10 Gambar Pantai Dewi Mandapa Bandar Lampung + Harga Tiket Masuk

Pantai dewi mandapa bandar lampung pesawaran gebang kabupaten lokasi alamat dimana letak harga tiket masuk
Pantai Dewi Mandapa Bandar Lampung, foto: i.ytimg.com

Lokasi: Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Kode pos: 35451
Map: KlikDisini
HTM: Rp10.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-19.00
Telepon: 0821-8505-0577

 

pulau cinta lampung, foto: wisatalengkap.com

Salah satu wilayah bergaris pantai yang sering diburu oleh wisatawan adalah Lampung. Di tempat ini banyak pantai popular yang terkenal dengan kejernihan air serta ombak yang tenang. Di pantai, banyak wisatawan bisa menikmati pemandangan laut, berburu untuk mengabadikan momen sunset atau sunrise dalam bentuk gambar, foto, video, ataupun hanya sekedar berjemur.

Secuil Kisah Mengenai Destinasi Wisata

salan setapak di pantai, foto: tukangngetrip.blogspot.co.id

Pantai Dewi Mandapa adalah salah satu tujuan destinasi wisata pantai paling direkomendasikan di Lampung, khususnya dalam kalangan muda-mudi. Lokasi wisata ini merupakan pantai alami yang telah lama terabaikan dan terbengkalai. Beruntung karena pemerintah setempat telah berusaha membangun kesadaran terhadap warga sekitar pantai tersebut, sehingga boleh menata kembali kawasan pantai menjadi salah satu destinasi wisata.

Berkat usaha keras dari pihak pemerintah dan masyarakat tersebut, Dewi Mandapa menjadi salah satu incaran serta favorit para wisatawan yang hendak berkunjung ke Lampung. Lokasi instagramable ini juga mengundang minat wisatawan mancanegara untuk turut menikmati pesona eksotis dari kekayaan alam Provinsi Lampung.

Dimana Lokasi Dewi Mandapa?

pintu masuk menuju lokasi wisata, foto: malahayati.ac.id

Pantai Dewi Mandapa terletak di wilayah Padang Cermin. Secara administrative, pantai ini berada di Desa Gebang, Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran, Povinsi Lampung. Lokasi wisata ini terletak di tengah-tengah jalur penyeberangan dari Pantai Sari Ringgung ke Pulau Pahawang, yaitu dermaga Ketapang.

Rute yang harus dilalui bila ingin mencapai lokasi wisata ini adalah melalui jalanan kantor pemerintah Kota Bandar Lampung. Perjalanan dari Bandar Lampung hingga ke kawasan Padan Cermin ini membutuhkan waktu yang lumayan. Setelah itu, perlu untuk melewai jalanan onderlagh sekitar 50 meter untuk sampai ke pantai.

Perjalanan untuk mencapai pantai memang tidak mudah karena akses jalan yang belum begitu baik. Jalan untuk mencapai area pantai masih merupakan jalanan terjal dan belum diaspal. Hal ini diperparah dengan ruas jalan yang belum begitu lebar sehingga kendaraan seperti bus akan kesulitan untuk memasuki area ini.

Sampai di wilayah Padang Cermin, anda akan disambut dengan jalur masuk ke Pantai dengan pajang sekitar 0.5 km. Jalanan inilah yang harus mendapatkan energi ekstra karena belum merupakan jalanan yang diaspal. Pastikan kendaraan yang anda tumpangi berada dalam kondisi prima sehingga anda tidak kesulitan ketika melintasi medan ini.

daya tarik Pantai Dewi Mandapa, foto: kesiniaja.com

Untuk mendatangi Pantai Dewi Mandapa, perjalanan dari Terminal Rajabasa, Bandar Lampung, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam jarak tempuh. Dua jalur utama yang biasa ditempuh adalah jalur Jalan Pramuka-Jalan Teuku Cik Ditiro-Jalan Raden Imba Kusuma Ratu. Kemudian anda akan langsung dapat pergi ke daerah Padang Cermin.

