10 Gambar Lembah Hijau Bandar Lampung, Tiket Masuk + Harga Penginapan Cottage

Lembah hijau lampung cikarang lippo malino bandar tiket masuk bandulu karanganyar bontang mountain resort hotel multifarm angker harga cottage cipanas gambar anyer bogor penginapan solo alamat lombok timur novel cihanjuang peta waterboom foto agrowisata bandung nyanyian wisata residence cimanggis depok sukoharjo jaten 2017 villa lestari camp sentul farm gunung salak endah outbound indonesia mekarsari nirbaya agoda adalah kisah aku bertahan babakan banten kaltim cibatok cisauk cisarua dimana es fiesta fasilitas gobel garut gadog pt sawit perumahan hitam diatas putih hijaunya lereng pegunungan ijobalit info jeneponto jakarta jawa tengah jogja jatinangor yogyakarta jepara kolam renang kemiling klaten kalimantan selatan lotim
Lembah Hijau Bandar Lampung, foto: jejamo.com

Lokasi: Jln.Raden Imba Kusuma Ratu 21, Sukadana Ham, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung 35116
Map:
KlikDisini
HTM:
Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup:
07.15 – 18.00
Telepon:
(0721) 8050000

Bandar Lampung adalah ibukota propinsi Lampung yang padat penduduknya dan sebagai kota yang sibuk dengan aktifitas bisnis melalui jalur udara dan laut di Teluk Betung. Secara geografis, kota Bandar lampung memiliki wilayah yang lengkap karena memiliki dataran rendah, tinggi serta pantai sebagai pelabuhan yang menjadi jalur laut dan mendukung kegiatan peta ekonomi di propinsi Lampung tersebut.

Selain itu, Bandar Lampung juga menjadi kota yang memiliki banyak tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar propinsi. Salah satu tempat wisata yang sangat menarik adalah Taman Wisata Lembah Hijau yang memiliki banyak fasilitas lengkap untuk rekreasi dan hiburan bagi keluarga. Lembah Hijau merupakan wisata yang menggabungkan antara keindahan alam, wahana permainan dan hiburan serta pusat konservasi satwa langka yang dilindungi. Tentu saja para wisatawan bisa menikmati semua fasilitas rekreasi dalam satu lokasi sehingga lebih puas.

taman bermain untuk anak-anak, foto: surgakita.com

Lembah Hijau memiliki luas wilayah sekitar 30 hektar sehingga bisa memiliki fasilitas yang lengkap berupa taman wisata dan aneka satwa serta taman bermain. Lokasi wisata ini berada di daerah pinggiran selatan kota Bandar Lampung dan merupakan wilayah perbukitan .

Alamat tepatnya ada di Jalan Raden Irma Kusuma ratu, Kecamatan Sukadana Ham, Kecamatan Tanjung Karang Barat. Kawasan wisata ini berada di sekitar Perumahan lembah Hijau kemiling. Obyek wisata ini mulai beroperasi sejak tanggal 14 April 2007 dan menjadi wisata favorit bagi masyarakat Bandar Lampung dan sekitarnya.

Wahana Wisata di Lembah Hijau

  1. Waterboom

Waterboom merupakan wisata air yang menyajikan beberapa fasilitas kolam renang, perosotan ke kolam renang, kolam arus, gelas tumpah serta spiral slide dan lainnya. Fasilitas perosotan memang cukup tinggi serta terdapat dua perosotan berwarna hijau dengan bentuk panjang dan bentuk melingkar. Para pengunjung bisa mencoba kedua perosotan dan menikmati asyiknya meluncur dari atas menuju kolam renang.

kandang burung belikat, foto: wisatawan.id

Di bawah perosotan yang tinggi, terdapat perosotan kecil dan tentunya lebih aman digunakan untuk anak-anak dengan tinggi sekitar 1 meter.  Para pengunjung juga bisa mencoba sensasi seperti berada dibawah air terjun dan diguyur air ketika berada di bawah wahana gelas tumpah. Anak-anak juga bisa menyewa ban sehingga suasana lebih asyik serta bisa digunakan untuk belajar berenang.

Selain itu, kolamnya sangat bersih dan terawat yang membuat para pengunjung betah berlama-lama mandi di kolam. Di sekeliling Waterboom terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai ataupun mengambil foto. Jumlah keseluruhan ada 4 kolam renang dengan ukuran berbeda yang di sesuaikan dengan fasilitas dan kegunaannya. Ada pula beberapa jembatan besi sehingga akses dari satu kolam ke kolam lainnya lebih mudah dijangkau.

