10 Foto Masjid At Taqwa Cirebon, Alamat Hotel Dekat Lokasi + Jadwal Pengajian

Masjid at taqwa cirebon bekasi hotel dekat alamat tempo dulu west java foto gambar lokasi menara remaja kota agung adidharma gunung jati jawa barat indonesia jadwal pengajian raya sejarah surabaya semarang
Masjid At Taqwa Cirebon, foto: tripadvisor.com

Lokasi: Jl. R.A Kartini No. 2, Kelurahan Kebonbaru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 24jam
Telepon: –

Berwisata tidak hanya harus bersenang-senang, menikmati pemandangan, dan menghabiskan banyak uang untuk belanja, bermain, dan sebagainya. Hal yang dapat dilakukan saat berwisata yakni juga mempelajari pengetahuan dalam objek wisata tersebut, jadi wawasan pengunjung juga bertambah.

Berwisata tidak harus mahal seperti ke mall, waterpark, taman bermain, dan lain sebagainya yang dapat merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah. Sederhananya, refreshing untuk jalan-jalan dapat dilakukan seperti wisata sejarah dan wisata religi, dimana wisatawan tidak perlu membayar fasilitas muluk.

gedung islamic center, foto: tripadvisor.com

Berbicara mengenai wisata religi, banyak sekali manfaat yang didapatkan selain pengetahuan sejarah dan agama di objek wisata tersebut. Ketakwaan kita terhadap Tuhan pun akan makin bertambah diselingi dengan hiburan berupa sensasi dan kesenangan baru.

Salah satunya adalah dengan mengunjungi Masjid Raya At Taqwa di Kota Cirebon, dekat dari Stasiun Cirebon itu sendiri. Nama Masjid At Taqwa sendiri sudah tidak asing lagi karena ada bangunan yang juga bernama sama di daerah Bekasi, lebih tepatnya di Rawa Lumbu.

Tetapi di Jawa Barat, Masjid At Taqwa di Cirebon memang lebih terkenal dibandingkan di Bekasi, maka dari itu bangunan tempat beribadah ini juga menjadi tempat wisata religi.

pengajian di Masjid , foto: wardhanahendra.blogspot.co.id

Masjid Raya At Taqwa atau yang dulunya bernama Tajug Agung ini adalah bangunan kuno dibuat pada jaman tempo dulu tahun 1918 dan selesai tahun 1951. Tempat ini memiliki menara tertinggi dengan ukuran 65 meter dengan total banyaknya adalah 5 menara di sekeliling bangunan.

Lokasi pusat beribadah di Cirebon ini sangat strategis karena dekat dengan hotel penginapan, kantor pemerintah, stasiun dan berada di pusat kota. Pengunjung dapat datang kesini mengikuti jadwal pengajian yang berlaku untuk beribadah bersama maupun hanya untuk melihat-lihat.

Berikut informasi lengkap mengenai alamat, foto-foto, gambar, hotel terdekat, hingga jadwal pengajian dari Masjid At Taqwa Cirebon ini.

Fasilitas dan Akomodasi

keindahan Masjid At Taqwa Cirebon pada malam hari, foto: tripadvisor.ie

Masjid At Taqwa ini memiliki tingkat dua lantai yang mampu menampung kapasitas pengunjung sebanyak 5.500 orang. Bangunan ini semulanya dinamakan Tajug Agung dengan bangunan yang sudah cukup tua, namun setelah direnovasi, barulah nama Masji At Taqwa ini diberikan.

Di depan tempat seluas 5.000 meter persegi ini sendiri terdapat alun-alun Kejaksan untuk menyambut wisatawan atau penduduk sekitar saat datang. Di luar bangunan utama, terdapat undakan menghiasi eksterior luar masjid, memikat pengunjung untuk duduk-duduk sebentar di pelataran tempat tersebut.

gerbang masuk utama ke dalam masjid, foto: viva.co.id

Karena sudah dibangun sejak tahun 1950an, Masjid At Taqwa ini sendiri memiliki desain interior tempo dulu yang berpadu dengan arsitektur modern. Keindahan di dalamnya dapat dilihat dari beberapa foto dan gambar diambil dari pengunjung disana, mulai dari foto bagian dalam hingga gambar luar bangunan.

Tempat beribadah umat Islam ini didesain dengan bentuk menara ala Timur Tengah namun juga memiliki komposisi budaya Jawa Tengah yang kental dan dipadukan secara seimbang. Sehingga keunikan tempat wisata religi ini dapat dijuluki sebagai The Beauty of Middle East in West Java.

Berlokasi di pusat kota membuat masyarakat yang berlalu lalang di jalanan ini pasti akan selalu melewati masjid mewah ini, bahkan ada beberapa pengunjung yang dapat dari kota lain seperti Semarang, Jakarta, Yogyakarta, dan bahkan Surabaya.

keindahan yang dimiliki oleh masjid, foto: wikimedia.org

Maka dari itu banyak juga hotel-hotel di dekat bangunan ini mulai dari hotel bintang lima hingga hotel berbudget murah meriah bagi para wisatawan. Remaja sekitar pun banyak menggunakan masjid ini untuk kegiatan perkumpulan remaja Islam atau acara-acara keagamaan lainnya.

Harga Tiket Masuk

Layaknya Masjid Agung di Semarang, Masjid Al Akbar di Surabaya dan tempat beribadah besar di Indonesia lainnya, bangunan besar di Cirebon ini tidak menagihkan harga tiket masuk bagi pengunjung untuk masuk ke dalamnya dengan tujuan beribadah atau pun sekadar berwisata melihat-lihat.

jamaah indosiar at taqwa cirebon, foto: attaqwacirebon.files.wordpress.com

Tidak perlu khawatir akan lahan parkirnya karena sudah disediakan cukup luas dan kendaraan tidak dikenakan biaya disini. Tempat wisata religi yang masih memasuki wilayah Adidharma, Gunung Jati di Cirebon ini sempat mengalami pemugaran di tahun 1963.

Karena memang sebelumnya, bangunan ini bernama Tajug Agung Cirebon, tetapi julukan Agung sendiri sudah terkenal untuk Masjid Agung Sang Cipta Rasa peninggalan Sunan Gunung Jati, sehingga dinamakan Masjid At Taqwa.

Letak dan Lokasi

parkiran di dalam masjid, foto: radarcirebon.com

Alamat persis dari Masjid At Taqwa ini jika dilihat dari Google Maps Indonesia sendiri adalah jalan R.A Kartini No. 2, Kecamatan Kejaksan, Kelurahan Kebonbaru, Kota Cirebon, Jawa Barat. Dari jalan R.A Kartini atau dari jalan Siliwangi ini sendiri sudah dekat dengan bagian depan bangunan.

Patokan yang paling dekatnya adalah Alun-Alun Kejaksan dimana alun-alun ini memiliki gapura dengan gaya penjajahan tempo dulu. Di dalamnya terdapat lapangan luas yang ditumbuhi rerumputan kecil, di sebelah barat aun-alun ini sendiri sudah masuk pelataran .

kemegahan Masjid At Taqwa, foto: explore-cirebon.blogspot.co.id

Pelataran masjid sendiri bergaya khas ala Timur Tengah dengan tanaman-tanaman serta pepohonan rindang yang tertata rapi. Uniknya, pengelola menambahkan pohon kurma di sekitar pelataran masjid sehingga menampilkan kesan Timur Tengah, benar-benar The Beauty of Middle East in West Java.

Menara atau pilar yang dibangun pun menambahkan suasana layaknya sedang berada di negara Timur Tengah, walaupun setelah memasuki masjid, arsitektur Jawa Tengahnya juga akan langsung kentara.

Rute Menuju Masjid At Taqwa

Letaknya dekat dengan Stasiun Cirebon dan Stasiun Kejaksan, memudahkan akses kendaraan umum maupun mereka yang ingin menggunakan kendaraan pribadi. Rute paling mudah ditemukan adalah dengan angkot, hampir seluruh kendaraan umum melewati tempat wisata religi besar ini karena.

fasilitas yang dimiliki oleh masjid, foto: eader001.dokumen.tips

Salah satunya angkot dari Terminal Dukuh Semar di Cirebon yang melewati jalur jalan R.A Kartini. Angkot D1 atau AX melayani trayek dari Terminal Dukuh Semar PP yang juga melewati pelabuhan Cirebon. Selain itu, ada juga angkot bernomor D2 yang juga melewati jalan R.A Kartini.

Bila ingin melewati jalan Siliwangi, pengunjung bisa menaiki angkot D5 dan D6, turun di jalan Siliwangi melewat alun-alun. Namun ada pula angkot D7 dan D8 dimana keduanya melewati kedua jalan R.A Kartini dan jalan Siliwangi yang dekat dengan lokasi Masjid At Taqwa ini.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, patokan utamanya adalah dengan menuju jalan R.A Kartini atau jalan Siliwangi. Menemukan lokasi Masjid At Taqwa menggunakan Google Maps sendiri juga tidak sulit, rute bisa ditempuh dari arah Adidharma, Gunung Sari, atau Teminal Dukuh Semar.

Wisatawan dapat berkunjung ke pasar pagi yang terletak di jalan Siliwangi untuk membeli oleh-oleh, keperluan sehari-hari, hingga souvenir khas Cirebon, Jawa Barat.