersimpan didalamnya namun juga cerita mistis dan terkenal angker. Banyak yang melihat ada aktivitas mahluk tak kasat mata di Rumah tjong a fie mansion medan ini.

Ada sebuah situs online yang mencoba membuktikan kebenaran kabar tersebut dengan membawa ahli supranatural untuk menyingkap misteri dibaliknya. Hasil dari penerawangan si ahli supranatural tersebut adalah Tjong A Fie mansion memiliki keseimbangan energi Yin dan Yang.

Alasan inilah yang membuat rumah tua ini tetap kokoh bertahan hingga sekarang meskipun telah 100 tahun lebih. Ahli supranatural tersebut melanjutkan penerawangannya ke sudut-sudut rumah dan benar memang terdapat penjaga mahluk-mahluk astral disini. Di bagian entrance atu pintu gerbang terdapat mahluk menyerupai pendekar china.

ruang tengah rumah, foto: klikhotel.com

Pendekar ini memakai pakaian berwarna abu-abu yang tugasnya adalah menjaga rumah dari mahluk-mahluk jahat yang ingin mengganggu kedamaian penghuni rumah Tjong A Fie. Terdapat juga mahluk astral berbentuk ular besar sekali berada didekat pohon kelapa.

Letak pohon kelapa ini berada di halaman rumah sisi kanan sedangkan sisi kiri terdapat sebuah pohon mangga yang juga dihuni banyak makhluk ghaib atau hantu. Dan diatas atap nampak mahluk dengan wujud macan.

Keangkeran penampakan mahluk ghaib juga terlihat di area Kawasan. Mahluk ini wujudnya mengerikan yang sellau bolak balik sepanjang Kesawan. Sepertinya ini adalah yang berkuasa di area Kesawan.

Di dalam rumah Tjong A Fie ada seorang mahluk berwujud pendekar namanya Kwek Lay. Ia memiliki ilmu bela diri yang hebat dan merupakan penjaga sebuah peti peninggalan Tjong A Fie ukurannya 1 x 2 meter isinya adalah benda-benda berharga.

Mahluk tersebut mengatakan siapa saja yang berani mencoba mengambil peti akan berhadapan dengan dirinya. Ternyata banyak orang yang berusaha mengambil peti tersebut namun selalu gagal saat melawan Kwek Lay.

Lokasi Tjong A Fie Mansion

Halaman utama rumah Tjong a fie, foto: senapati.net

Letak Rumah Tjong A Fie atau Tjong A Fie Mansion adalah di Jl. Jendral Ahmad Yani, Medan Sumatera Utara 20236. Jika anda pernah mendengar nama restoran Tiptop, maka alamat kota rumah besar ini berada tidak jauh dari tempat tersebut, dan berada id seberangnya. Rumah ini juga terletak tidak jauh dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan.

Rute jalan menuju Tjong A Fie Mansion cukup mudah dapat dilalui tidak hanya dengan kendaraan pribadi namun juga transportasi umum yaitu dengan cara menggunakan angkot rute 23, 24, 26 atau yang melintasi jalan Kesawan. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi ikuti saja rute menuju Jalan Kesawan.

Kisah Tjong A Fie yang begitu melegenda di kota Medan seharusnya dapat menjadi pelajaran bagi generasi berikutnya untuk bersungguh-sungguh dalam menggapai keinginan. Karena tanpa kerja keras dan keringat, kesuksesan tidak akan dapat diraih. Kelak ketika telah sukses pun harus selalu ingat kepada sesama seperti Tjong A Fie.