10 Gambar Pasir Timbul Lampung Pahawang, Dimana Letak Lokasi + Keindahan Wisata Snorkling

Pantai pasir timbul lampung pahawang raja ampat pulau nain pesawaran maluku tenggara meti tobelo morotai kri alamat gambar lokasi belitung beach bandar bianchi bungin muara gembong kei inhil dimana letak ekosistem flores fenomena foto gopro island indonesia jerawat kokoya kepulauan seribu kalianda kecil keindahan lombok susunan manado mansuar mengkudu mekko ngurtafur ngurtavur papua kabupaten bar sulawesi utara snorkling wisata
Pasir Timbul Lampung Pahawang, foto: tipsjalan.com

Lokasi: Java Sea, Padang Cermin, Kota Bandar Lampung, Lampung 35451
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 05.00-15.00
Telepon: 0811-7206-705

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan dengan lokasi diantara benua Asia dan benua Australia. Diapit oleh dua samudera besar di dunia, Samudera Pasifik dan Hindia. Dengan total jumlah pulau sekitar 18.000, the world’s largest archipelago.

Dengan panjangnya garis pantai dan banyaknya pulau, serta berada di daerah garis khatulistiwa, tak heran bila Indonesia memberikan slogan Wonderful Indonesia. Slogan ini sekaligus memberikan identitas khas bagi pariwisata Indonesia, memang benar-benar wonderful, beragam dan indah. Tidak hanya memiliki wisata alam, tetapi juga wisata budaya, sejarah, rohani, dan banyak pengalaman ditawarkan di nusantara.

jernihnya air laut di sekitar lokasi wisata, foto: indonesia-tourism.com

Wisata pantai, juga merupakan salah satu destinasi yang sangat dibanggakan dan dicari, bahkan oleh wisatawan asing. Di pantai, banyak wisatawan bisa menikmati pemandangan laut, berburu untuk mengabadikan momen sunset atau sunrise dalam bentuk gambar, foto, ataupun hanya sekedar berjemur. Wisatawan asing sangat senang mengunjungi pantai di Indonesia mengingat daerah kita berada di wilayah tropis.

Demikian halnya dengan Pasir Timbul yang ada di Lampung. Apa sih Pasir Timbul di Lampung ini dan kenapa banyak wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di sini? Pasir timbul merupakan suatu keunikan femonema alam, yaitu munculnya gundukan pasir pantai di tengah-tengah air laut, terutama ketika air sedang surut.

papan penanda lokasi pasir timbul, foto: dwirahmawati22.blogspot.co.id

Pasir timbul ini sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Anda bisa berdiri atau duduk di tengah hamparan pasir pantai yang lembut dan berwarna putih, dikelilingi dengan air laut berwarna hijau dan sejuk. Bayangkan saja, bukankah lokasi ini adalah tempat yang sangat strategis dan foto-able, benar bukan?

Lokasi Pasir Timbul

keseruan disekitar lokasi wisata, foto: fajardinihari.files.wordpress.com

Pasir timbul yang sedang kita bahas kali ini, merupakan sebuah hamparan pasir putih di Pahawang Island, suatu pulau di wilayah Provinsi Lampung. Pulau Pahawang ini tepatnya berada di Kec. Marga Punduh, Kab. Pesawaran, Prov. Lampung. Sebenarnya, Pulau Pahawang ini terdiri atas dua wilayah, yaitu pulau Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Di antara kedua pulau inilah terdapat pasir timbul.

Pasir timbul ini akan tampak ketika air laut sedang surut. Membentuk suatu garis pantai yang menjadi jembatan antara kedua pulau. Kedua pulau ini sering disebut sebagai surga wisatawan di daerah Lampung karena keindahan alamnya. Lokasi tepatnya berada di daerah selat Sunda atau sekitar 29-30 mil dari kota Bandar Lampung.

keindahan bawah laut sekitar lokasi wisata, foto: kompas.com

Jarak yang harus ditempuh dari Bandar Lampung sebenarnya tidak cukup jauh karena ada di daerah Teluk Ratai. Namun, untuk bisa mencapai destinasi wisata satu ini, memang butuh waktu cukup lama, yaitu sekitar 1 jam dari Dermaga Ketapang.

Daya Tarik Pasir Timbul dan Pantai di Daerah Pahawang

keindahan alam sekitar, foto: blacklazy.blogspot.co.id

Berbicara tentang keindahan ekosistem laut, seperti ikan, terumbu karang, susunan bukit atau pulau kecil, memang tidak akan terlepas dari pembahasan mengenai wisata Lampung. Terkhusus untuk pulau Pahawang ini, terkenal akan keindahan biota lautnya. Air laut yang ada di daerah ini juga masih sangat jernih sehingga memungkinkan untuk melakukan aktivitas air seperti snorkling.

