10 Gambar Kebun Bibit Wonorejo 1 2 Surabaya Taman Flora + Peta Alamat Lokasi

Kebun bibit surabaya wonorejo 2 taman flora 1 rungkut manyar bratang kebon peta alamat ngagel map gambar lokasi tutup jam buka berapa nav baru prewedding arah angkot ke asal usul dua baratajaya kota jawa timur latar belakang biaya masuk cerita letak deskripsi daerah prewed nirwana eksekutif fasilitas foto htm hotel harga dekat karaoke info jalan operasional rute kantor kuliner keunggulan pintu luas
Kebun Bibit Wonorejo, Foto: aroundguides.com

Lokasi: Jl. Kendal Sari Blok RK No.70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, 60297
Map: Klik Disini
HTM: –
Buka/Tutup: 06.00-18.00
Telepon: –

Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, menjadikannya sebagai kota metropolitan yang sangat ramai, dengan lokasi kota yang strategis, semakin meningkatkan kunjungan wisatawan maupun pendatang baru ke kota pahlawan ini.

Tujuan wisatanya pun semakin bertambah dari tahun ke tahun. Tak hanya itu saja, bahkan pemerintah kota selalu meningkatkan tata ruang kota menjadi semakin baik. Terutama taman kota yang semakin bertambah.

Indahnya Kebun Bibit, Foto: surabaya-bagus.blogspot.com

Adanya taman kota ini tak hanya menambah cantik dan menarik dari sebuah kawasan kota, melainkan juga sebagai tempat bersantai untuk pengunjung. Taman kota selalu didesain dengan unik serta dibuat sangat luas dengan aneka tempat duduk, atau sarana bermain maupun olahraga, dan juga adanya semacam gazebo untuk berteduh ataupun beristirahat sambil berkumpul bersama teman ataupun keluarga.

Salah satu dari taman kota yang menarik dan ramai pengunjung di Surabaya, Jawa Timur adalah kebun bibit. Kebun bibit di Surabaya memiliki dua lokasi. Kebun bibit 1 berada daerah Ngagel Jaya. Sedangkan lokasi kebun bibit 2 berada di kawasan Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Keduanya memiliki beberapa perbedaan, walaupun tujuannya sama-sama menghijaukan kota. Berikutnya akan dijelaskan beberapa info mengenai dua kebun bibit ini.

Danau di Kebun, Foto: flickr.com

Asal-usul Kebun Bibit Surabaya

Sebelum membahas mengenai kebun bibit Surabaya, perlu diketahui juga apa yang menjadi latar belakang dibuatnya sebuah kebun bibit. Kebun bibit merupakan areal perkebunan yang sangat luas dengan berbagai macam jenis tumbuhan yang sengaja dibudidayakan. Kebun ini umumnya dibuat sebagai sarana sumber oksigen di kota, sekaligus membuat kota terlihat lebih hijau dan sejuk.

Berbeda dengan panasnya kota Surabaya, saat masuk ke kebun bibit, rasanya lebih berbeda. Udaranya sejuk, dan bila bernapas dalam terasa lega, karena di kawasan kebun bibit udara cukup bersih. Jadi, masuk ke sini, pikiran jadi lebih fresh, selain itu juga tidak dikenakan biaya masuk alias gratis masuk kebun bibit ini.

Untuk Foto Pasangan, Foto: ecchan.wordpress.com

Penataan untuk bagian dalam kebun sendiri pun cukup menarik dan dipenuhi juga rerimbunan pepohonan. Oleh karenanya sering juga di sini dijadikan tempat untuk prewed atau foto untuk prewedding.

Selanjutnya tentang dua lokasi kebun bibit di Surabaya. Pertama adalah kebun bibit ngagel. Saat berkunjung ke tempat ini, pertama yang akan dilihat adalah papan namanya, bertuliskan Taman Flora. Mungkin akhirnya jadi sering disebut kebun bibit, karena tempatnya yang rindang banyak aneka tumbuhan juga.

Letaknya yang strategis cukup menarik minat para pengunjung. Taman ini juga memiliki sarana bermain untuk anak-anak, dan juga terdapat kebun binatang mini untuk melengkapi suasana di taman flora atau kebun bibit ngagel ini. Binatang yang dapat dilihat di sini adalah kancil, rusa, kelinci, juga ada kolam ikan. Pengunjung pun dapat memberi makan hewan-hewan lucu ini. Bila ingin memberi makan, dapat membeli seikat kacang panjang atau makanan ikan terlebih dahulu, cukup membayar harga Rp 1000 saja.

Kolam ikan yang ada di tengah taman ini membuatnya jadi tampak lebih indah, sekaligus menenangkan karena suara gemericik air dari air mancurnya. Anda tidak akan merasa rugi datang ke sini, walaupun hanya sekedar berjalan-jalan.

Wisata Edukasi, Foto: indoinspector.blogspot.com

Selanjutnya, beralih ke kebun bibit 2 yang berada di area Wonorejo, Rungkut , Surabaya. Pada mulanya, kebun bibit Wonorejo ini belumlah menjadi kebun bibit, lokasinya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Namun, karena memiliki areal yang sangat luas, bahkan lebih luas dari taman flora atau kebun bibit Ngagel, maka pemerintah kota berinisiatif untuk membuat lahan hijau terbuka yang digunakan untuk wadah pembibitan tumbuhan.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Kebun bibit ini memang dimaksudkan hanya untuk lokasi pembibitan saja, namun, pada akhirnya dibuka untuk umum sebagai lokasi taman kota juga. Kedua kebun bibit Surabaya ini sama-sama memiliki sarana bermain untuk anak-anak. Ada yang membedakan antara yang di ngagel dengan di Wonorejo, yaitu danau buatan.

Kebun bibit Wonorejo memiliki danau buatan yang menambah sejuk suasana di kebun bibit Wonorejo ini, selain itu juga menjadi lokasi favorit untuk istirahat sejenak di pinggir danau atau melakukan pengambilan foto/gambar. Adanya danau ini menjadikannya sebagai latar belakang fotografi yang menarik untuk momen spesial.

Selain danau, ada juga bukit mini yang cukup luas untuk melakukan aktivitas seperti berolah-raga atau bermain dengan anak-anak. Adanya kebun bibit Wonorejo ini untuk mempromosikan program penghijauan yang dicanangkan oleh pemerintah kota, selain juga untuk mempercantik kota dan menyejukkan.

Panorama Kebun Bibit Wonorejo, Foto: mongabay.co.id

Untuk lebih jelasnya berikut ini akan diuraikan beberapa fasilitas yang terdapat di Kebun Bibit Wonorejo ini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat danau yang berada di tengah taman, lengkap dengan dermaga yang selalu menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Untuk sarana bermain anak, ada wall climbing khusus anak. Jadi, bagi anak-anak yang sedang berkunjun ke kebun bibit wonorejo ini, dapat mencoba wall climbing untuk melatih kekuatan tangan dan kaki, serta melatih respon sensorik anak. Wall climbing ini berada di dekat pintu masuk dan menyediakan peralatan untuk wall climbing juga.

Untuk penggemar binatang, di sini dapat melihat rusa serta beberapa jenis ungags seperti bebek dan angsa yang cantik. Pengunjung dapat melihat beberapa angsa yang berenang di danau ataupun memberi makan rusa yang ada di sini.

Ramai Pengunjung, Foto: ideliburan.com

Selanjutnya ada lahan jogging track serta area untuk fitness. Pengunjug selain jalan-jalan, juga dapat berolahraga di sini. Ada beragam alat fitness yang dapat digunakan pengunjung secara gratis. Untuk anak-anak ad ataman bermain yang memiliki sarana permainan anak dengan lengkap.

Keunggulan lainnya dari kebun bibit Wonorejo yang tidak dimiliki kebun bibit Ngagel adalah taman bunga dan rumah anggrek. Tentunya tempat ini menjadi sangat favorit, terutama adanya rumah anggrek sendiri, yang merupakan tempat pembibitan beragam macam tanaman anggrek. Utamanya adalah anggrek hias. Pastinya juga selain bibit anggrek, di sini juga terdapat berbagai macam bibit tumbuhan yang sengaja dibudidayakan untuk persediaan sebagai tanaman hias di tiap sudut kota.

