Harga Tiket Masuk Agrowisata Sondokoro Karanganyar Solo Tasikmadu 2017 + Asal Usul Tempat Wisata

Sondokoro karanganyar solo tiket masuk 2017 sragen tasikmadu jawa tengah wisata agrowisata harga tempat asal usul pabrik gula alamat surakarta kpeta kereta api buka jam taman bermain waterboom bahasa cerita cembengan deskripsi area wahana dalam permainan penampakan foto fasilitas flying fox gambar museum htm hantu terapi ikan indonesia jogja jateng jarak klaten lokasi legenda denah lengkap misteri mitos menuju ngijo outbound obyek paket park pasoepati pantai prewedding pengertian rute rekreasi kolam renang rakyat griya resto sejarah sangkuriang video vidio waterpark objek youtube nomor telepon
Agrowisata Sondokoro Karanganyar, foto: wisatasenibudaya.com

Lokasi: Jl. Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah, 42454
Map: KlikDisini
HTM: Rp 5000
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon: 0271 495562 

Solo, adalah salah satu kota di Indonesia, tepatnya Jawa Tengah yang memiliki keraton. Sama dengan kota tetangganya, yaitu Yogyakarta. Kedua kota ini memang sangat bersahaja. Warganya yang santun, khas sekali cerminan keramahan lokal. Budaya khas Jawa Tengah memang sangat kental di sini. Oleh karenanya sering menjadi tujuan utama para wisatawan, saat bepergian ke daerah Jawa Tengah.

Kota Solo, sama dengan daerah lainnya di Indonesia, selain memiliki keraton, juga memiliki beberapa tujuan wisata yang menarik. Bahkan beberapa di antaranya termasuk tujuan wisata yang murah meriah, namun tetap seru untuk di datangi. Ragam wisata yang layak dicoba seperti wisata dalam kota, wisata alam, hingga wisata kuliner.

keseruan bermain di argowisata ini, foto: agrowisata-sondokoro.blogspot.co.id

Ada satu tempat unik yang wajib Anda datangi selama di Solo, yaitu Sondokoro. Tempat wisata ini termasuk agrowisata. Lokasi tujuan wisata ini terletak di daerah Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Di sini adalah pabrik gula terbesar yang berada dalam wilayah Kecamatan Tasikmadu. Pabrik gula ini masih beroperasi hingga sekarang. Selain menjadi tempat produksi gula, Sondokoro memang dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga yang memiliki nilai sejarah dan pendidikan.

Jadi tempat ini sudah tidak tampak seperti pabrik yang membosankan, melainkan telah menjelma sebagai lokasi agrowisata yang layak dikunjungi. Bahkan terdapat kolam air mancur kecil dan juga tempat duduk taman, serta hiasan taman lainnya. Pengunjung pun dapat mengambil gambar mengenai lokasi wisata Sondokoro, atau berfoto dengan latar belakang seru, seperti gerbong lokomotif kereta api. Terkadang ada juga yang menjadikan tempat ini untuk foto prewedding.

kereta api yang digunakan untuk berkeliling di tempat wisata, foto: ixotransport.com

Harga tiket masuk Sondokoro adalah hanya lima ribu rupiah saja. Seharga itu sudah bisa berkeliling area Sondokoro, berikut juga dengan berbagai macam fasilitas yang ada di dalamnya, termasuk melihat langsung proses pembuatan gula.

Sondokoro telah berubah menjadi obyek wisata keluarga. Sehingga penampakan lingkungannya pun terlihat seperti taman, pohon rindang dan besar banyak di sini. Objek wisata Sondokoro juga dilengkapi dengan denah lokasi serta papan penunjuk, supaya para pengunjung tidak tersasar atau hilang arah dalam area.

Beberapa wahana permainan untuk anak-anak juga ada, seperti kincir mini, kereta yang memiliki rute berkeliling lokasi. Kereta ini merupakan kereta uap dengan bahan bakar kayu, mengangkut pengunjung yang ingin melihat-lihat area wisata Sondokoro tanpa harus berjalan kaki. Kereta uap atau Sppor uap/spoor gula ini biasanya digunakan untuk mengangkut pohon tebu dari luar ke dalam pabrik gula.

pintu masuk ke tempat wisata, foto: wartasolo.com

Pengunjung yang ingin naik kereta uap dikenakan biaya sebesar tujuh ribu sampai sembilan ribu rupiah untuk sekali perjalanan. Sambil menikmati pemandangan lokasi wisata Sondokoro, seperti berjalan kembali ke masa lalu, saat masih sebuah tempat produksi gula biasanya.

Tidak hanya kereta uap saja yang seru, masih ada lagi wahana lainnya seperti kolam renang, futsal mini, flying fox, taman lalu lintas, kolam terapi ikan, mandi bola, giling air cerdas, rumah pohon, panjat dinding, jaring laba-laba, area untuk jalan refleksi, akuarium air tawar, dan fasilitas penunjang lainnya seperti resto atau tempat makan, tempat ibadah hingga toilet, pastinya semua fasilitas sudah lengkap semua di sini, untuk kenyamanan pengunjung juga.

bermain flying fox di argro wisata ini, foto: solowisataku.blogspot.co.id

Para pengunjung yang ingin bermain di wahana permainan tersebut, masing-masing dikenakan tiket masuk untuk tiap wahana. Jadi, sebaiknya pilih lokasi wahana yang sesuai dengan keinginan Anda, sekiranya wahana tersebut adalah tujuan utama di Sondokoro ini.

Asal Usul Pabrik Gula Sondokoro

asal usul argo wisata Sondokoro , foto: tstatic.net

Sejarah dari sebuah tempat wisata pasti ada, begitu pula dengan obyek agrowisata Sondokoro, Jateng. Alamat lengkapnya adalah di Jalan Mangkunegara, Bojonegara, Surakarta, Jawa Tengah. Jarak yang ditempuh untuk menuju Sondokoro, bila berangkat dari kota Solo,tidak terlalu jauh, waktu tempuh yang dibutuhkan hanya sekitar 45 menit.

Berdasarkan cerita rakyat dan legenda yang ada, zaman dahulu sekali Sondokoro merupakan nama sebuah desa. Namanya di ambil dari Kyai Sondo dan Kyai Koro. Keduanya bertarung selama 40 hari 40 malam, hanya untuk mendapatkan menantu untuk anak perempuan mereka. Pada akhirnya pertarungan ini imbang, karena keduanya berasal dari perguruan yang sama.

Inilah asalnya masyarakat sekitar memberikan nama Sondokoro untuk daerah tersebut. Bila dalam lokasi wisata Sondokoro, akan terlihat jejaknya di area jalan refleksi yaitu Sri Widowati, yang merupakan anak dari Kyai Sondo. Sebelumnya, KGPAA Mangkunegoro IV mengubah nama Sondokoro menjadi Tasikmadu. Tujuannya adalah pengharapan untuk kelangsungan pabrik gula ini akan menghasilkan, layaknya danau madu.

area mesin pabrik kuno, foto: wisatasenibudaya.com

Pabrik Gula ini dari dulu hingga sekarang masih bertahan dan tetap berproduksi aktif. Sondokoro menjadi kebanggaan warga Solo, bahkan sejak awal berdiri selalu dipegang dan dikelola oleh orang Indonesia asli, tanpa campur tangan dari pihak asing manapun. Benar-benar murni kepemilikan pribumi asli.

Berbeda dengan pabrik gula Mojo yang berada di Sragen, pabrik ini merupakan warisan zaman penjajahan, milik pemerintah Hindia-Belanda kala itu. Hingga saat ini, tahun 2017 masih beroperasi. Menjelang musim giling tebu atau musim panen tahunan, setiap pabrik gula di daerah Jawa Tengan mengadakan tradisi cembengan. Tak terkecuali pabrik gula Mojo.

Pengertian dan deskripsi dari cembengan sendiri adalah sebagai bentuk rasa syukur dan ungkapan doa supaya proses penggilingan tebu berjalan dengan lancer tanpa halangan apapun. Tradisi ini dilakukan setahun sekali, pada bulan April atau Mei.

Objek Wisata Seru di Solo

salah satu objek wisata seru di solo, foto: panduanwisata.id

Bermain dan menghabiskan liburan ke Solo tak akan rugi. Walaupun ini daerah, namun tak kalah menarik dengan kota besar lainnya. Bahkan cenderung sangat menenangkan berlibur ke sini. Kota tenteram setelah jogja. Maka jangan ragu lagi untuk rekreasi ke kota Solo. Anda dapat memilih, mau pergi liburan mengunjungi museum, pantai, bermain air di waterpark atau waterboom, jalan-jalan keliling kota, hingga melakukan kegiatan outbound di beberapa spot wisata alam.

Beberapa video tentang liburan seru di Solo juga sudah banyak di Youtube. Macam-macam video yang diunggah juga cukup unik, beberapa bahkan menggunakan bahasa jawa lokal. Seperti mengobati kerinduan bagi para perantau asal daerah Jawa.

Kota Pasoepati ini memang memiliki daya tarik sendiri baik dari segi obyek wisata maupun dari segi budayanya. Masih kental dengan budaya khas keraton Jawa Tengah serta kelembutan dan ketegasan warga lokalnya, menjadikan kota ini sebagai salah satu kota turis di Indonesia.

kolam renang untuk anak-anak, foto: agrowisata-sondokoro.blogspot.co.id

Bagi Anda yang suka main ke pantai. Solo memiliki beberapa pantai yang cukup terkenal, dan jangan salah, pantainya sama indahnya dengan yang sering dilihat di luar negeri. Di antaranya adalah pantai Sembukan. Pantai yang cukup terkenal di kota asal Presiden Jokowi ini, selain indah, ternyata juga memiliki kisah misteri atau mitos di baliknya.

Menurut kabar yang beredar di masyarakat, bahwa pantai ini merupakan gerbang masuk Ratu Pantai Selatan. Disebut-sebut sebagai pantai keramat, banyak warga yang melakukan ritual tertentu atau semedi di sini. Pada waktu tertentu pun, di kawasan pantai Sembukan di adakan atraksi wayang atau larung yang dilakukan oleh warga sekitar. Sembukan sendiri tak jauh dari pusat kota Solo. Jadi rute yang ditempuh pun cukup mudah.

beberapa fasilitas yang ada di agro wisata Sondokoro , foto: prapto.my.id

Pantai lainnya yang tak kalah cantik adalah Pantai Menganti. Banyak wisatawan yang mengatakan, bahwa pantai ini seperti yang ada di Selandia Baru. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut, ombak yang cukup besar, pohon kelapa yang berderet, sejuknya udara, lokasi yang berada di area bukit, serta salah satu ikon penting di pantai ini adalah tebing bidadari . Bikin video liburan ala Hollywood pasti akan seru dengan latar belakang pantai Menganti.

Itu di pantai, Anda lebih memilih main aman di kolam renang atau water park, silahkan berkunjung ke Pandawa Water World Solo. Berada di jalan Cernara Raya Solo Baru, htm yang dikenakan untuk tiap pengunjung adalah Rp 80 ribu untuk hari senin hingga Jumat, buka mulai jam sepuluh pagi sampai jam enam sore.

Sedangkan htm untuk weekend adalah Rp 100 ribu, mulai buka jam delapan pagi hingga jam enam sore. Untuk kolam renangnya saja mulai buka jam tujuh pagi sampai jam enam sore. Banyak wahana permainan air yang seru ada di sini. Tunggu apa lagi, segera datang ke Solo. Liburan, ke Solo saja.