Harga Tiket Masuk Kampoeng Kopi Banaran Semarang, Wisata Bawen + Tarif Hotel Penginapan

Kampoeng kopi banaran ungaran resort bawen semarang jawa tengah 50661 indonesia salatiga kampung ambarawa magelang alamat adalah jam buka sejarah berdirinya penginapan daftar menu menginap harga makanan fasilitas gambar hotel htm tarif tiket masuk lokasi nomor telepon outbound paket profil wisata tempat
Kampoeng Kopi Banaran, Foto: panduanwisata.id

Lokasi: Jl. Raya Semarang-Bawen KM 1.5, Jawa Tengah, 50661
Map: Klik Disini
HTM: Rp 5000
Buka/Tutup: 07.00-21.00
Telepon: 0298 3429053

Lokasi wisata agro, Kampoeng Kopi Banaran yang memiliki alamat di jalan raya Bawen-Salatiga, jalur Semarang-Solo. Di mana tidak jauh dari pertigaan terminal Bawen. Bila datang dari kota Ambarawa alias Semarang, letaknya ada di kanan jalan. Bila Anda datang dari Magelang ke kampoeng kopi banaran, cukup menempuh waktu selama satu jam lebih tiga puluh menit.

Makan di Kampoeng Kopi Banaran, Foto: tribunnews.com

Kawasan agrowisata ini dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero). Sesuai dengan namanya, lokasi wisata ini berada di Areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan, dengan suhu antara 23-27 derajat Celcius di ketinggian 480-600 meter di atas permukaan laut.

Saat memasuki kawasan Kampung Kopi Banaran, pengunjung akan langsung melihat Banaran Cafe. Di sini terdapat berbagai macam racikan kopi sesuai selera. Misalnya saja cappucino, espresso, robusta, hingga Banana coffee, semua dapat disajikan panas ataupun dingin. Selain kopi, ada juga minuman lainnya, seperti cokelat panas dan teh poci.

Kereta Wisata Kampoeng Kopi Banaran, Foto: semarangplus.com

Banaran Cafe juga menyediakan makanan dengan menu beragam. Harga yang diberikan juga cukup terjangkau. Makanan camilan yang disediakan pun sangat menggugah selera dan untuk porsi makan bersama.

Untuk bisa masuk ke kawasan agrowisata Kampoeng Kopi Banaran, cukup membayar tiket masuk seharga lima ribu rupiah saja. Tetapi bila Anda ingin mencoba beberapa permainan yang ada di lokasi wisata, harus membayar lagi, sesuai tarif yang dikenakan. Permainan yang ditawarkan adalah jenis permainan outbond yang cukup menantang, namun tetap aman untuk dimainkan. Misalnya wood ball penalty, flying fox, kolam renang juga ada. Jam buka tempat wisata ini adalah jam tujuh pagi hingga jam sembilan malam.

Wisata Kampoeng Kopi Banaran, Foto: semarangplus.com

Sejarah Berdirinya Tempat Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran

Tempat wisata Kampoeng Kopi di Salatiga ini memiliki sejarahnya sendiri. Awal mulanya akibat dari harga kopi yang cenderung turun sejak krisis ekonomi tahun 1998 hingga tahun 2001. Kemudian di tahun 2002, direksi PT. Perkebunan Nusantara IX (persero) menerapkan jenis komoditi bisnis yang berbeda. Lain daripada yang lain saat itu.

Konsepnya adalah mendapatkan hasil penjualan dari bentuk olahan kopi. Jadi, tidak hanya menjual biji kopi sebagai komoditi utama perusahaan. Jenis kopi yang sebelumnya dijual dalam bentuk biji (green bean), selanjutnya diolah sebagian menjadi Kopi Bubuk dan memberikan label Banaran Coffee.

Ngopi Langsung di Kebunnya, Foto: tribunnews.com

Program perusahaan selanjutnya adalah membidik masyarakat yang lebih luas untuk terus membeli kopi, terutama kopi Banaran. Inilah awalnya dibangun sebuah coffeeshop, yang bertujuan sebagai tempat etalase berbagai macam produk kopi hasil produksi dari PTPN IX (persero). Produk akhir yang tersedia adalah dalam bentuk kemasan siap saji, kopi dan teh yang langsung diminum.

Semakin lama, minat konsumen juga semakin tinggi. Penambahan variasi yang menggunakan bahan dasar kopi dan teh pun terus dilakukan. Banyak cara dilakukan untuk menambah minat konsumen termasuk mengubah kebun percontohan aneka tanaman perkebunan dan buah di Afdeling Assinan, Bawen Kabupaten Semarang, menjadi sebuah Kawasan Agrowisata, yang selanjutnya kita kenal sebagai Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran.

Kendaraan di Kampung Kopi, Foto: exploresemarang.com

Kampoeng Kopi Banaran terinspirasi dari sebuah dusun di Kecamatan jambu. Dusun Banaran adalah sebuah dusun di sebuah desa, tepatnya di desa Gemawang, kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, sebuah tempat didirikannya pabrik pengolahan kopi. Di mana, buah kopi merah diolah menjadi biji kopi yang siap untuk diekspor (green bean). Sedangkan Kampoeng Kopi sendiri, merupakan sebuah kawasan perkebunan kopi yang terletak di Desa Assinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

Kawasan Agrowisata ini terus dikembangkan dengan memberikan berbagai macam tambahan fasilitas penunjang. Seperti arena bermain anak – anak, kolam renang, gazebo, lapangan tenis, taman buah, gedung pertemuan, flying fox, mushola, meeting room, griya Robusta, hingga jelajah kebun dengan menggunakan ATV.

Kawasan Agrowisata Kampoeng Kopi memang memiliki keunikan tersendiri. Keindahan pemandangan kebun Kopi yang terawat dengan baik. Kebun kopi di sini adalah yang terbaik di Indonesia, bahkan di Asia. Untuk Kopi Robusta yang dihasilkan di sini, adalah yang terbaik di dunia.

Patung Cangkir Kopi Banaran, Foto: tripadvisor.com

Liburan Ala Agrowisata di Kampoeng Kopi Banaran

Kawasan agrowisata Kampoeng Kopi Banaran, termasuk yang paling lengkap. Tidak hanya lokasi wisata yang ditonjolkan, melainkan juga fasilitas penunjang yang diberikan. Di sini juga dapat dilakukan acara gathering, bisa office gathering langsung atau pun family gathering. Untuk pemesanan tempat khusus acara, dapat langsung menghubungi pada nomor telepon 0298 3429053.

Banyak tersedia paket pilihan acara gathering di Kampoeng kopi. Anda dapat cek daftar paketnya di website www.kampoengkopibanaran.co.id Di situ tersedia lengkap daftar paket dan fasilitas yang dapat disesuaikan dengan acara gathering. Di website juga terdapat profil perusahaan sebagai bahan review sebelum berkunjung, ada gambar berbagai macam fasilitas yang disediakan, juga gambar para pengunjung yang pernah berlibur di sana.

Ramai Saat Liburan, Foto: tribunnews.com

Di antara fasilitas yang tersedia di Kampoeng Kopi Banaran yaitu tempat paling penting di Kampoeng Kopi, Banaran Coffee, kemudian arena bermain anak–anak.  Mengatur acara Corporate Gathering, family gathering, Coffee Walk, jelajah kebun dengan menggunakan ATV, Out Bound Games.

Fasilitas penunjang lainnya adalah kolam renang, gazebo, lapangan tenis, taman buah, gedung pertemuan, flying fox, mushola, Meeting Room, Griya Robusta.

Pengunjung dapat serta merta menikmati kesegaran udara dan juga keakraban keluarga atau rekan kerja di taman dan gazebo. Selain sebagai tempat istirahat, juga untuk bercengkrama bersama teman, dan keluarga.

Outbound di Kampung Kopi, Foto: breadandtea.blogspot.com

Di sini ada juga area Camping Ground, di mana berupa hamparan rumput hijau yang sangat sejuk dengan luas satu hektar dan dilengkapi penerangan untuk lokasi camping. Ingin menggunakan Griya Robusta untuk gathering atau office meeting juga bisa. Griya Robusta adalah gedung pertemuan dengan kapasitas 750 orang. Gedung pertemuan ini dilengkapi AC dan juga ruangan yang sangat luas untuk keperluan berbagai macam acara.

Bila Anda ingin jalan-jalan ke perkebunan cokelat/kakao dapat menggunakan ATV. Wahana off road yang cukup menantang adrenalin juga tersedia.

Pintu Gerbang Kampoeng Kopi Banaran, Foto: mangkoko.com

Fasilitas penginapan pun tersedia di sini, yaitu Banaran 9 resort. Hotel dengan konsep resort ini memang tepat berada dalam kawasan kampoeng kopi Banaran.Pengunjung akan mendapat pengalaman menginap yang berbeda. Tidak ada penginapan yang menyajikan pemandangan kebun kopi selain di tempat ini.

Jadi, tunggu apa lagi, booking tempat Anda sekarang juga di Kampung Kopi Banaran. Tidak jauh dari jalur kota Ungaran Semarang.