by

10 Gambar Kebun Binatang Pematang Siantar, Harga Tiket, Nomor Telepon, Jam Buka +hewan Yang Ada di Lokasi

Kebun binatang pematang siantar harga tiket 2017 gambar kebanjiran foto alamat berita buaya lepas video tentang lepasnya dari masuk lokasi pemilik rahmat sejarah hewan yang ada nomor telepon jam buka
Kebun Binatang Siantar, foto: wisatatiga.com

Lokasi: Jalan Gunung Simanuk-Manuk, Teladan, Siantar Barat, Sumatera Utara 21144
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 25.000/ Orang
Buka/Tutup: 08.00–17.00
Telepon: (0622) 21611

Keunikan Kebun Binatang Pematang Siantar

Selain Danau Toba atau Istana Maimun yang terkenal di Sumatera Utara, ada kebun binatang yang cukup menarik untuk jadi destinasi liburan Anda. Namanya adalah Kebun Binatang Pematang Siantar atau populer juga dengan nama Taman Hewan Pematang Siantar.

pengunjung bisa mencoba menaiki gajah, foto: airyrooms.com

Kebun binatang ini memiliki status sebagai koleksi binatang yang terlengkap di Sumatera Utara bahkan jauh lebih lengkap dari kebun binatang di Kota Medan. Alamat Kebun binatang ada di Jalan Gunung Simanuk-Manuk Pematang Siantar, Sumut.

Terdapat ratusan spesies hewan yang ada di Kebun Binatang Pematang Siantar. Selain itu, terdapat sebuah pusat karantina binatang-binatang yang sedang terinfeksi virus atau sakit. Selain itu masih dalam satu area terdapat juga sebuah museum binatang yang diawetkan.

wahana bermain di kebun binatang, foto: hewan-terlangka2016.blogspot.co.id

Jadi, binatang-binatang yang mati di kebun binatang tidak dimusnahkan, dibuang atau dikubur melainkan diawetkan. Tidak hanya refreshing cuci mata namun juga bisa memberikan edukasi terhadap anak-anak. Kebun binatang ini sangat cocok untuk wisata keluarga atau wisata edukasi siswa.

Yang agak kurang dari Kebun Binatang Pematang Siantar adalah lahannya yang kurang luas. Meskipun demikian pengunjung yang datang lumayan banyak terutama saat musim liburan seperti saat ini.

beberapa hewan yang ada di kebun binatang, foto: liputan6.com

Banyaknya pengunjung yang datang disebabkan adanya lokasi taman bermain untuk anak-anak diantaranya flying fox, mandi bola, perahu bebek dan lain-lain. Jadi, tidak hanya melihat-lihat binatang yang ada disini tapi dapat juga bermain. Pertimbangan lainnya adalah cukup mengirit biaya karena arena bermain dan belajar tentang alam sekitar terdapat dalam satu area.

Hal lainnya yang membuatnya unik adalah kebun binatang ini berhasil mendapat gelar sebagai lokasi wisata serta konservasi hewan langka. Oleh sebab itu, bagi para pengunjung yang ingin melihat koleksi hewan langka dan tinggal di sekitar Sumatera Utara atau yang sedang berkunjung di kota Pematang Siantar, datangllah ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Pematang Siantar 2017

pawang sedang memberi makan kuda nil, foto: tribunnews.com

Sejak tahun 2017 harga tiket naik dari Rp. 15.000 per orang kini menjadi Rp. 25.000 per orang. Namun, harga sekian cukup terjangkau jika dibandingkan keseruan, kesenangan dan edukasi yang didapat. Sesaat setelah memasuki lokasi dari pintu masuk kebun binatang, Anda disuguhkan pemandangan alam yang asri dan sejuk.

Kebun binatang terlengkap se-Sumatera Utara ini terdapat ratusan spesies diantaranya mamalia, unggas, dan reptil. Dengan tarif  segitu, pengunjung dapat melihat koleksi spesies mamalia lebih dari 51 ekor, spesies unggas lebih dari 113 ekor dan spesies reptil lebih dari 19 ekor diisni.

pintu masuk menuju kebun binatang, foto: waspada.co.id

Yang mendapatkan paling banyak minat pengunjung adalah di area hewan buas meliputi singa afrika serta harimau. Pada saat kemari, banyak pengunjung yang memadati kawasan ini hendak melihat dan mengamati langsung si raja rimba atau sekedar mengambil gambar, foto selfie hingga mengabadikan dalam bentuk video.

Banyak yang menjadikan singa atau harimau sebagai background selfie. Pastikan saat pengambilan foto jangan terlalu dekat dengan pembatas karena ditakutkan melalui celah, sang binatang buas dapat sewaktu-waktu menerkam tubuh Anda terutama jika bawa anak-anak harus full pengawasan jangan sampai lengah sedikitpun.

Jika misalkan Anda berasal dari sebuah institusi pendidikan atau hendak ramai-ramai membawa anak-anak kesini sebaiknya hubungi pihak kebun binatang dahulu, nomor telepon (0622) 21611 atau langsung saja datang melakukan pemesanan tiket dari jam buka pukul 8 pagi dan tutup pukul 5 sore.

Sejarah Kebun Binatang Pematang Siantar

denah Kebun Binatang Siantar, foto: pariwisatasumut.net

Kebun binatang ini bermula dari hobby Dr. Coonrad yang memiliki ketertarikan terhadap zoologi. Beliau adalah pejabat pemerintahan kolonial Belanda pada waktu itu. Kebun binatang pemantang siantar ini juga merupakan salah satu dari sekian kebun binatang yang tertua di seluruh tanah air.

Kebun Binatang Pematang Siantar pertama kali diresmikan adalah pada tanggal 27 November 1936. Sejak pertama didirikan namanya sudah seperti itu. Akan tetapi, saat pengelolaan kebun binatang berpindah pemilik kepada DR. H. Rahmat Shah pada tahun 1996, namanya berubah menjadi Taman Hewan Pematang Siantar.

Dahulu kepengurusan kebun binatang dibawah Pemda langsung namun akhirnya berpindah ke pemilik Rahmat International Wildlife Museum and Gallery. Sejak berdiri kebun binatang ini telah dikelola dengan cukup baik sehingga semakin meningkat dan koleksi hewannya semakin lengkap.

Terbukti dengan kerja keras para petugas, Kebun Binatang Pematang Siantar tak pernah sepi pengunjung khususnya saat akhir pekan. Setelah beberapa tahun, manajemen kebun binatang beralih sepenuhnya kepada Pemda Pematang Siantar sehingga pengelolaannya semakin lebih baik.

Zebra di Kebun Binatang Pematang Siantar, foto: lihat.co.id

Pada tahun 2015 silam berita tentang 18 ekor buaya kebun binatang siantar lepas memang benar. Untung saja tidak memakan waktu lama untuk menangkap mereka kembali kekandang. Lepasnya para buaya disebabkan karena kebanjiran yang begitu dahsyat kala itu. Ini adalah kebanjiran pertama yang dialami kebun binatang sejak 76 tahun yang lalu.

Tempat Wisata Populer Lain di Pematang Siantar

Selain kebun binatang, ada juga tujuan wisata lain di Pematang Siantar seperti Kuliner Siantar City Square. Selain roti ganda, Anda juga harus mencoba mie pangsit siantar yang sangat populer sekali. Sempatkanlah berburu kuliner dikawasan ini saat berada di Pematang Siantar.

Selanjutnya ada Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar. Vihara ini sudah sangat populer dan hits dikalangan para traveller disebabkan terdapat patung Dewi Kwam Im yn yang tinggi menjulang ke angkasa.

proses pemberian makan buaya, foto: jelasberita.com

Sejak tahun 2005 tepatnya pada tanggal 15 November, Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar resmi dibuka untuk beribadah pemeluk agama Buddha juga sebagai tempat wisata. Sedangkan proses pembangunan patung Dewi Kwan Im sendiri memakan waktu selama 3 tahun. Patung ini diproduksi dan diimpor lagsung dari Tiongkok.

Pada tahun 2012 yang lalu, Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar mengalami kebakaran oleh karenanya proses pembangunannya masih berlangsung hingga sekarang. Patung Dewi Kwan Im ini adalah yang tertinggi di tanah air. Tinggi patung mencapai 22,8 m. Karena ketinggiannya ini, dari jarak jauh pun telah nampak patung sang Dewi dari kejauhan.

Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar berlokasi di Jl. Pane tepatnya ada di Jl. Vihara. Akses mencapai lokasi ini sangat mudah dan dapat diraih dari mana saja. Anda dapat mengaksesnya dari Siantar Square yang memiliki jalan penghubung sampai sini kemudian dapat juga lewat jalan Pane atau Jalan Narumonda.

Patung Dewi Kwan Im ini sangat iconic dan telah menjadi destinasi pilihan saat berada di Pematang Siantar. Biasanya para wisatawan mengabadikan moment dengan mengambil gambar berlatar belakang patung sang Dewi.

koleksi burung merak yang ada di kebun binatang, foto: yusufsitumorang7.blogspot.co.id

Rekomendasi tempat wisata saat berada di Pematang siantar lainnya adalah Museum Simalungun. Berada di Jl.Sudirman No. 20, Pematang Siantar, Kel. Proklamasi, Kec. Siantar Barat, Kab. Simalungun,Sumatera Utara. Koleksi yang ada di museum ini sekitar 866 buah dari etnografi maupun arkeologi.

Saat masuk kedalam museum, Anda akan terkesima dengan keindahan koleksi benda yang ada disini. Pertama kali memulai pembangunan museum adalah pada bulan April tahun 1939 sedangkan pembangunan baru rampung pada bulan Desember tahun 1939.

Pada awalnya ini merupakan Rumah Pusaka Simalungun dan pada waktu itu diresmikan pada tanggal 30 April 1940. Bagi yang mencintai sejarah atau fotografi dengan tema jadul, ini pasti jadi favorit tempat wisata Anda ketika ke Pematang Siantar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed