10 Foto Taman Kupu Kupu Gita Persada Lampung, Biaya Tiket Masuk + Alamat Tempat Wisata

Taman kupu kupu lampung gita persada bandar sejarah hutan kecamatan alamat lokasi tiket masuk biaya denah misteri rumah bandung bogor tabanan bsd bantimurung kemenuh kebumen bali ciapus alian krakal cihanjuang borobudur gianyar ditutup butterfly park cilember cisarua wedding cikokol tangerang tutup foto fasilitas garahan gandus palembang harga sewa hotel dekat ipoh indonesia ilir bukit kecil kota sumatera selatan jakarta jogja jolong jember jawa tengah timur karimun lembang kuala lumpur kemiling magelang makassar maros malang makasar malaysia mini penang map nasional no telp objek wisata puncak parongpong penebel pvj sinarwangi serpong singapore semarang sulawesi surabaya sawahlunto sdc tmii tenjolaya sari terbesar tangkahan ubud ungaran ugm video wanasari cimahi tempat yogyakarta youtube
Taman Kupu Kupu Gita Persada Lampung, foto: lihat.co.id

Lokasi: Jln. Way Rahman, Kec. Kemiling/Kec. Hutan, Kab.Pesawaran, Lampung 35156, Indonesia
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 10.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-17.00 WIB
Telepon: +62857-6464-7399

Di era globalisasi seperti ini, memang nampak bak pedang bermata dua. Bagaimana tidak? Ditengah gencarnya gempuran perkembangan teknologi & internet yang kian pesat, menjadikannya bak buah simalakama.

Di satu sisi, pesatnya perkembangan teknologi saat ini menjadikan masyarakat kita khususnya kaum muda lebih mudah dalam mengakses beragam informasi dari belahan dunia mana pun di dalam layar baik smartphone maupun pc.

rumah pohon, foto: eloratour.files.wordpress.com

Di sisi lain, masyarakat kita pun kini bak melupakan jati diri & tumbuh kembang generasi penerusnya. Tak lagi seperti generasi yang ada pada era 90an dimana beragam lagu anak-anak menghiasi masa kecilnya, anak jaman sekarang justru sudah di cekoki oleh teknologi & juga lagu-lagu yang belum sepatutnya di perdengarkan pada mereka.

Masih ingatkah anda pada lagu Kupu-kupu yang lucu? Rasa-rasanya lagu-lagu seangkatan lagu tersebut, sudah tidak pernah lagi di perdengarkan. Pun demikian dengan nasib sang kupu-kupu yang bila kita perhatikan, kian hari kian berkurang populasinya.

Bila dulu ketika main sore anda masih bisa melihat banyak capung maupun kupu-kupu berkeliaran di sekitar, maka bandingkan dengan kini? Masihkah ada hal-hal tersebut?.

Menyadari hal tersebut berbagai daerah di penjuru Indonesia bahkan hingga ke Negara tetangga seperti Singapore & Malaysia pun turut membuat Taman maupun Tempat Penangkaran khusus untuk melestarikan serangga ini sekaligus menjadi objek wisata edukasi, beberapa di antaranya seperti di negara Singapore dengan Singapore Sentosa berupa Insect Kingdom sekaligus Butterfly Park di Singapura

pemandangan di dalam penangkaran kupu-kupu, foto: yopiefranz.com

Ada pula Eco Park Ipoh, Penang Butterfly Farm & Butterfly Park di daerah Kuala Lumpur dengan lokasi ketiganya di Negeri jiran Malaysia.

Di Indonesia sendiri banyak sekali tempat untuk dijadikan sebagai penangkaran bagi Kupu-kupu, baik yang berwadah Taman Nasional maupun dibawah pengelolaan oleh swasta, beberapa di antaranya seperti TamNas tak jauh dari Kota Makassar (double S ya! Bukan Makasar karena bisa beda daerah nantinya) yakni Taman Nasional Bantimurung di kawasan Sulawesi Selatan atau tepatnya di daerah Maros.

Lanjut ke Pulau dewata, Bali punya Ubud Kupu-kupu Foundation, Penebel Butterfly Park & Bali Butterfly Park di kawasan Tabanan wanasari, serta penangkaran terbesar ialah Kemenuh Butterfly Park di Gianyar.

Lanjut ke Jawa Timur, ada Taman Kota Surabaya yang begitu dipenuhi Kupu-kupu, bahkan wana wisata ini tak jarang menarik warga Malang untuk berkunjung ketempat tersebut.

Di Jawa Tengah, punya Alian Butterfly Park di Krakal Kebumen, ada juga Butterfly Park Karimunjawa di Kab.Jepara, Taman Kupu-kupu di Garahan Jember, Semarang punya Kampoeng Kopi di Ungaran, Butterfly Park di Lembah UGM, ada juga di Agrowisata Jolong, Yogyakarta? Sudah pasti punya dong! Jogja punya Taman kupu-kupu di Kawasan Kaliurang, serta Butterfly Park yang tak jauh dari Borobudur Magelang.

Sementara Jawa Barat sendiri punya Taman Kupu-kupu yang letaknya masih dalam kawasan Cimahi atau lebih tepatnya di Cihanjuang Parongpong di daerah Lembang, ada juga Pvj Bandung dengan Skyfieldnya.

museum di taman kupu kupu, foto: i.ytimg.com

Sementara Bogor sendiri memiliki 3 lokasi Taman Kupu-kupu yakni di Tenjolaya atau tepatnya di daerah Kampung Sinarwangi Tamansari Bogor, Ciapus serta Taman Kupu-kupu yang masih 1 lokasi dengan Curug Cilember di Cisarua Puncak.

Sementara kawasan ibukota Jakarta & Tangerang pun turut meramaikan penangkaran serangga yang satu ini, di Jakarta sendiri yang paling terkenal ialah Taman Mini dengan Taman Kupu-kupu tmii, Scientia Square Park atau yang lebih akrab disebut SDC di BSD Serpong Tangerang, serta Taman Kunci (Kupu-Kupu & Kelinci) di Cikokol.

Pun demikian dengan Sumatera tak ingin tertinggal, meski Taman Kupu-kupu Gandus yang ada di 22 ilir-Bukit Kecil Palembang telah ditutup, namun sumatera masih memiliki beberapa taman yang diantaranya seperti di Tangkahan yang merupakan kawasan penyangga dari Taman Nasional yang ada di Gunung Leuser, ada juga Taman Satwa Kandi di Sawah lunto.

Eitss tunggu dulu, masih ada 1 lagi tempat hits & akan kita bahas kali ini dari Sumatera yakni Taman Kupu-kupu Gita Persada di daerah Bandar Lampung. Penasaran seperti apa wisata hits ini? Yuk simak artikel yang satu ini!.

Sekilas Sejarah Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung

tempat penangkaran kupu-kupu, foto: lihat.co.id

Taman kupu-kupu ini, ternyata telah eksis sejak 20 tahun yang lalu di sumatera atau tepatnya pada kisaran tahun 1997. Di tahun tersebut, sumatera tengah mengalami krisis lahan dimana banyak lahan  rusak begitu saja di hutan-hutan sumatera akibat eksploitasi berlebih atas nama bisnis semata.

Hal ini tentunya berdampak besar bagi ekosistem yang ada, sehingga dicetuskan lah ide untuk mendirikan taman yang satu ini untuk menghindari kepunahan massal bagi hewan maupun serangga khususnya bagi beragam jenis Kupu-kupu di Sumatera.

Penggagas pendirian Taman Kupu-kupu Gita Persada sendiri, diprakarsai oleh Anshori Djausal serta Herawati Soekardi dimana keduanya sama-sama memiliki visi untuk menjadi teladan di bidang konservasi kupu-kupu bagi seluruh dunia. Taman ini rupanya telah berdiri selama 20 tahun lebih & kini telah memiliki lebih dari 140 jenis Kupu-kupu Sumatera termasuk Attacus Atlas.

pembuatan habitan untuk kupu-kupu, foto: zonabiokita.web.id

Untuk itulah Taman Kupu-kupu Gita Persada hadir & menjadi sarana konservasi untuk terus menjaga serta melestarikan serangga yang tak hanya cantik namun juga memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan tanaman disekitarnya.

Lokasi Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung

Taman Kupu-kupu dengan nama Gita Persada ini, beralamat di sebuah desa di Kaki Gunung Betung, bernama Desa Tanjung Manis di Jl.Way Rahman. Desa ini sendiri masuk di kawasan pemerintahan Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Penataan denah fasilitas nan apik, disertai dengan tempat yang begitu asri menjadi nilai plus bagi Taman Kupu-Kupu yang satu ini.

Keindahan & Keunikan Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung

keunikan yang dimiliki oleh taman kupu-kupu, foto: malahayati.ac.id

Meski banyak kepercayaan yang menyatakan kehadiran ataupun keberadaan Kupu-kupu di suatu tempat bisa jadi merupakan suatu pertanda akan suatu hal yang mungkin saja akan terjadi, namun dibalik semua itu tentunya yang paling penting untuk di perhatikan saat ini ialah keberadaan mereka yang nyatanya semakin “tersisih” diantara kehidupan kita.

Terutama bagi anda yang hidup di kota-kota besar, untuk bisa menemukan 1 ekor saja untuk masuk kerumah saat-saat ini rasanya bisa dibilang 1000:1.

Hal ini disebabkan karena serangga cantik ini memiliki sensitivitas dengan lingkungan sekitar, bila terlalu berpolusi / panas maka serangga ini cenderung memilih untuk bermigrasi ketempat lain.

Memasuki Taman Kupu-Kupu ini, para pengunjung akan dibawa kedalam suasana hutan nan asri dengan vegetasi pepohonan rimbun di sekelilingnya dengan beberapa anak tangga sekaligus jalan setapak dengan trek tanah untuk memudahkan setiap pengunjung.

Tak ketinggalan beragam fasilitas pun di hadirkan untuk menambah keseruan momen liburan di Taman Kupu-kupu Gita Persada.

Fasilitas di Taman Kupu-Kupu Gita Persada

menara pandang, foto: saibumi.com

Beberapa fasilitas yang telah tersedia di Taman Kupu-kupu ini, ialah :

  1. Sangkar Kupu-kupu

Di sangkar berukuran besar ini lah, ratusan Kupu-kupu Sumatera di kembangbiakan & dikonservasi agar tidak punah. Tak hanya dapat menikmati keindahan dari keberagaman Kupu-kupu di penangkaran ini dari dekat, anda juga bisa menemukan beberapa pupa menempel di dedaunan & tumbuhan sekitar, bahkan bila beruntung, anda bisa melihat proses bagaimana Kupu-kupu dewasa keluar dari Pupa.

Banyak juga mahasiswa datang untuk melakukan penelitian & mencatat setiap progres baik dengan foto maupun video. Bahkan saking indahnya, banyak muda-mudi yang berselfie ria, membuat vlog youtube, maupun sewa tempat untuk melakukan sesi pre-wedding di tempat ini.

  1. Rumah Pohon

Tak hanya menikmati keindahan Kupu-kupu dengan beraneka ragam, pengunjung pun berkesempatan untuk menikmati keindahan panorama dari kaki gunung betung dari Rumah pohon sebagai fasilitas tambahan.

Tak hanya sekedar Rumah pohon yang memiliki 1 tingkat saja, namun ditempat ini disediakan pula Rumah pohon hingga ketinggian 3 lantai. Selain itu di beberapa spot juga tersedia saung-saung yang dapat anda pergunakan untuk bersantai selepas menikmati keindahan alam di sekitar.

Ditempat ini anda bisa menghabiskan waktu baik untuk sekedar bersantai sambil menunggu anak yang tengah bersenda gurau di Children’s Playground, namun juga dapat dipergunakan untuk menyantap perbekalan.

salah satu penagkaran di taman kupu kupu, foto: tukangngetrip.blogspot.co.id
  1. Children’s Playground

Selain kedua fasilitas di atas, di Taman Kupu-kupu ini anda juga bisa menemukan fasilitas untuk bermain bagi anak-anak. Sehingga tak hanya mendapat edukasi & hiburan seputar Kupu-kupu, anak anda juga bisa mendapatkan hiburan lainnya dengan bermain di Children’s Playground seperti Perosotan, Ayunan, Bangku kayu & lain sebagainya.

  1. Museum

Bagi anda penghobi koleksi souvenir berbentuk Kupu-kupu, di Taman Gita Persada ini anda bisa menemukan beragam bentuk serta ukuran & warna-warna yang berbeda beda dari setiap jenis kupu-kupu yang telah di awetkan. Tak hanya itu, di tempat ini anda juga bisa menemukan beberapa kerajinan berbahan kayu untuk buah tangan anda.

Children’s Playground, foto: liburananak.com

 

  1. Kafetaria

Bagi anda yang tak suka repot memasak maupun membawa perbekalan, di Taman Gita Persada ini anda juga bisa membeli beberapa makanan untuk mengganjal perut. Sayangnya di kafe ini hanya tersedia sedikit menu sederhana, seperti Mie baik di rebus maupun goreng, Nasi goreng, Es jeruk serta tak ketinggalan Es teh manis.

  1. Toilet

Fasilitas yang tentu wajib dimiliki bagi tiap objek wisata baik yang dikelola secara Nasional maupun yang dikelola oleh swasta, kebersihan fasilitas yang satu ini pun biasanya menjadi nilai tambah tersendiri untuk menentukan kenyamanan bagi tiap wisatawan.

Jam operasional & Harga tiket masuk Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung

Bagi anda yang ingin berlibur & bersantai disini namun masih bingung kapan jam buka tutup dari Taman Gita Persada ini, menurut info Taman Gita Persada buka mulai pukul 8 pagi WIB & akan ditutup pada pukul 5 sore WIB. Untuk tiket masuknya pun biayanya tergolong murah, cukup 10 ribuan bagi 1 orang anda sudah dapat melihat ragam Kupu-kupu Sumatera sedekat ini. Jadi tunggu apalagi? Bagi anda yang ingin berkunjung, dapat melihat rute / hotel terdekat menggunakan google map maupun menghubungi no telp untuk informasi lebih lanjut.