Buka Jam Berapa Pasar Genteng Surabaya? + Tanya Toko Elektronik dan Tempat Jual Oleh Oleh Khas

Pasar genteng surabaya elektronik tanya toko bhek jam buka kali tempat jual oleh oleh khas baru banyuwangi berapa peta tutup kota sby jawa timur 60275 besar almond crispy audio alamat altech eltek arduino sampai cilawu cctv cakrawala seafood hotel foto garut sehat gambar hari minggu hewan harga jalan buah kapasari loak lokasi letak led maps mahameru mahajaya online parabola trijaya ikan ujung elektro electronic eltech eltra elektronika
Pasar Genteng Surabaya, foto: senayanpost.com

Lokasi: Merlin Elektronik, Jl. Genteng Besar No.62, Kota SBY, Jawa Timur 60275
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 05.00-11.00
Telepon: 0815-5400-0223

Tentu saja setiap daerah pasti memiliki makanan khas-nya, termasuk kota surabaya. Dimana kota pahlawan ini memiliki berbagai macam makanan khas yang menggoda selera anda dan cocok dijadikan buah tangan untuk teman atau keluarga di rumah. Seperti bandeng asap dengan kegurihannya, lapis Surabaya yang memiliki rasa dari dulu hingga sekarang rasanya tidak berubah, untuk pecinta pedes ada sambal udang bu rudy dan makanan tradisional lainnya. Nah untuk anda yang ingin mendapatkan oleh-oleh tersebut bisa saja langsung ke salah satu kawasan perbelanjaan di surabaya, yakni pasar genteng. Dimana pasar yang terletak tak jauh dari tunjungan plaza tersebut memiliki sederetan toko oleh-oleh bermacam-macam.

pusat oleh-oleh khas jawa timur, foto: evelineseva.wordpress.com

Harga yang ditawarkan di setiap tokoh berbeda-beda, namun tetap masih relatif terjangkau. Selain itu setelah kita puas berbelanja oleh-oleh apa yang ingin kita bawah pulang, maka dengan sigap para pegawai toko tersebut akan merapikan barang-barang anda dengan rapi ke dalam kardus sehingga mudah untuk dibawa. Tentu saja hal tersebut akan memudahkan anda untuk membawanya masuk ke dalam bagasi ketika akan di bawah ke airport atau terminal bus. Lalu ada apa saja kah di pasar genteng itu ? Untuk lebih jelasnya mari perhatikan ulasannya dibawah ini.

Daya Tarik Pasar Genteng Surabaya

Pusat Barang Elektronik, foto: eastjava.com

Pasar genteng termasuk pasar belanja tradisional, pasar ini keberadaannya kawasan surabaya pusat lebih tepatnya berada di jalan gendeng raya. Seperti yang sudah kami sebutkan di awal tadi, bahwa pasar genteng ini merupakan salah satu tempat pusat oleh-oleh khas Surabaya yang bisa dikunjungi. Salah satu oleh-oleh favorit di pasar ini adalah bandeng asap dan presto yang memang sudah terkenal sebagai makanan khas daerah Surabaya dan Sidoarjo. Selain penjual bandeng presto, di ujung jalan pasar juga terdapat lapis legis yang sudah adalah sejak dulu dan hingga kini rasanya tidak pernah berubah. Terdapat pula makanan yang paling dicari yakni petis, lorjuk dan tripang, dimana ketiga jajanan tersebut memang merupakan khas surabaya.

Selain menjual olah-oleh khas surabaya, pasar ini juga menjual dari gresik, sidoarjo , banyuwangi dan madura seperti krupuk udang, ikan asin, jenang hingga kacang Madura. Karena hal itulah pasar ini layak mendapat sebutan pusatnya oleh-oleh khas Jawa timur. Dan seperti yang sudah kami jelaskan di awal tadi, bahwa toko-toko penjual oleh-oleh di pasar genteng ini juga melayani pengepakan dengan kardus untuk mempermudah para pembeli membawa barang belanjaannya. Pasar genteng surabaya ini juga menerima pemesanan secara online yang nantinya akan di kirim ke luar kota menggunakan jasa ekpedisi.

Perlu anda ketahui bahwa selain menjadi pusat oleh-oleh di surabaya, pasar genteng ini juga menjadi sentral penjualan spare part elektronik yang sudah terkenal. Dimana toko-toko tersebut mendominasi bagian dalam pasar, sedangkan di lantai dasar merupakan area untuk menjual kebutuhan sehari-hari seperti sayur, buah-buahan dan daging.

Sedangkan untuk toko-toko penjualan elektronik terdapat di lantai 2, selain menjual barang-barang dan spare part elektronik di area pasar genteng ini juga banyak stand-stand pelayanan service elektronik.

Pasar Genteng Sebagai Pusat Barang Elektronik

bangunan baru untuk pasar, foto: hello-pet.com

Seperti yang sudah kami jelaskan tadi, bahwa pasar gendeng ini juga menjadi pusat penjualan barang elektronik terlengkap di surabaya. Nah untuk anda yang kuliah di daerah surabaya dan jurusan berhubungan dengan listrik, maka pasar ini akan menjadi pilihan tepat untuk mencari komponen elektronika. Dimana barang-barang di pasar ini dijual dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas baik, sehingga saat pas dengan kantong mahasiswa. Ya meskipun sedikit kumuh karena pasar tradisional di lantai 2, namun ketika berada di lantai 2 anda akan mendapatkan nuansa seperti di hi-tech yang rame dengan segala macam transaksi.

Sama seperti pasar tradisional lainnya di kota surabaya, dimana para penjual di sini kebanyakan mereka keturunan china yang sudah berjualan di tempat ini dari tahun 80an. Banyaknya para toko elektronik di pasar genteng, membuat kebanyakan pengunjung akan bingung ke tempat mana barang yang mereka cari ada. Nah untuk itulah berikut adalah beberapa toko yang ada di pasar genteng dan apa saja barang jualannya.

salah satu toko oleh-oleh, foto: kompas.com
  1. Toko Saturn

Toko saturn ini terletak paling dekat dengan tangga naik ke lantai 2, dimana anda tinggal berbelok ke kiri di ujung dan ditandai dengan display led matix tulisan grafik yang cukup menarik. Toko ini menjual barang berupa segala sesuatu yang berhubungan dengan led dan display moving sign. Beberapa kit merek “saturn ” juga dijual dan kit ini cukup terkenal dikalangan penghoby elektronika.

  1. Toko SAN

Toko ini terletak di sebelah kanan dari arah naik tangga ke lantai 3, di mana posisinya berada di 2 kios setelahnya. Toko san menjual berbagai macam alat ukur, komponen digital dan yang paling menarik adalah koleksi kapasitor premium. Toko san jaga oleh dua orang cewek yang selalu berada di depan laptop dan pada jam makan siang akan tutup karena merupakan waktu istirahat.

  1. Toko Mentari

Toko mentari ini memang kecil yang menjual berbagai macam microcontroller dengan kualitas bagus. Hal ini karena toko mentari memang spesialis di bidang motor servo, robotika, stepper dan beberapa komponen impor dari sparkfun. Dimana untuk lokasinya sendiri memang sedikit kedalam, untuk itulah memerlukan usaha ekstra untuk menemukannya toko ini.

  1. Toko Prima

Toko prima ini merupakan salah satu kios di pasar genteng yang terkenal, dimana mereka merupakan penyalur kabel VGA untuk semua karoke di indonesia timur. Selain itu toko ini juga memiliki koleksi kit innovative terlengkap dan tentu saja dengan harga yang lumatan murah juga. Toko prima juga menjual beberapa lcd dan led matrix yang terpasang di etalase dengan rapi. Karena hal itulah anda jangan sampai terkejut kalau toko ini ramai pelajar dan mahasiswa berkerumun, hal ini karena koleksi komponen TTL , OPAMP dan Sensor yang dibilang paling lengkap dengan harga cukup murah. Untuk lokasi dari toko prima ini anda tinggal mencari lorong ketiga dari tangga parkiran belok kanan 1 blok, atau jika anda dari tangga masuk utama langsung lurus saja ke lorong di kiri tangga. di Toko ini juga terdapat barang electronic seperti eltra, eltek, arduino dan parabola.

ikan bandengn bakar, foto: tripadvisor.com
  1. Toko Mahajaya

Toko mahajaya sudah terkenal dari era 80-an dengan koleksi ic ttl,resistor watt besar, inductor berbagai jenis, relay, xtal dan perangkat radio serta cmos yang cukup lengkap. Mungkin semua barang tersebut sedikit kutang update untuk era digital ini, namun ternyata masih banyak orang yang mencari semua barang tersebut. Karena hal itu sang pemilik masih mempertahankan barang dagangannya. Selain itu toko mahajaya memiliki nuansa elektronika vintage membuat para kolektor sering mampir ke tempat ini untuk membeli barang dan dijadikan sebagai pajangan. Sedangkan untuk lokasi toko mahajaya ini dari ujung tangga, anda tinggal berjalan ke 1 lorong depannya dan belok ke kanan maka akan sampai di depan toko ini yang berhadapan dengan stand penjual perangkat audio atau cctv.

  1. Toko Jupiter

Toko ini spesialis menjual pcb polos dengan berbagai macam dan ukuran beserta pelarut pcb FeCl feri clorit. Selain itu toko ini juga menjual beberapa adaptor switching dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk anda yang mencari toko ini maka tanyakan saja letak toko jamu, dimana kios ini memang berada di depannya.

  1. Toko Eltech

Toko eltech ini merupakan tokoh yang paling berasa berada di pasar genteng surabaya. Dimana toko ini menjual peralatan elektronik spesialis moving sing dan digital yang berkelas dan tentu saja harganya sedikit lebih mahal. Untuk lokasinya pun mudah di temukan, dimana toko ini berada di bagian belakang pasar genteng lantai dua.

  1. Toko Varia

Nah untuk anda yang dengan mencari komponen elektronika digital dan power, maka toko varia merupakan tempat cocok untuk anda kunjungi. Dimana toko ini memiliki koleksi mosfet dan dioda fast switching yang cukup lengkap jika dibandingkan dengan lainnya. Namun tidak seperti toko lainnya, dimana kios varia ini menjual mosfet dengan harga yang sedikit lebih mahal untuk itulah dibutuhkan budget lebih. Untuk lokasi toko ini berada di pinggir, yakni dari tangga parkiran ke kiri lurus hingga mentok dan setelah melewati 2 toko belok kanan.

lokasi pasar genteng sby, foto: eastjava.com
  1. Loakan & Komponen jadul

Nah untuk anda yang sedang mencari motor gearbox, steper dan komponen bekas lainnya untuk pengiritan, maka berkeliling di pinggiran pagar lantai 2. Dimana di lokasi tersebut banyak menjual komponen bekas dengan kualitas bagus dan anda bisa melakukan tawar menawar. Selain itu untuk para kolektor yang mencari Transistor tabung radio jaman perang, maka disini tempatnya. Hal ini karena pasar genteng menjadi tempat rujukan para pengunjung dari seluruh indonesia yang ingin mencari komponen tabung tersebut untuk koleksi. Selain tabung-tabung yang ada di tempat ini asli buatan tahun di bawa 90-an seperti toshiba, rca dan motorola semuanya ada.

