10 Gambar Wana Wisata Hutan Penggaron Semarang Ungaran + Harga Tiket Masuk

Hutan penggaron di semarang jawa tengah karangrejo kota pinus misteri gambar wana wisata peta foto alamat dimana kawasan lindung paintball ungaran harga tiket masuk
Pintu Masuk Wana Wisata Penggaron, foto: exploresemarang.com

Lokasi: Desa Susukan, Ungaran , Semarang, Jawa Tengah 50516
Map: KlikDisini
HTM: Rp.6.000/Orang
Buka/Tutup: 07.00-17.00
Telepon: –

Aktivitas kerja yang padat, sering kali membaut orang menjadi stres dan penat. Maka dari itu tidak ada salahnya memanfaatkan weekend atau hari libur untuk melepas kepenatan. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kepenatan sejenak, salah satunya adalah dengan menghindarkan diri dari rutinitas sehari-hari dan menggantinya pergi berlibur. Menyempatkan diri untuk berlibur merupakan salah satu cara refreshing dan membuat diri kita bahagia. Nah untuk anda yang saat ini berada kota semarang, tidak usah merasa bingung ingin menghabiskan akhir pekan dimana.

pemandangan dari puncak pemandangan, foto: lihat.co.id

Sebagai Ibu kota propinsi jawa tengah, tentu saja semarang mempunyai tempat wisata yang beragam karena terletak di daerah pegunungan. Terdapat salah satu wana wisata yang sangat dekat dengan kota semarang yaitu dikenal dengan nama Hutan Penggaron. Meskipun letaknya berada di tengah kota , namun banyak orang – orang asli semarang yang tidak tahu dimana keberadaan hutan penggaron ini. Bahkan masyarakat sekitar semarang banyak yang mengira bahwa hutan ini terletak di daerah penggaron, padahal lokasinya terletak di kawasan administratif kota Unggaran. Lalu apa sajakah yang ada di dalam wana wisata hutan penggaron ini? Mari perhatikan ulasannya dibawah ini.

Daya Tarik Hutan Penggaron

daya tarik wana wisata, foto: hellosemarang.com

Sama seperti namanya, dimana wana hutan penggaron adalah sebuah tempat wisata yang bisa digunakan untuk berlibur bersama keluarga anda. Tempat wisata ini biasanya banyak digunakan sebagai tempat untuk berlibur para masyarakat semarang yang ingin menghabiskan waktu weekand mereka dengan menikmati suasana hutan alami.

Seperti halnya hutan alami lainnya, wisata ini pastinya banyak memiliki jenis spesies burung. Sehingga bagi para wisatawan yang datang ke lokasi penggaron akan mendengarkan gemuruh suara kicau beragam burung di sekitar wisata. Dimana berdasarkan data dari pihak perhutani setempat, terdapat kurang lebih 97 spesies burung yang hidup secara bebas di hutan ini, mulai dari kadalan kembang dan birah, elang, merak hijau serta beberapa raptore migran. Banyaknya aneka jenis burung yang ada membuat wana hutan penggaron ini menjadi tempat ekoeduwisata atau wisata alam dengan berwawasan tentang lingkungan dan pendidikan serta merupakan kawasan lindung.

Perlu anda ketahui bahwa wisata hutan penggaron memiliki luas lahan sekitar 1500 hektar dan didalamnya jalannya sudah beraspal. Karena hal itu ketika anda pergi berkililing ke tempat wisata ini tidak perlu lagi takut akses jalan yang susah.

keindahan hutan pinus di sekitar tempat wisata, foto: texnologi.blogspot.co.id

Jalan aspal tersebut akan mengantarkan para wisatawan menuju ke beberapa tempat di area hutan wisata. Pertama, para wisatawan akan tiba di arena permainan anak yang kondisinya begitu mengenaskan atau tak terurus. Tepat di sebelah arena permainan anak, terdapat jalan kecil seukuran dua motor yang naik ke atas. Dimana jalan kecil tersebut akan mengantarkan para wisatawan ke puncak pemandangan yang ada di wana wisata hutan penggaron. Jjalan tersebut akan masuk ke dalam hutan yang lebih rapat, dimana ketika memasuki kawasan tersebut aura puncak pemandangan akan terasa penuh misteri. Bukan hanya itu saja, dimana tempat wisata ini memiliki berbagai macam pepohonan yang besar dan juga unik. Seperti beberapa pohon mahoni, pinus dan juga pohon puspa yang telah menjulang tinggi.

bangunana dilaparangan golf, foto : hellosemarang.com

Setelah sampai pada puncak pemandangan, dimana pemandangan yang akan anda peroleh dibagi menjadi dua. Untuk bagian bawah para wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan hutan pinus dari kedekatan, sedangkan bagian atas anda bisa melihat seluruh area hutan dan sawah penduduk serta jalan tol bawen-semarang. Tentu saja lokasi tersebut sangat cocok sebagai tempat mengambil foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.

keseruang pinik di sekitar lokasi wisata, foto: mommiesdaily.com

Setelah puas menikmati pemandangan yang ada di puncak pemandangan, para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju lapangan golf. Dimana lapangan golf ini merupakan last driving range atau batas menaiki kendaraan terakhir di wana wisata. Sesampainya di area lapangan golf, para wisatawan akan menemukan lapangan hijau luas yang dulunya pernah digunakan untuk bermain golf. Pemandangan yang ada di sekitar lapangan golf dapat menyejukan hati dan pada salah sisinya terdapat bangunan tua unik, sehingga dapat dijadikan spot berfoto dan mengambil gambar.

Suasana hutan penggaron pada pagi dan sore hari akan terasa lebih sejuk dan adem, sehingga cocok dijadikan tempat olahraga. Untuk yang suka trekking, maka menyusuri hutan ini dengan berjalan kaki sangat cocok. Dimana menyusuri hutan penggaron dengan trekking, membuat kita bisa lebih menikmati pemandangan dan sejuknya udara tempat wisata. Selain itu dengan berjalan kaki, kita juga bisa lebih mudah untuk mengeksplorasi setiap bagian hutan. Namun untuk yang tidak kuat trekking bisa juga menggunakan kendaraan seperti sepeda, motor, dan mobil untuk menyusuri hutan ini.

Lokasi dan Rute Menuju Hutan Penggaron

jalan menuju puncak pemandangan, foto: anandaranz.blogspot.co.id

Untuk lokasi dari Wana Wisata Penggaron ini terletak di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang atau sekitar dua kilometer dari  Ungaran dan sekitar 18 kilometer dari Kota Semarang. Dimana kawasan tersebut sebenarnya masih masuk dalam wilayah hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih, dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah.

Untuk anda yang berencana pergi wisata ke lokasi hutan penggaron, bisa mengikuti rute dari kota semarang perjalanan menuju ke selatan. Setelah berada dikawasan taman unyil unggaran lurus saja terus. Setelah menemukan Bappeda kabupaten semarang belok kiri, terus hingga menemukan persimpangan lagi baru kekanan.

keadaan jalan di sekitar wana wisata, foto: panoramio.com

Selain itu bisa juga melewati jalur setelah mapolres unggaran belok kiri, lalu lurus hingga mentok baru belok kiri. Setelah itu maju terus hingga mentok lagi belok kanan. Maka anda akan menyeberangi jembatan Tol Semarang-Solo, anda akan sampai dilokasi Wana Wisata Penggaron ini yang berada di sebelah kiri jalan.

Untuk anda yang memulai perjalanan dari kota solo, salatiga dan jogja bisa mengambil jalan ke arah kota semarang tanpa melalui jalan tol. Setelah anda hampir sampai di kota semarang, maka akan menemukan jalan masuk menuju ke Wana Wisata Penggaron yang berada di sekitar papan selamat datang. Untuk mempermudah anda masuk kedalam kawasan hutan penggaron, pilihlah pintu masuk yang berada tepat di depan warung spesial sambal dan setelah itu tinggal ikuti saja papan penunjuk arah wana wisata yang tersebar dimana-mana.

Tiket Masuk dan Fasilitas Wana Wisata Penggaron

keindahan pemandangan disektiar lokasi wisata, foto: wisatapenggaron.blogspot.co.id

Sebelum para pengunjung memasuki kawasan wana wisata penggaron, maka mereka akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 6.000/orang dan parkir mobil Rp 3.000, sedangkan untuk sepeda motor Rp. 2.000. untuk jam operasionalnya sendiri, tempat wisata ini buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan camping bisa meminta ijin kepada petugas dan nantinya kegiatan tersebut akan dijaga oleh petugas.

Karena luasnya lahan yang ada di wana wisata hutan penggaron, membuat tempat ini sering digunakan oleh para pengunjung untuk melakukan beragam aktivitas seperti, outbond training, bermain paintball, latihan SAR dan Pramuka, camping ground, downhill track dan juga sering digunakan acara offroad. Karena hal tersebutlah di dekat pintu masuk terdapat sebuah peta yang akan memberikan informasi tempat-tempat atau fasilitas yang ada di sekitar wana wisata ini.

fasilitas taman bermain, foto: kaskus.id

Selain itu di dalam kawasan wana wisata penggaron juga terdapat fasilitas seperti, toilet umum, musholah dan lapangan golf yang bisa digunakan untuk berolahraga. Tersedia pula berbagai macam wisata kuliner yang bisa untuk anda nikmati dan juga hotel.

Untuk anda yang berencana datang pada saat musim penghujan maka persiapkan jas hujan, bekal air minum, dan sepatu/sandal anti selip. Dikarenakan tempat wisata ini merupakan kawasan hutan lindung, maka anda harus berhati-hati terhadap serangan hewan liar yang ada. Selain itu untuk anda yang berencana berkeliling menggunakan kendaraan, maka terlebih dahulu cek kondisi ban motor/mobil beserta remnya karena jalanannya benar-benar licin