Jalur kedua adalah jalur dalam kota Bandar Lampung ke arah Teluk Betung. Seperti yang telah dijelaskan tadi, bila melalui jalur ini, Anda akan melewati kawasan Kantor Pemerintah Kota Bandar Lampung hingga memasuki daerah Gudang Garam. Begitu melewati wilayah ini, anda bisa segera melaju ke wilayah Padang Cermin.

Keunikan Pantai Dewi Mandapa

Keunikan Pantai Mandapa yang terletak di Provinsi Lampung ini berhasil membuat penasaran para wisatawan yang memiliki akun Instagram. Karena termasuk salah satu destinasi wisata Lampung yang menjanjikan spot foto terbaik dan menarik. Banyaknya spot yang photoable ditambah dengan rayuan air laut berwarna biru semi kehijauan menjadi alasan kuat bagi wisatawan untuk menyegerakan diri menuju tempat yang begitu menggoda ini.

Latar pantai memang sangat menawan untuk menjadi background foto. Rimbunan pohon bakau yang menjaga pesisir pantai dari abrasi, masih tampak rindang. Biasanya, pengunjung akan memilih beberapa lokasi seperti Pulau Cinta dan Pohon Bakau. Pulau Cinta merupakan suatu pulau kecil, terdiri dari tumpukan pasir putih yang tampak mengapung di laut dengan bentuk mirip hati atau ‘love’.

pemandangan sekitar Pantai , foto: tukangngetrip.blogspot.co.id

Perjalanan untuk mencapai Pulau Cinta tidak begitu jauh, pun bisa dilalui dengan berjalan kaki. Diantara Pantai serta Pulau Cinta, terdapat jembatan penyeberangan yang terbuat dari kayu. Jembatan ini dibangun dengan sebuah gapura mini untuk menyambut wisatawan. Tulisan ‘Pulau Cinta Dewi Mandapa Pesawaran’ akan menjadi ucapan selamat datang, penanda bahwa wisatawan sudah mulai memasuki area pulau.

Spot foto kedua adalah rimbunan tumbuhan bakau yang telah ditata sedemikian rupa sehingga membentuk seakan-akan mengapung di tengah laut. Di tempat ini terdapat satu kursi kayu serta papan yang ditata dan dapat digunakan untuk berfoto. Bagi yang ingin mencoba mengambil beberapa gambar, disarankan untuk datang pada waktu pagi atau sore hari, hal ini untuk menghindari terik matahari.

Selain ber-selfie foto dengan latar belakang pantai yang begitu menawan, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain seperti camping di pesisir pantai. Perlengkapan camping serta beberapa life guard sudah tersedia di pesisir pantai. Tidak perlu khawatir bila tidak memiliki perlengkapan karena wisatawan bisa menyewa seluruh perlengkapan tersebut.

keseruan berwisata di Pantai Dewi Mandapa, foto: lihat.co.id

Secara administrasi, Pantai Dewi Mandapa memang dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 hingga 19.00 WIB. Namun, bagi pengunjung yang ingin melakukan camping maka akan diperbolehkan untuk menginap dengan membayar biaya administrasi tiket tambahan. Biaya per malam untuk menginap adalah sekitar Rp100.000. Biaya ini berlaku untuk tiap tenda per malam.

Bagi anda yang memiliki jiwa petualang tinggi, bisa mencoba untuk menginap di dekat pantai ini. Anda akan menikmati alunan suara deburan ombak, kicauan burung-burung. Anda juga bisa menikmati pemandangan laut lepas diwaktu malam. Bila cuaca sedang cerah, silakan mengabadikan momen sunrise dan sunset dengan camera.

Fasilitas Wisata Pantai Dewi Mandapa

Salah satu kondisi yang disayangkan di Dewi Mandapa adalah pinggiran atau bibir pantainya bukan berbentuk pasir putih pantai namun cenderung berlumpur. Kondisi ini akan menyulitkan bagi wisatawan ketika ingin berenang atau bahkan menikmati snorkeling di sekitar pantai. Namun, tidak perlu kecewa karena snorkeling atau berenang masih mungkin untuk dilakukan.

keindahan alam sekitar pantai, foto: tstatic.net

Pulau Cinta, yang terletak tidak jauh dari Dewi Mandapa, merupakan lokasi untuk snorkeling dan berenang bagi wisatawan pantai. Untuk memasuki wilayah ini, wisatawan masih dikenakan biaya tiket masuk tambahan karena belum termasuk dalam tiket awal. Sekalipun demikian, harga yang dipatok tidak begitu mahal, hanya sekitar Rp5.000 saja.

Di Pulau Cinta bukan hanya bisa menikmati snorkeling atau berenang saja, pasir di tempat ini juga dapat dimanfaatkan untuk bermain membuat beberapa bangunan pasir pantai. Terumbu karang di wilayah ini juga masih sangat terjaga keindahannya. Dengan air laut yang jernih, keindahan terumbu karang ini bisa dinikmati dengan snorkeling. Batasan untuk snorkeling adalah sekitar 100 meter dari garis pantai.

Bila cuaca sedang baik, selain terumbu karang, wisatawan bisa juga menikmati pemandangan ikan-ikan kecil yang berlarian, berenang ke sana ke mari. Tajamkan mata anda, dan bila beruntung, anda akan menangkap beberapa ubur-ubur yang melintas serta menyapa. Untuk menikmati fasilitas snorkeling ini biaya yang dikeluarkan tidak begitu mahal, hanya sekitar Rp40.000 saja.

salah satu fasilitas yang ada di pantai, foto: eloratour.files.wordpress.com

Di tempat ini juga telah disediakan sebuah bangunan sederhana dengan balkon unik yang dihias dengan paying seperti jamur serta patung-patung berhiaskan bunga. Wisatawan bisa menikmati waktu bersantai mereka di balkon tersebut, sambil sesekali sambil berjemur dan menikmati pemandangan pantai. Angin sepoi-sepoi basah khas pantai dan udara hangat akan menyambut hari bersantai anda.

Sangat disarankan juga untuk mengambil beberapa foto ketika sedang bersantai di wilayah balkon ini. Lokasi ini merupakan tempat dimana anda bisa mengambil beberapa foto terbaik dari rimbunan pohon bakau yang menghias pantai. Bagi para photographer traveler, bukankah ini adalah tempat yang baik untuk mengambil beberapa gambar? Selain itu, anda yang ingin melakukan pemotretan prewedding juga sangat dipersilakan.

Biaya Wisata Pantai Dewi Mandapa

Ketika akan memasuki wilayah wisata pantai, pengunjung akan diminta untuk membayar tiket masuk dengan harga Rp10.000 per motor atau Rp30.000 untuk mobil. Tiket masuk ini barulah berupa karcis untuk memasuki kawasan pantai. Bila wisatawan ingin menikmati berbagai aktivitas lain yang ada di kawasan wisata, maka harus merogoh kocek lebih dalam.

salah satu spot foto favorit di Pantai Dewi Mandapa, foto: okeinfo.net

Perlu dicatat juga bahwa tiket masuk tersebut berlaku untuk hari-hari biasa (bukan hari libur). Bila memasuki waktu liburan, maka harga yang ditetapkan untuk tiket masuk juga bertambah. Setiap sepeda motor yang ingin memasuki area wisata, dikenakan biaya masuk sekitar Rp15.000 sedangkan untuk mobil harus membayar tiket seharga Rp50.000.

Bila dibandingkan dengan beberapa pantai yang lain, tiket masuk ini mungkin terdengar agak mahal. Salah satunya memang karena lokasi wisata ini baru dikembangkan sehingga belum banyak yang mendukung secara dana. Untuk menitipkan kendaraan bermotor anda, juga diperlukan biaya parkir tambahan sekitar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Tips Wisata di Pantai Dewi Mandapa

Seperti kita tahu, daerah Lampung memang terkenal dengan keindahan pantainya. Bahkan hampir di tiap pantai yang ada di Lampung menyediakan fasilitas untuk snorkeling. Begitu pula di Dewi Mandapa, pantai ini menyediakan berbagai macam fasilitas, termasuk melakukan penyeberangan ke pulau-pulau kecil yang ada di kawasan Selat Sunda.