10 Foto Bukit Parang Endog Sunset Sunrise + Harga Tiket Masuk Paralayang

Bukit parang endog pantai bantul kabupaten gunung kidul daerah istimewa yogyakarta air terjun watugupit 55872 camping purwakarta rute lokasi letak sunset parangtritis alamat peta jalur jalan jogja akses ke harga tiket masuk paralayang sunrise tempat wisata
Bukit Parang Endog, Foto: sewamobiljogja.my.id

Lokasi: Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872
Map: KlikDisini
HTM: Rp.5.000/Orang
Buka/Tutup: 05.00-18.30
Telepon: +62 852-9034-5615

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta, di mana kabupaten tersebut memiliki jajaran pantai yang sangat banyak dan di setiap pantainya memiliki ciri khas tersendiri sehingga setiap pantai memiliki kesan tersendiri bagi sapa saja yang mengunjungi pantai yang ada di Gunungkidul. Salah satu pantai yang terkenal di Gunung kidul adalah Pantai Parangtritis, namun banyak sekali para wisatawan yang bosen mengunjungi pantai parangtritis karena hanya itu-itu saja pemandangannya. untuk itulah di sini kami akan memberikan cara bagaimana cara bisa menikmati keindahan Sunset Pantai Parangtritis dengan cara berbeda.

Pemandangan di siang hari, foto: kalderaprau.wordpress.com

Di kota Yogyakarta ada banyak tempat yang bisa di kunjungi untuk anda yang ingin menikmati matahari tenggelam atau sunset. Jika selama ini yang kita tahu hanya mengenai indahnya sunset di Istana Ratu Boko atau Bukit Bintang saja, maka kali ini kalian harus tahu mengenai keindahan sunset dari Bukit Parang Endog atau Bukit Paralayang Watugupit.

cara lain menikmati pantai parangtritis, foto: reservasi.com

memang nama Bukit Parang Endog masih kalah terkenal dengan Ratu Boko atau Bukit Bintang, namun jika berbicara mengenai keindahan suasana senja yang ada di tempat ini tak kalah indah dengan sunset yang ada di tempat lain. Tempatnya yang berada di daerah perbukitan yang dekat dengan laut selatan, membuat Bukit Parang Endog merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati keindahan sunset.

Keindahan pantai dari atas ketinggian, foto: etanovita.wordpress.com

Lokasi Bukit Parang Endog ini tidak jauh dari lokai Pantai Parang Tritis, yang merupakan salah satu pantai ikon pariwisata Jogja, di mana leih tepatnya lokasi bukit ini berada di sebelah timur Pantai Parang Tritis. Bukit Parang Endog memiliki ketinggian sekitar 900 Mdpl, Di mana dari bukit ini kita bisa melihat indahnya senja dengan latar belakang pantai-pantai di Gunungkidul dalam satu garis dengan Pantai Parang Tritis seperti Parang Kusumo dan Depok. Tentu saja pemandangan matahari tenggelam melewati garis horison laut lepas merupakan pemandangan yang sangat luar biasa yang bisa kita dapatkan di tempat ini.

Pemandangan pantai parangtritis dari atas ketinggian, foto: larisahomestay.com

Selain itu Bukit Parang Endog merupakan bukit yang biasanya digunakan sebagai landasan paralayang, namun hal tersebut masih jarang dilakukan di bukit ini karena masih belum resmi dan belum ada rental paralayang. Selain untuk menikmati pemandangan, bukit ini juga biasanya digunakan untuk mengelear sebuah event-event tertentu, seperti Jogja Air Show yang selalu diadakan seriap tahunnya di Parangtritis dan Parang Kusumo.

Lokasi dan Tiket Masuk Bukit Parang Endog

pemandangan laut selatan dari ketinggian, foto: upiono.blogspot.co.id

Jika dilihat secara administratif maka Bukit Parang Endog berada di kabupaten Gunung Kidul, yakni alamatnya  di desa Girijati kecamatan Purwosari. Di mana untuk bisa menuju ke Bukit Parang Endog, kita bisa lewat jalan ke Wonosari atau jalan yang menuju ke Parangtritis. Setelah anda sudah sampai di lokasi Pantai Parangtritis dan anda masih bingung, abda bisa menanyakan rute ke bukit parang endog ini ke orang sekitar atau petugas yang ada di loket tiket Pantai Parangtritis.

Keseruang menikmati sunset, foto: jogjaempatroda.com

Namun pada saat anda menanykan tempat lokasi bukit ini, pastikan anda bertanya dengan benar. Hal inik karena nama Parang Endog sendiri memiliki dua objek wisata yakni berupa pantai dan bukit. Namun jika anda sudah terlanjur pergi ke pantainya, anda juga menikmati keindahan pantai parang endog sambil menunggu wakyu sunset tiba dan jika sudah tiba waktunya anda bisa pergi menuju bukit parang endog.

Pemandangan saat berkabut, foto: wisatajogja.biz

Setelah anda sampai ke lokasi bukit ini dan sebelum memasuki tempat wisatanya, anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5000 rupiah saja. Untuk akses meneuju ke puncak bukit Parang Endog ini jalannya cukup menanjak, sehingga kita harus tetap berhati-hati supaya tidak jatuh terpeleset. Selain itu untuk sampai ke puncak kita harus melewati beberapa anak tanga baru setelah itu kita bisa menikmati pamandangan yang disajikan dari puncak bukit Parang Endog ini. Sedikit saran untuk anda yang ingin pergi ke bukit ini, di mana sebaiknya anda datang pada sore hari sekitar jam 3 sore dan pastikan pada saat itu cuacanya sedang cerah sehingga anda bisa mendapatkan pemandangan senja berlatar belakang laut selatan secara maksimal.

Fasilitas dan Kegiatan di Bukit Parang Endog

kegiatan paralayang di bukit parang endog, foto: yogyakarta.panduanwisata.id

Di karenaka letak dari tempat wisata Bukit Parang Endog ini berada dekat dengan lokasi wisata lain seperti pantai parangtritis, maka sudah bisa dipastikan bahwa fasilitas dari tempat wisata ini bisa di bilang cukup memadahi. Di mana untuk anda yang datang ke tempat ini dan menggunakan kendaraan pribadi tidak usah kahwatir atau bingun untuk memarkirkan kendaraan anda dimana, karena di dekat loket tiket masuk di sediakan sebuah lahan untuk memarkir kendaraan para pengujung yang datang ketempat ini. Selain itu depat juga fasilitas lainnya seperti kamar mandi, tempat ibadah dan warung makan, dengan begitu para pengunjung bisa dengan tenang menikmati pemandangan yang indah sambil berfoto-foto.

keindahan sunset, foto: yukpiknik.com

Selain menikmati pemandangan yang menakjubkan dari puncak bukit parang endog, para pengunjung juga bisa melakukan kegiatalan lainnya seperti menyaksikan olahraga paralayang. Selain itu untuk yang masih belum puas melihat sunset dari bukit ini, bisa melakukan camping sambil menikmati suasana malam di atas bukit dan di pagi harinya baru bisa menikmati sunrice.