Lokasi dan Akses Menuju Pasar Genteng Surabaya

lengkapnya oleh-oleh di pasar ini, foto: kompas.com

Untuk anda yang ingin membeli oleh-oleh atau komponen elektronika di pasar genteng surabaya ini, maka langsung saja datang ke alamatnya. Dimana lokasinya berada di Merlin Elektronik, Jl. Genteng Besar No.62, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60275. Dimana untuk menuju ke lokasi pasar genteng ini tidak terlalu sulit karena letaknya cukup strategis. Para pengujung bisa menggunakan angkot , taksi ataupun becak sambil menikmati jalanan di Surabaya. Bagi warga surabaya dan sekitarnya tentu saja lokasi tersebut sudah sangat familiar, namun bagimana untuk mereka yang berasal dari luar kota. Nah untuk itulah disini kami akan memberikan beberapa acuan yang bisa anda gunakan selain menggunakan aplikasi google map.

Untuk bangunan landmark yang bisa anda gunakan sebagai acuan adalah tugu pahlawan – jalan tunjungan – grahadi (Gedung Gubernuran). Dimana ketika anda sudah melewati salah satu landmark tersebut tinggal mengikuti rambu jalan yang menuju ke jalan masuk pasar genteng. Untuk anda yang melalui tugu pahlawan , perjalanan akan menuju ke jalan pahlawan atau Kramat gantung. Setelah itu ketika anda sudah menemukan perempatan SIOLA yang ditandai dengan sebuah poster besar di jembatan penghubung gedung. Maka belok ke kiri masuk ke pertigaan pertama yang anda temui, setelah itu ikuti saja jalan tersebut hingga anda menemukan pintu masuk ke pasar genteng surabaya.

salah satu toko elektronik, foto: viva.id

Sedangkan untuk anda yang melewati gebernuran karena tadi kelewatan dari siola, maka lanjutkan saja perjalanan dengan berputar hingga ke balai kota surabaya. Baru kemudian perjalanan akan dilanjutkan ke arah barat ke arah jalan walikota mustajab, setelah di dekat hotel weta terdapat sebuah jalan kecil. Nah masuk saja ke jalan tersebut maka anda akan sampai ke trijaya pasar genteng surabaya.

Namun perjuangan anda tidak sampai di situ, dimana untuk para pengunjung yang baru pertama kali ke sini dan membawa kendaraan pribadi akan di pusingkan mencari tempat parkir. Karena lahan parkir di pasar genteng surabaya ini masih kurang teratur, untuk itulah sebaiknya parkirkan kendaraan anda di sebelah timur karena lokasi tersebut cukup teduh. Selain itu akses keluar masuknya juga cukup mudah.’

suasana di lantai dua pasar, foto: upload.wikimedia.org

Pasar genteng ini setiap harinya cukup ramai sehingga kurang nyaman baik dari sisi tempat jalan maupun parkirnya. Untuk itulah butuh perjuangan ekstra untuk ke sini. Walau demikian tempat ini tetap ramai dan sesak pengunjung, karena banyaknya pilihan dan lokasi yang ada di tengah kota.

Untuk itu ada beberapa tempat alternatif untuk membeli oleh-oleh selain di pasar genteng, seperti di mall dan supermarket, dari yang sama-sama kurang nyaman seperti ITC, Pasar Atum, Grosir Surabaya JMP dan Blauran hingga tempat mewah seperti Finna di raya darmo dan galaxy mall. Namun meskipun terdapat banyak tempat untuk membeli oleh-oleh khas surabaya, tetapi di sini tetap memiliki keunggulan di sisi kelengkapan dan selain itu para pembeli juga bisa menawar kalau belinya jumlah banyak. Untuk itulah beli oleh-oleh secara borongan supaya mendapatkan diskon yang banyak.

Nah itu lah informasi lengkap yang bisa kami berikan mengenai pasar genteng surabaya. Untuk anda yang saat ini berada di sby dan ingin mencari oleh-oleh maka datang saja langsung ke pasar genteng dan jangan lupa untuk melakukan tawar-menawar ketika berkunjung ke tempat ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda.