Tiket Masuk Air Terjun Kali Pancur Wisata Semarang + Rute Peta Jalan Menuju Lokasi

Air terjun kali pancur kalipancur salatiga kopeng smg pancuran magelang rute peta sejarah mitos alamat akses ke lengkap semarang denah lokasi getasan wisata alam pegunungan kabupaten jalan menuju menyusuri keindahan letak misteri tiket masuk nogosaren jawa tengah tempat desa lembah
Air Terjun Kali Pancur, foto: hellosemarang.com

Lokasi: Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, jawa tengah 50774
Map: KlikDisini
HTM: Rp.3.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-16.00
Telepon:

Pergi berwisata merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menghilangkan rasa penat mereka akibat akitivitas sehari-hari. Dimana untuk mereka yang bertempat tinggal di daerah dekat dengan pegunungan tentu saja akan memiliki banyak tujuan wisata. Hal ini karena daerah pegunungan memang memiliki beragam pemandangan panorama dan air terjun yang indah serta sangat menarik. Kabupaten semarang memiliki deretan pegunungan dengan pemandangan indah, tentu saja hal tersebut merupakan tempat yang sangat ideal untuk sejenak menenangkan diri dari ingar bingar kehidupan kota.

Gunung telomoyo merupakan gunung mungil yang berada di antara Kabupaten Semarang dan Magelang. Meski memiliki ukuran mungil, gunung telomoyo juga menyimpan keindahan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Salah satu keindahan itu adalah air terjun kali pancur yang berada di lereng gunung telomoyo. Dimana konon katanya air terjun kali pancur ini jauh lebih tinggi jika dibanding dengan curug lainnya yang ada disekitar semarang, seperi seloprojo dan sekar langit. Nah mungkin para pembaca pada penasaran mengenai daya tarik apa saja yang dimiliki oleh air terjun kali pancur ini? Untuk itu mari kita simak pembahasannya bersama-sama.

Keindahan Wisata Air Terjun Kali Pancur Semarang

keindahan air terjun dari dekat, foto: hellosemarang.com

Untuk anda yang tinggal di kota semarang dan sekitarnya, mungkin akan menjadi ide menarik menjadikan tempat wisata air terjun kali pancur sebagai tujuan liburan di hari libur. Dimana sebagai sebuah tempat wisata yang berada di daerah pegunungan, air terjun kali pancur menawarkan nuansa keindahan pemandangan alam. Jika dilihat dari kejauhan air terjun ini terlihat seperti sebuah tanda seru.

Pada saat berada di kawasan air terjun kali pancur, para wisatawan akan banyak menemukan berbagai macam jenis pemandangan yang masih terjaga kealamiannya. Hal tersebut akan membuat para tidak bisa berhenti memandangi keindahan alam sekitar curug. Selain memiliki pemandangan air terjun yang indah, di tempat wisata alam ini juga terdapat sebuah gua yang diberi nama gua Walet.

keindahan air terjun dari kejahuan, foto: ardiyanta.com

Air terjun kali pancur memiliki tinggi sekitar di atas 100 meter, tentu saja karena ketinggiannya tersebut membuatnya menjadi curug tertinggi yang ada di kabupaten semarang. Karena lokasinya berada di tengah hutan lebat, maka air terjun kali pancur ini sangat cocok dijadikan tempat wisata untuk anda yang sedang mencari lokasi untuk berwisata sambil menenangkan diri setelah kesibukan kerja sehari-hari.

Untuk anda yang hobi dengan fotografi, maka air terjun kali pancur ini merupakan salah satu tempat foto yang cukup bagus. Dimana semua moment foto yang anda ambil di tempat wisata ini akan menghasilkan gambar yang bagus dan menarik. Apalagi pada saat anda berwisata ke air terjun kali pancur bersama dengan orang-orang terkasih anda, maka segala moment indah ketika berada di lokasi wisata ini tidak akan terlupakan.

keindahan alam sekitar lokasi wisata, foto: ardiyanta.com

Namun sebelum para wisatawan bisa menikmati pemandangan yang ada di air terjun kali pancur ini, mereka harus berusaha terlebih dahulu. Hal ini karena untuk bisa mencapai letak  curug ini yang  berada di sebuah lembah, para wisatawan harus menyusuri  anak tangga sebanyak 900 buah. Untuk itulah diperlukan persiapan fisik yang matang ketika berwisata ke tempat ini. Pada saat menaiki anak tangga ketika menuju ke air terjun kali pancur, para pengunjung bisa mendengar suara gemericik air dan ditambah dengan udara sejuk khas daerah pegunungan dapat menenangkan hati. Sehingga sebelum anda sampai dilokasi air terjun, ketika mendengar suara gemericik tersebut rasa penat anda akan hilang dan membuat diri Anda menjadi lebih tenang.

Meskipun untuk mencapai lokasi dari air terjun ini akan terasa melelahkan bagi para wisatawan yang tidak terbiasa jalan jauh, namun hal tersebut akan terbayar ketika sampai di depan curug kali pancur. Rasa lelah yang dirasakan ketika menuruni anak tangga akan hilang dan tergantikan dengan rasa takjub akan keindahan yang dimiliki oleh air terjun kali pancur.

tampak seperti tanda seru, foto: telusurindonesia.com

Setelah para pengunjung berhasil melewati banyak anak tangga maka sampailah mereka di bawah air terjun. Dimana udara disekitar air terjun jauh lebih segar dari pada di atas. Nah untuk anda yang masih merasa capek, bisa beristirahat terlebih dahulu di warung yang ada di sekitar air terjun sambil menikmati pemandangan yang ada. Untuk anda yang berencana datang ke tempat wisata ini, maka jangan datang pada musim kemarau. Karena pada musim tersebut debit air yang mengalir sangat kecil.

