10 Foto Taman Prestasi Surabaya, Alamat Lokasi + Jam Buka Malam Hari

Taman prestasi surabaya stadion bontang kota sby jawa timur alamat lokasi tangerang banten 15111 dimana ahmad yani bungkul kaltim stadium indonesia 2017 foto blc terletak denah deskripsi genteng gambar malam hari informasi jogja jkt48 jembatan jalan ketabang kali maps peta rute letak tempat tentang yogyakarta jam buka tiket masuk sejarah wisata perahu kalimas jadwal
Taman Prestasi Surabaya, Foto: aroundguides.com

Alamat: Jl. Ketabang Kali No.6, Ketabang, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272
Map/Peta online: Klik Disini
Jam Buka: tiap hari, 09.00 – 18.00
Harga Masuk: Gratis, Rp4.000 (Perahu)
Contact Person: –

Surabaya, sebuah kota dengan wilayah yang cukup luas, adalah kawasan yang meyimpan banyak kisah sejarah penting dan memiliki banyak sekali sisi keindahan yang mewakili Jawa Timur. Surabaya memiliki tata ruang kota yang bagus dengan banyak sekali ruang hijau yang dikelola oleh pemerintah setempat.

Berbagai taman indah dan terawat ada di kota bersejarah ini, antara lain Taman Bungkul, Taman Mundu, Taman Gantung, Taman Flora, Taman Balaikota, Taman Empu Tantular, Taman Apsari, Taman Monumen, Taman Jayengrono, Taman Skate dan BM, dan terakhir sebuah taman yang akan kita bicarakan, satu taman yang isinya unik nih Sobat Traveler, Taman Prestasi Surabaya.

Taman Keluarga, Foto: panduanwisata.id

Taman Prestasi Surabaya merupakan salah satu taman yang begitu terkenal di Kota Pahlawan, taman tersebut banyak dikunjungi dan menjadi tempat favorit bagi keluarga terutama pada saat weekend. Btw, di tempat lain juga ada hloh nama stadion dan taman yang sama persis dengan yang di Surabaya ini, di Bontang, Kaltim yang punya Stadion dengan nama stadion “Taman Prestasi”, di Tangerang, Jalan Ahmad Yani, Sukarasa, Kota Tangerang, Banten 15111, juga ada sebuah taman bernama “Taman Prestasi” persis bukan?  Di Jogja juga ada sebuah taman yang serupa bernama “Taman Pintar”.

Perlu tahu nih sobat travelers, taman yang terletak di sekitar Jalan Ketabang ini dibangun tahun 1992 dan diresmikan pada tahun 1995 oleh ibu Basofi Sudirman, istri dari seorang Gubernur yang memimpin Jawa Timur pada tahun 1993-1998. Pada awalnya taman ini dinamai “Taman Pintar”, akan tetapi setelah beberapa lama taman ini berganti nama dengan Taman Prestasi Surabaya.

Taman Yang Populer di Surabaya, Foto: kotamini.com

Taman Prestasi Surabaya berada tepat di pusat kota, tempat yang straegis ini menjadi alasan besar mengapa taman tersebut selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang. Nama Taman ini unik bukan? “Taman Prestasi Surabaya”, Nama Taman ini kemungkinan besar berasal dari replika-replika penghargaan yang berada di beberapa titik dalam taman, beberapa penghargaan tersebut semisal penghargaan Adipura Kota Raya Terbersih tahun 1992 dan Wahana Tata Nugraha 1992 (Ketertiban Lalu-lintas).

Denah Lokasi

Luas taman ini kira-kira 6000 meter persegi, lokasi taman ini memanjang di sepanjang Sungai Kalimas, taman ini dikelola oleh pemerintah untuk kembali menghidupkan suasana wisata air kota Surabaya. Jadi sambil menghabiskan waktu di taman, pengunjung dapat menikmati keberadaan sungai, kadang malah pengunjung akan melihat beberapa pendayung (mungkin atlit) sedang latihan di sungai yang alirannya cukup deras tersebut. Kalau orang Surabaya lokal pasti tahu sungai yang menjadi ikon Kota Pahlawan ini, karena penamaan “Surabaya” sendiri terkait dengan keberadaan sungai ini.

Suasana Rindang, Foto: wikimapia.org

Daya Tarik Taman

Kalau berbicara tentang taman tentu dalam benak seseorang akan terbayang banyak pepohonan dan tanaman, ya benar di taman tersebut ada berbagai jenis tanaman bunga dan tanaman besar ditanam di taman ini, rumput-rumputan yang segar dan terawat, asik bukan, dijamin deh ga mungkin bentar kalau pengunjung berada dalam taman ini. Salah satu hal unik yang menjadi ikon taman tersebut adalah Monumen Pesawat Tempur berjenis Bomber B-26 Intruder. Namanya juga kota pahlawan, pesawat tersebut adalah monument bersejarah untuk mengenang jasa pahlawan Indonesia dalam perang kemerdekaan dari tahun 1950 hingga tahun 1977.

Daya Tarik

Pertama kali memasuki Taman tersebut, maka kesan pertama kali adalah sejuk, nyaman, dan asri, mengingat Surabaya adalah kota yang panas kalau pas musim panas maka taman ini bisa jadi alternatif pengunjung untuk sedikit mencari kesegaran murah di tengah kota.

Saat Malam, Foto: hellosurabaya.com

Selain itu, pemandangan yang unik dari taman ini adalah pengunjung dapat melihat bagian belakang dari Gedung Grahadi, bangunan bersejarah yang telah ada sejak jaman Belanda. Ada juga jembatan gantung kecil yang terbuat dari kayu, fungsi jembatan itu adalah menghubungkan taman kepada halaman Gedung Grahadi. Tetapi untuk sekarang ini, jembatan itu tidak lagi dapat dipakai untuk umum karena telah ditutup dan di larang untuk melewatinya.

Selain cantik, bersejarah, nyaman, taman ini juga ramah dengan setiap orang hloh, kenapa? Tiket masuk alias Gratis. Hanya tinggal membayar uang parkir kendaraan aja nih. Bagi yang membawa kendaraan bermotor parkir motor ada di dalam area taman, tetapi kalau yang bawa mobil harus parkir di tepi jalan raya atau parkiran jalan di sekitar Jalan Ketabang.

Bermain dan Belajar, Foto: ainizahra111.blogspot.com

Fasilitas

Taman Prestasi Surabaya memiliki fasilitas yang paling lengkap bila dibandingkan dengan taman-taman lain yang berada di kota Surabaya:

  1. Keindahan Taman

Taman ini sangat terawat, apalagi pada era Walikota sekarang ini, yang terkenal dengan penggiat taman dan memperhatikan lingkungan. Pengunjung taman ini selalu ramai bahkan pada hari biasa.

  1. Sarana Bermain Anak

Taman ini adalah tempat favorit keluarga, apalagi yang baru saja memiliki momongan kecil, ada banyak fasilitas bermain untuk anak-anak yang pastinya digemari oleh mereka. Beberapa permainan tersebut seperti ayunan, prosotan anak, jungkat jungkit, dab beberapa hal lagi.

  1. Panggung terbuka

Di tengah area taman ada sebuah panggung terbuka berbentuk lingkaran yang dikelilingi tempat duduk dengan peneduh, ga terlalu besar sih, jika dibandingkan dengan panggung terbuka yang ada di Taman Bungkul, kalah jauh deh. Di tempat ini biasanya banyak orang akan duduk bersantai sambil makan atau membaca buku.

Papan Nama, Foto: asaro9.wordpress.com
  1. Panggung untuk Hiburan

Ada juga panggung hiburan yang biasa dipakai untuk acara tertentu, seperti lomba menyanyi atau hiburan dangdut. Tempat ini bisa dijadikan untuk mengadakan acara tertentu, tenang bos! Listrik lancar jaya. Tempat ini pernah dipakai untuk manggung artis ibukota, JKT 48. Yang Pasti selalu ada jadwal hiburan rakyat yang diselenggarakan di tempat ini.

Bangku Taman Prestasi, Foto: wisataman.wordpress.com
  1. Pesawat Bomber B-26 Intruder

Monumen Pesawat Bomber B-26 Intruder, wahana baru. Monumen ini diresmikan oleh Walikota Surabaya sebelumbnya yang memimpin kota Periode 2000-2010, Bapak Bambang Dwi Hartono pada 19 Juli 2006. Monumen ini terdiri dari sebuah pesawat perang kecil yang masih utuh. Di dekat pesawat ada sebuah prasasti yang menunjukkan data pesawat tersebut, sejarah singkat mengenai pesawat ini yang pernah terlibat dalam operasi penumpasan RMS di Maluku Selatan pada tahun 1950.

  1. Spot Wifi

Wah ini nih yang bikin anak muda betah nongkrong berlama-lama di taman ini hingga malam hari, hehe…tapi jangan untuk download ya karena masih tergolong lemot.

  1. Wisata Air

Ini nih, yang paling dicari banyak pengunjung dan yang paling ramai di Surabbaya, wahan air. Perahu yang melintasi Sungai Kalimas. Biayanya sangat murah, sampai tahun 2017 ini masih Rp4.000,00. Tenang retribusi ini sudah diatur oleh perda ko, tentang penggunaan kekayaan alam.

Tempat Wisata di Surabaya, Foto: reservasi.com
  1. Broadband Learning Centre (BLC)

Demi memajukan sumber daya masyarakat, maka digagaslah BLC yang merupakan tempat untuk pembelajaran IT. Semua yang memiliki KTP Surabaya, memiliki akses untuk memakai fasilitas khusus ini. Bagian ini sangat disukai oleh banyak kaula muda, karena dengan begitu mereka dapat memperoleh ketrampilan yang dibutuhkan di era saat ini

  1. Mushola

Jangan sampai melupakan yang namanya ibadah ketika menikmati keindahan sang Pencipta, di taman ini terdapat sebuah mushola yang bisa dipakai oleh umat muslim.

  1. Kamar Kecil

Di taman ini jangan buang air kecil sembarangan ya, pengelola taman sudah menyiapkan toilet umum yang bisa digunakan oleh siapapun dan bersih.

  1. Sentra PKL

Pengunjung tidak perlu takut kelaparan nih, ada sentra pedagang kaki lima yang menjual beberapa macam jajanan dan minuman bagi pengunjung.

Tempat Berlibur Murah, Foto: wisata-tanahair.com

Rute ke Taman Prestasi

Sekarang sudah jamannya peta online nih sobat, kalau mau pakai motor atau mobil bisa ketikan “Taman Prestasi Surabaya” di bagian pencarian maka dengan mudah Anda akan dibimbing oleh google ke tempat tersebut. Kalau pakai kendaraan umum sobat bisa naik bus, turun di beberapa terminal Surabaya dan naik ojek, semua orang Surabaya tahu lokasi taman ini ko jangan khawatir.

Demikian deskripsi Taman Prestasi Surabaya Sobat, silahkan membuktikan dengan langsung datang ke TKP. Salam Traveler.