  1. Taman Bermain Anak Lembah Hijau

Wahana taman bermain memang penting untuk anak-anak agar bisa lebih nyaman menikmati wisata di Lembah Hijau. Taman bermain anak berupa tanah lapang dan hijaunya padang rumput serta terdapat wahana bermain perosotan dan ayunan. Bentuk perosotan sangat unik karena untuk bermain perosotan, harus menaiki rumah kayu dan perosotan juga tertutup seperti terowongan. Rumah perosotan bentuknya seperti model eumah dari Jepara yang terhubung dengan jembatan kayu untuk wahana outbound.

Waterboom, foto: tstatic.net

Di pinggir taman terdapat tempat duduk berbentuk gazebo atau terbuka yang biasa digunakan untuk bersantai. Selain itu, ada juga wahana petualangan yaitu sebuah jembatan kayu dan tali yang berada di antara pohon dan bangunan kayu 4 lantai yang biasa dijadikan untuk sarana outbound. Permainan menantang lainnya adalah memanjat jaring tali untuk mencapai puncak bangunan sebagai latihan ketangkasan.

Di taman ini juga terdapat sebuah panggung untuk pertunjukan musik ataupun tempat instruktur senam aerobik. Sudah banyak artis-artis dari Jakarta yang tampil di panggung ini terutama artis dangdut yang sedang naik daun. Pihak pengelola sering menggelar pertunjukan musik dan mengundang artis-artis tanah air untuk menghibur pengunjung Lembah Hijau.

Wahana lainnya adalah kereta api mini dan anak-anak bisa mencoba menjadi masinis untuk menjalankannya. Ada juga wahana komidi putar sebagai permainan hiburan dan ada juga permainan mobil-mobilan atau boom-boom car sebagai pelengkap wahana wisata.

Taman Bermain Anak Lembah Hijau, foto: wisatasumatera.com

Sedangkan wahana hiburan yang berupa pertunjukan, diantaranya cinema 4D berkapasitas 6 orang dan pentas satwa sebagai sarana tontonan bagi pengunjung. Hiburan lainnya adalah rumah hantu sebagai uji nyali bagi pengunjung yang pemberani dengan suasana angker dan menyeramkan. Wisata permainan lainnya untuk kalangan dewasa dan anak-anak adalah paintball atau airsoft gun. Pihak pengelola juga menyediakan tempat untuk camp area ataupun berkemah sebagai wisata menginap di kawasan Lembah Hijau.

  1. Kebun Binatang Taman Satwa Lembah Hijau

Satwa yang menjadi favorit adalah gajah Sumatera dengan kandang besar, namun terbuka dengan atap seng. Ada beberapa kawanan gajah di tempat wisata ini dan pengunjung juga bisa melihat pawang yang sedang memandikan gajah.  Selain itu, para pengunjung juga bisa menaiki gajah dan berkeliling di sekitar area taman atau riding elephant.

Ada juga beberapa satwa yang menghuni Lembah Hijau dan setiap satwa memiliki tempat yang luas sehingga serasa hidup di alam bebas. Satwa yang pertama adalah burung Pelikan yang ada di taman luas dengan kolam air sehingga pelikan bisa berenang sesuka hati serta disediakan sarang dalam bentuk bangunan batu yang digunakan sebagai tempat tidur.

kolam renang yang ada di lokasi wisata, foto: tribunnews.com

Binatang lainnya adalah beberapa beruang madu yang tinggal dalam sebuah taman luas dilengkapi dengan ban dan pepohonan serta kolam air sebagai tempat bermain. Di pinggir taman terdapat sebuah kolam kosong  yang agak besar sehingga beruang tidak bisa menjangkau keluar taman.

Selain itu, ada pula buaya yang berada di dalam taman dengan kolam kecil di tengahnya sebagai tempat berendam dan ada juga gua buatan sebagai tempat tidur. Tanah dalam taman dipenuhi rerumputan dimana ada pohon rindang agar buaya tidak kepanasan. Di pinggir taman di kelilingi tembok tinggi agar buaya tidak keluar dari sarangnya.

Hewan lainnya adalah rusa tutul atau kijang yang bertanduk panjang yang berada di dalam kandang yang luas dengan pagar kayu dan besi. Di luar kandang tersedia tumpukan daun-daunan yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk memberi makan kepada rusa. Selain rusa tutul, ada juga rusa Jawa yang berwarna coklat muda.

Orang utan juga berada di tempat wisata ini yang ada di dalam kandang besi besar dan tinggi sekitar 10 meter sehingga hewan ini bisa bergerak bebas. Di dalam kandang terdapat banyak batang kayu dan besi yang biasa digunakan untuk bergelantungan naik turun. Hewan yang satu ini memang agak galak sehingga perlu ditempatkan dalam kandang karena sangat agresif terhadap manusia.

pintu masuk menuju area wisata, foto: wisatajalan.com

Sementara spesies sejenisnya yaitu Siamang, ditempatkan dalam taman yang luas dikeliling kolam besar. Di tengah taman terdapat pohon besar dan juga pohon buatan yang bisa dijadikan tempat bermain. Selain itu, ada juga bangunan kayu yang biasa digunakan sebagai rumah bagi siamang.

Para pengunjung juga bisa menyewa kuda untuk berkeliling di sekitar taman dengan didampingi para guide. Kandang kuda ditempatkan dalam area padang rumput dan bentuk kandangnya seperti rumah yang terbuat dari kayu dan atap genteng. Ada beberapa ekor kuda yang berwarna hitam, coklat serta putih dan semuanya bisa disewa para pengunjung.

Untuk spesies burung juga ditempatkan di lokasi terpisah yang dinamakan Bird Park dan terdapat beberapa jenis yang unik. Ada sepasang burung merak dengan ekor indah dan berwarna-warni serta bentuknya seperti kipas. Selain itu, ada juga burung rangkong dengan paruh panjang dan tanduk diatasnya yang merupakan spesies yang unik dan sudah jarang. Burung lainnya adalah kakak tua berwarna putih dan memiliki suara nyaring.

Satwa lainnya adalah beberpa jenis ikan yang ditempatkan dalam kolam besar dan diatasnya diberikan paranet sebagai pelindung dari sengatan matahari. Di tengah kolam terdapat jembatan agar para pengunjung bisa melihat ikan-ikan lebih dekat. Di sebelah kolam ikan terdapat sebuah bangunan dengan meja kursi yang bisa digunakan untuk bersantai.

Harga Tiket Masuk Lembah Hijau

lembah hijau resort hotel, foto: tripadvisor.com

Pihak pengelola tempat wisata Lembah Hijau memberikan harga tiket masuk yang berbeda-beda karena ada harga tiket biasa dan harga paket. Harga tiket biasa juga berbeda-beda, untuk pengunjung umum Rp.10.000 dan pelajar Rp.8000. Sedangkan parkir kendaraan roda 4 Rp.5000 dan kendaraan  roda 2 Rp.2000 dengan tempat parkir yang sangat luas. Sedangkan harga paket tiket masuk Rp.27.000 termasuk berkunjung ke taman satwa, pentas satwa serta taman burung.

Harga Penginapan Cottage Taman Lembah Hijau

Tempat penginapan Lembah Hijau dibangun dengan konsep cottage sebagai rumah tinggal dan lengkap dengan berbagai fasilitas rumah tangga seperti ruang tamu, dapur dan meja makan, TV, AC serta lainnya. Tersedia 5 type cottage yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan menginap, ada type kakak tua cottage, nuri cottage, jalak cottage, merak cottage dan Cendrawasih Cottage.

Cendrawasih Cottage adalah rumah berbentuk segitiga sama sisi atau kerucut dengan kombinasi batu alam dan kayu berwarna coklat sehingga berkesan natural. Lokasi sekitar cottage adalah rumput dan pohon-pohon seperti suasana desa. Memiliki fasilitas 2 kamar tidur, ruang tamu dan meja kursi, serta meja makan. Harga yang ditawarkan sekitar Rp.1.300.000 per malam.

salah satu restoran yang ada di dalam tempat wisata, foto: lembahhijaulampung.com

Sedangkan Merak Cottage di desain dengan bentuk rumah biasa, pada bangunan bawah 1 meter menggunakan batu alam dan bangunan atas menggunakan kayu. Fasilitas 1 kamar dan tempat tidur serta  kamar mandi dalam. Harga yang ditawarkan pihak pengelola sekitar Rp.1.000.000. Untuk Kakaktua Cottage bentuk bangunan seperti rumah biasa dengan konsep minimalis. Memiliki fasilitas 1 kamar dan 1 tempat tidur, meja dan kursi tamu serta meja makan kaca, juga 1 kamar mandi dengan harga sekitar Rp.800.000.

Pada Cottage Jalak memiliki bangunan dari kayu dan bambu dan bentuknya segi empat. Fasilitas yang ditawarkan juga hampir sama dengan type lainnya. Para pengunjung bisa mencoba bermalam di cottage ini dengan membayar harga sekitar Rp.900.000. Bangunan Nuri Cottage lebih besar dari type lainnya serta memiliki banyak jendela dengan bahan dasar dari kayu dan bambu. Fasilitas juga lebih lengkap dan para pengunjung bisa mencoba menginap dengan membayar harga sekitar Rp.1.500.000.

penginapan dekat dengan lokasi wisata, foto: lembahhijaulampung.com

Selain Cottage ada juga fasilitas restoran yang menyajikan berbagai menu spesial yang dimasak para chef handal agar masakan terasa lezat dan enak di lidah serta berbagai minuman es. Bangunan restoran terbuat dari kayu seperti rumah adat Lampung yang memiliki 2 lantai dengan view pemandangan Lembah Hijau yang indah. Konsep restoran dalam bentuk meja kursi dan ada juga dalam bentuk lesehan.