Di balik keindahan yang dimiliki oleh air terjun kali pancur, ternyata tempat wisata ini menyimpan cerita sejarah dan mitos penuh misteri. Untuk itu  bagi para pengujung harus selalu menjaga prilaku dan perkataan mereka ketika berada di tempat wisata ini.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Kali Pancur

Rute Menuju Air Terjun, foto: negeriangin-negeriangin.blogspot.co.id

Air terjun kali pancur yang kita bahas ini bukanlah Kali pancur berada di area paling timur kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, atau berada dekat greenwood, melainkan lokasinya dekat dengan Salatiga. Dimana untuk alamat tepatnya berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten smg jawa tengah atau sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga.

Untuk bisa sampai di lokasi obyek wisata ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada akses kendaraan umum yang akan mengantarkan anda benar-benar sampai di tempat air terjun kali pancur. Namun jika memang anda terpaksa menggunakan kendaraan umum, maka bisa menggunakan kendaraan umum dengan jurusan kopeng salatiga. Dimana anda harus turun di desa wate kecamatan getas yang jaraknya sekitar 3 KM dari lokasi curug kali pancur. Perjalanan tersebut bisa anda tempuh dengan berjalan kaki atau naik ojek, dimana kondisi jalan menuju lokasi air terjun relatif bagus hanya pada sekitar daerah tempat wisata saja jalannya agak sempit.

Di sepanjang jalan menuju air terjun kali pancur, para pengunjung bisa menikmati keindahan alam lereng gunung telomoyo dan merbabu. Setelah sampai di depan pintu masuk, untuk para pengguna kendaraan pribadi bisa memarkir kendaraan mereka ke tempat parkir yang telah disediakan dan untuk para pengunjung pengguna angkutan umum bisa langsung membeli tiket masuk. Namun jarak antara pintu masuk dan lokasi air terjun kali pancur sejauh 900 meter, dimana jalanan cukup terjal meski sudah ada tangga permanen. Untuk itulah diperlukan kondisi fisik sebaiknya dan cukup fit sebelum menuju lokasi tempat wisata Semarang yang satu ini.

Tiket Masuk dan Fasilitas di Air Terjun Kali Pancur

pembelian tiket masuk lokasi wisata, foto: .cakrawalatour.com

Sebelum para pengunjung menikmati semua keindahan alam yang dimiliki oleh air terjun kali pancur, mereka akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 3000 saja untuk satu orang. Sedangkan untuk yang menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000  mobil. Tempat parkir yang ada di wisata ini cukup luas, sehingga anda tidak perlu khawatir mencari lahan baru untuk memarkir kendaraan anda.

Selain lahan parkir yang luas, tempat wisata kali pancur juga memiliki beberapa fasilitas lainnya seperti warung penjual minuman dan makanan ringan yang tersebar di dekat parkiran, ditengah-tengah dan ada juga dibawah di sekitar lokasi air terjun. Terdapat pula toilet umum berada di tangga dekat dengan gerbang pintu masuk atau disebelah kanan dari pintu masuk, namun sayang toilet yang ada di tempat wisata ini kurang terawat dan hanya terdapat sebuah pancuran  untuk kebutuhan air di toilet. Sedangkan untuk para wisatawan yang beragama muslim juga tidak perlu khawatir, karena lokasi dari tempat wisata air terjun kali pancur berada di dekat perkampungan maka terdapat musholah yang bisa digunakan untuk beribadah. Selain itu terdapat juga peta denah lokasi air terjun lengkap dengan informasi lainnya.

anak tanggah menuju lokasi air terjun, foto: hellosemarang.com

Dikarenakan di lokasi wisata ini masih sangat minim tempat sampah, apalagi yang ada dibawah dekat air terjun. Untuk itu diharapkan kepada para pengunjung atas kesadaran dirinya tidak membuat sampah sembarang, jangan sampai  di sekitar lokasi wisata dipenuhi sampah. Memang untuk saat ini di sekitar air terjun masih banyak sampah berserakan akibat ulah para pengunjung yang kurang sadar akan lingkungan. Untuk itu mari kita jaga kebersihan, sehingga keindahan alam yang dimiliki oleh air terjun kali pancur ini tidak hilang.

Karena lokasi dari tempat wisata air terjun kali pancur berada di lereng gunung, maka untuk berjaga-jaga sebaiknya para pengunjung membawa jaket atau pakaian hangat. Karena pada saat kabut mulai turun, maka hawa yang ada di sekitar lokasi wisata menjadi lebih dingin hingga menusuk.

Tempat yang indah dan memiliki alam yang alami, merupakan destinasi yang sangat cocok bagi anda saat inu sedang mengunjungi Kabupaten Semarang. Sebagian orang yang memiliki kesibukan keseharian yang begitu banyak, rasanya perlu sekali ada waktu luang untuk mengunjungi keindahan Air Terjun Kali Pancur ini dan ingat selalu jaga keindahan alam dengan tidak membuat sampah sembarangan disekitar lokasi wisata. Nah itu lah informasi singkat mengenai keindahan alam yang ada disekitar tempat wisata air terjun kali pancur, semoga infomasi diatas dapat menambah daftar tujuan wisata anda ketika ingin pergi ke kota semarang dan sekitar.