Ada bibit tanaman, tentunya ada pupuknya. Di sini terdapat rumah kompos, yang mana sesuai namanya adalah tempat yang digunakan untuk mengolah sampah, khususnya sampah organik untuk dijadikan pupuk yang akan digunakan sebagai penyubur tanaman di seluruh sudut kota.

Papan Nama, Foto: alfiyan.com

Bagi para pengunjung yang merasakan kurang enak badan, badan seperti pegal-pegal dan lainnya karena gangguan dari peredaran darah yang kurang lancar, dapat mencoba terapi batu. Pengunjung dapat berjalan-jalan di atas bebatuan yang dibuat sedemikian rupa untuk terapi. Ini cukup berguna untuk mengembalikan stamina tubuh Anda.

Fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan di sini adalah, lokasi berkemah, tempat untuk wisata kuliner, karena ada beberapa stan kuliner dalam area kebun bibit Wonorejo ini. Kebon ini juga dilengkapi kran air siap minum, dan toilet. Untuk para pengunjung juga dapat ikut senam pagi yang diadakan setiap hari minggu, mulai jam 05.30 pagi, serta cukup membayar Rp 2000 untuk tiap pertemuan.

Kebun bibit Wonorejo ini dekat dengan Pondok Nirwana Surabaya, yang merupakan kompleks perumahan eksekutif di rungkut. Jadi, bagi yang tinggal di rungkut, mungkin dapat jalan santai atau sambil bersepeda di hari minggu kea rah kebun bibit.

Liburan Seru di Surabaya

Sebagai kota metropolis, kota pahlawan ini memang banyak terdapat mall atau bangunan modern lainnya. Namun, tetap mempertahankan beberapa bangunan kuno dan bersejarah di beberapa daerah di Surabaya. Misalnya House of  Sampoerna, pengunjung dapat datang ke museum yang didirikan oleh yayasan Sampoerna, serta dapat melakukan city tour dengan bus yang telah disediakan. Ada juga monumen kapal selam, dan beberapa tempat lainnya yang dapat memberikan edukasi tersendiri bagi pengunjung.

Beberapa tempat hiburan, tempat makan atau kuliner yang unik, hingga indahnya pantai Kenjeran, akan memberikan pengalaman liburan unik bagi Anda yang ingin berkunjung ke kota ini. Tempat karaoke sangat menjamur di Surabaya ini, mulai dari yang paling murah hingga ke tempat karaoke paling eksekutif ada di Surabaya.

Ada tempat karaoke di Surabaya yang sangat terkenal, yaitu nav. Tempat karaoke yang ramah keluarga ini tersebar di beberapa area kota, seperti di daerah manyar, bratang, dan ngagel jaya. Namun, ada yang baru saja tutup, yaitu di daerah baratajaya. Sangat menyenangkan berkaraoke di sini, tempatnya nyaman, pilihan lagunya pun banyak serta memiliki sound yang berkualitas.

Wisata Murah, Foto: reresepan.com

Untuk jam operasional tempat karaoke nav ini, berbeda-beda untuk setiap cabangnya. Namun, jam buka tetap jam sepuluh pagi dan tutup, ada yang jam dua pagi, ada juga yang jam dua belas malam, tergantung kebijakan tiap cabang. MIsalkan Anda pulang dari kantor atau menghabiskan weekend dengan teman atau keluarga, dapat pergi berkaraoke ke nav, tempat karaoke keluarga.

Bila Anda ingin berpetualang keliling kota Surabaya, dapat menggunakan bus city tour atau yang dinamakan bus Surabaya heritage track, disediakan oleh pemerintah kota dan cukup membayar sebesar Rp 7500 saja. Ingin yang lebih menantang? Anda dapat menggunakan angkot untuk bepergian. Jangan lupa untuk membawa peta atau gunakan google map, karena kota Surabaya memiliki wilayah yang sangat luas.

Rute untuk bus Surabaya heritage track ini, berkeliling kota ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Surabaya. Tidak dikenakan biaya saat akan menaiki bis ini. Bis ini beroperasi pada jam 09.00 pagi, 13.00, dan pukul 15.00. Perjalanan keliling kota dengan menggunakan bus ini memiliki tema berbeda di setiap perjalanan. Di antaranya adalah, Surabaya kota Pahlawan, Babatan Surabaya, Surabaya Kota Niaga.

Macam-macam Hiburan di Surabaya

Tidak hanya kebun bibit yang alamatnya terdapat di Ngagel Jaya serta Wonorejo saja yang menjadi tujuan wisata favorit di Surabaya. Masih ada beberapa tujuan wisata lainnya, yang juga gratis, tanpa membayar harga tiket masuk atau tanpa htm, dan dapat berjalan-jalan di dalamnya.

Salah satu tempat favorit untuk jalan-jalan santai, foto-foto, dan juga hangout di Surabaya adalah Taman Bungkul. Usut punya usut, ternyata Taman Bungkul ini adalah taman terbaik di dunia menurut PBB. Taman yang berlokasi di area Darmo ini mempunyai banyak keunggulan di banding taman lainnya.

Banyak sekali fasilitas yang disediakan di sini. Adanya jaringan wi-fi gratis yang dapat diakses oleh semua pengunjung di taman Bungkul adalah salah satunya. Taman seluas 900 meter ini memiliki banyak fasilitas penunjang seperti taman lainnya, namun dengan kondisi yang maksimal.

Pengelola Taman Bungkul menyediakan arena bermain untuk anak-anak, tidak hanya itu saja, di tengah taman pun, Anda dapat melihat air mancur yang menghiasi taman. Ingin makan atau minum? Di sini juga tersedia stan pedagang makanan dan minuman yang teratur dan juga bersih, serta nyaman untuk makan di sini. Namun, tetap menjaga kebersihan.

Ternyata Taman Bungkul adalah tempat ziarah Sunan Bungkul. Letak makam dari Sunan Bungkul di bagian belakang taman. Beliau adalah ulama besar pada masa Kerajaan Majapahit di abad XV.

Khusus untuk akhir pekan, di sini sering diadakan berbagai acara hiburan. Acara musik yang lebih sering diadakan. Fasilitas pendukung yang disediakan adalah amfiteater dengan diameter sebesar tiga puluh tiga meter. Cukup untuk mengadakan acara live acoustic band, atau street dance, dan seni teatrikal yang menarik banyak pengunjung untuk menonton.

Rekreasi di Pinggir Kota, Foto: koperwisata.id

Untuk para skater, bisa juga main di taman Bungkul, karena disediakan jalur skate serta BMX track. Lainnya adalah jogging track, jadi pengunjung pun dapat berolahraga dengan bebas di sini. Satu kata yang dapat mendeskripsikan Taman Bungkul adalah Keren!

Surabaya tak hanya menarik minat wisatawan lokal saja, melainkan juga wisatawan mancanegara. Oleh karenanya banyak hotel di Surabaya. Saat Anda akan melakukan pemesanan liburan ke Surabaya, pastikan juga untuk mendapat tempat menginap yang pas, sesuai dengan budget, serta bisa dekat dengan lokasi wisata. Hotel yang strategis menentukan tujuan wisata Anda.

Kota Pahlawan ini juga menjamur mall-mall besar mulai dari utara hingga selatan. Anda juga bisa tur ke mall-mall di Surabaya, setiap mall memiliki tema tersendiri. Paling unik adalah Surabaya Town Square, Lenmarc Mall, dan Pakuwon. Memang, isinya mall pasti sama saja, untuk di kota ini, memiliki konsep mall yang berbeda-beda. Bahkan ada yang mengalami perluasan seperti Tunjungan Plaza Surabaya. Mall ini termasuk yang favorit, karena letaknya di pusat kota.