Snorkeling, Diving, serta beberapa water sport lain merupakan kegiatan yang sangat sering dilakukan oleh wisatawan. Bisa dibilang bahwa ini adalah semacam kegiatan wajib. Daerah Lampung dan Bangka Belitung, merupakan wilayah yang terkenal akan keindahan pantai dan lautnya. Sayang bukan bila keindahan air laut, biota serta ekosistem ini dilewatkan begitu saja?

snorkling di sekitar pantai, foto: princessarlin.files.wordpress.com

Bila Anda perhatikan di beberapa situs ataupun youtube, banyak yang menikmati kegiatan air dan merekamnya dengan menggunakan GoPro. Ingin juga melakukannya? Dimana lagi kalau bukan Pulau Pahawang? Sekalian juga bisa menikmati beberapa pantai lain di Lampung, seperti Kalianda.

Cara Menuju Lokasi Pasir Timbul

Ketika ingin menikmati wisata di daerah ini, tidak perlu repot atau cemas. Bila anda berasal dari daerah Jakarta, Banten, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, atau dari daerah lain, sebenarnya sudah banyak penyedia jasa tour n travel yang menawarkan paket wisata which includes this beautiful island.

keindahan pantai pahawang, foto: jumanto.net

Wisatawan bisa menikmati rangkaian keindahan pantai di Lampung secara berurutan, dan tidak perlu pusing untuk menentukan atau mencari the next destination. Di dekat pantai, biasanya juga sudah banyak disediakan penginapa, tempat makan semacam restaurants atau café atau bahkan bar.

Sebelum semuanya itu, pastikan dahulu bahwa tanggal wisata adalah ketika kondisi air laut sedang surut. Hal ini akan sangat menentukan nampak tidaknya pasir timbul. Bila air sedang pasang, mungkin kita hanya akan melihat genangan air laut seperti biasanya. Namun, ketika air surut, daerah ini akan menjadi spot fotografi yang sangat menarik.

Sekilas Info Mengenai Pasir Timbul

jalan pasir yang muncul ketika air surut, foto: suzannita.com

Sebenarnya, Provinsi Lampung bukanlah satu-satunya daerah di Indonesia yang ‘memiliki’ keunikan daerah pasir timbul. Beberapa daerah lain, terutama daerah yang memiliki garis pantai di Indonesia, juga memiliki fenomena alam yang menarik ini.

Beberapa destinasi pasir timbul yang layak untuk ‘dikejar’ di negara kita ini, antara lain adalah pasir timbul di Raja Ampat, Papua. Siapa yang tak kenal pesona alam wilayah ini? Pasir timbul di Raja Ampat terletak di Pulau Mansuar, Kri serta Bianchi.

Di daerah Sulawesi Utara, dekat dengan kota Manado, juga terdapat pasir timbul atau bungin di Pulau Nain atau juga biasa disebut dengan Naeng. Ada juga di daerah Subang, yaitu di kawasan kampung Cirewang, yang sekaligus menjaga kawasan kampung dari hempasan air laut atau abrasi. Di salah satu wilayah di daerah Kepulauan Kei, Kab. Maluku Utara juga terdapat pasir timbul yang sering disebut dengan Ngurtafur Beach (bukan Ngurtavur).

Lokasi lain adalah di wilayah Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, yang sering dikenal dengan pasir timbul meti tobelo. Letak pulau tak berpenghuni ini ada di sebelah utara Pulau Meti, Tobelo. Ada juga destinasi wisata di pulau Kokoya, Morotai Halmahera Utara. Di Pulau Mengkudu, Lampung, Lombok, di Pulau Mekko daerah Kabupaten Flores Timur, Muara Gembong Bekasi, Inhil di Riau, serta di Kepulauan Seribu.

salah satu daya tarik Pasir Timbul, foto: twimg.com

Masing-masing lokasi pasir timbul ini memiliki keunikan pemandangan mereka tersendiri. Jadi, jangan mengira ketika sudah datang ke salah satu tempat, maka tempat yang lain tidak perlu didatangi. Ada hal-hal menarik yang mereka tawarkan serta keunikan wilayah Indonesia yang menjadi satu dalam perpaduan wisata bahari.

Nah, masih banyak bukan keindahan alam negara kita? Namun sayang sekali belum banyak informasi wisata yang diberikan untuk letak pasir timbul yang lain. Kali ini, tugas kitalah untuk menyebarkan informasi wisata negara kita kepada masyarakat luas.

Satu hal yang tidak boleh terlupa ketika menikmati pantai, tentu adalah tabir surya, sun block untuk mencegah paparan sinar matahari atau jerawat. Bila sudah siap semua, so… let’s explore and keep the place clean.