Fasilitas lainnya adalah bangunan ruang meeting dengan kapasitas 220 orang serta bisa digunakan untuk acara lainnya seperti ulang tahun dan pesta. Untuk pemesanan cottage dan meeting room bisa melalui situs Agoda atau melihat apakah ada info jadwal yang kosong sehingga bisa segera memesannya.

Lembah Hijau juga pernah diangkat sebagai dalam tema sebuah novel dengan  kisah menarik yang berjudul Kisah Lembah Hijau hingga 3 seri. Dalam novel tersebut terdapat juga nyanyian yang berjudul Aku Bertahan dengan gambar seorang perwira militer dan harga novel tersebut di tahun 2017 sekitar Rp.52.000.

Nama Lembah Hijau di Kota Lain di Indonesia

Ternyata nama lembah hijau juga digunakan di beberapa kota di seluruh Indonesia untuk tempat wisata, villa, hotel dan resort, serta perumahan ataupun residence. Salah satunya adalah Lembah Hijau Hotel & Resort Ciloto dan Gadog yang berada di Kota Cipanas, Cisarua, Kabupaten Cianjur Jawa Barat sebelah barat kota Garut.

Sedangkan di kota Bandung juga ada kawasan perumahan yang menggunakan nama tersebut, yaitu Lembah Hijau Cihanjuang dan Perumahan Mekarsari Endah dengan banyak rumah yang berwarna hijau. Di daerah Sumedang juga ada Perumahan Lembah Hijau Jatinangor di Kecamatan Tanjug Sari. Nama perumahan tersebut juga sama dengan yang ada di kawasan Depok, Jakarta Selatan yaitu Lembah Hijau Cimanggis dan Perumahan Lembah Hijau Gobel Mekar Sari.

ramainya pengunjung yang datang, foto: lembahhijaulampung.com

Tempat lainnya yang menggunakan nama tersebut adalah Lembah Hijau Malino yang ada di Kota Tinggimoncong, kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan sebagai Camp and resort yang menawarkan fasilitas outbound dan area wisata lainnya. Sementara di Jawa Tengah juga ada tempat wisata yang bernama Agrowisata Lembah Hijau Jaten Karanganyar yang menawarkan pariwisata agrowisata dengan persawahan dan perkebunan dengan pemandangan yang indah.

Selain itu, Di propinsi Kaltim juga ada Taman Rekreasi Lembah Hijau yang bersebelahan dengan Kebun Raya Unmul Samarinda yang memiliki banyak jenis tanaman. Salah satunya adalah pohon sawit yang tumbuh diatas lereng pegunungan sebagai komoditas utama di pulau Kalimantan. Masih di propinsi Kaltim, ada juga tempat wisata yang bernama Lembah Hijau lestari Bontang yang menawarkan wahana waterboom dan wisata dengan alam hijau. Sedangkan di Propinsi Sulawesi Selatan juga ada wisata Lembah Hijau Rumbia yang ada di Kota Rumbia, Kabupaten Jeneponto.

Di wilayah timur Indonesia ada juga wisata yang bernama Lembah Hijau Desa Ijobalit Lotim yang berada di Propinsi Lombok Timur. Tempat wisata lainnya ada Lembah Hijau Bandulu yang ada di kawasan Anyer yang menawarkan wahana out bound dengan alam bebas. Wisata outbound lainnya adalah Lembah Hijau Babakan yang ada di Tangerang, Banten dengan fasilitas camping ground dan flying fox. Di daerah Bekasi juga ada lokasi perumahan, kos dan penginapan yang menggunakan nama Taman Lembah Hijau, tepatnya di daerah Lippo Cikarang.

Ada juga sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan serta wisata alam yang bernama PT.Lembah Hijau Multifarm. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di daerah Solo dan memiliki banyak anak perusahaan di beberapa wilayah. Salah satunya ada di daerah Sukoharjo dengan Lembah Hijau Fiesta,  Sragen dan Klaten serta kota-kota lainnya.

Ada juga perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang peternakan dan agrobisnis di daerah Bogor yang bernama Garuda Farm Sentul. Perusahaan ini adalah wisata edukasi dan outbound bagi pengunjung yang ingin belajar tentang peternakan dan perkebunan. Wisata lainnya adalah Kolam Renang Toyo Lembah Hijau Cisauk Landuh di Desa Cibatok kawasan puncak Bogor dan berada di kaki Gunung Salak. Di Kota Jogja juga ada tempat wisata Taman Bacaan Qur’an Lembah Hijau yang berada di kawasan pantai daerah Bantul Yogyakarta.